Peristiwa

Yang Tersingkap di Balik Jilbab dalam Pameran Proyek Seni Perempuan Perupa

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – DKJ Fest 2018 dibuka dengan Proyek Seni Perempuan Perupa 2018 bertajuk “yang tersingkap di balik jilbab” pada Rabu, 17 Oktober 2018, di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Ini adalah program yang digelar keempat kali oleh Dewan Kesenian Jakarta melalui Komite Seni Rupa.

Komite Seni Rupa terdiri atas Mia Maria, Danton Sihombing, dan Irawan Karseno. Proyek tahun ini memilih seniman perempuan yang mengangkat fenomena jilbab baik secara personal, kultural, dan sosial.

Terdapat enam seniman yang terlibat yakni Dian Suci Rahmawati, Dyantini Adeline, Ferual Afiff, Lala Bohang, Ipeh Nur, serta Ratu R. Saraswati. Sementara, menurut Ketua DKJ sekaligus anggota Komite Seni Rupa DKJ, Irawan Karseno, proyek ini penting untuk diteruskan.

Ada kemungkinan nantinya proyek ini melibatkan perupa lintas gender. Namun saat ini, melihat isu dan permasalahan perempuan yang ditafsir oleh perempuan perupa. Selain itu, Proyek Seni Perempuan Perupa juga dapat mengacu pada kehidupan.

“Bagaimanapun, isu kesetaraan menjadi sangat penting untuk menjaga kualitas kehidupan. Proyek Perempuan Perupa ini diharapkan memperkaya pengertian kita akan kehidupan yang lebih baik,” kata Irawan Karseno.

Proyek Seni Perempuan Perupa jadi platform mengembangkan praktek seni rupa kontemporer. Program ini disebut Proyek karena DKJ mencoba memberi fasilitas dalam proses penciptaan karya seni.

Sementara, Proyek Seni Perempuan Perupa 2018 yang mengusung tema “yang tersingkap di balik jilbab” dikuratori oleh Angga Wijaya. Resmi dibuka pada 17 Oktober 2018, pameran ini akan berlangsung di di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Jakarta hingga 30 Oktober pukul 11.00-20.00 WIB.

Simak video pilihan di bawah ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of