Peristiwa

Yamaha Endurance Festival, Balap Ketahanan Motor Ala Le Mans

Googleberita.com, Jakarta Pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali menggelar acara untuk komunitas. Setelah rampung menggelar Yamaha Sunday Race yang berlangsung empat seri, YIMM kini menghelat Endurance Festival atau lomba balap ketahanan motor yang berlangsung pada 29-30 Oktober di Sirkuit Sentul, Bogor.

Balapan Yamaha Endurance Festival ini terinspirasi terinspirasi dari Suzuka 8 Hours. Dimana lomba ketahanan akan berlangsung selama satu dan dua jam.

Lomba menjadi unik karena cara start akan menggunakan gaya di balapan Le Mans atau “Le-Mans Style” (FIM EWC).Para peserta berlari kencang menyeberang lintasan menuju motor yang telah ditata sesuai dengan starting-grid berdasarkan sesi kualifikasi. Itu sangat menarik dan menjadi tantangan tersendiri.

Belum lagi manajamen waktu untuk pengisian bahan bakar yang harus masuk area paddock (out of the fuel). Ini diyakini menjadi pengalaman baru bagi komunitas.

“Menjadi lebih unik karena para pembalap yang mengikuti Endurance Race ini memulai start dengan sistem “Le-Mans Style”. Ketika lampu start padam dan sirine menyala para rider langsung berlari ke sepeda motor lalu menaikinya dan menghidupkan mesin untuk kemudian memulai jalannya balapan,” kata M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) seperti rilis yang diterima Googleberita.com.

Kategori Rider

Yamaha Endurance Festival (istimewa)

Sehubungan pengkategorian seorang rider, apakah masuk kelompok Comm Pro, Comm A ataupun Comm B, Yamaha sudah memiliki data yang valid dan aktual berdasarkan gelaran Yamaha Sunday Race 2018. Ini membuat pengkategorian pembalap menjadi tidak sulit.

Lebih lanjut dipahami, balap ketahanan yang regulasi teknisnya cederung dengan perfoma mesin standar pabrik ini siap menghadirkan tiga kategori kelas. Yaitu Open Class 250 cc (2 hour) yang wajib menempuh perjalanan waktu balap selama 2 jam.

Kelas ini bersifat terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap Profesional ataupun dari komunitas (Community). Persyaratan pesertanya bisa sesama rider Profesional ataupun kombinasi rider Profesional dan Comm Pro Rider, juga bisa sesama rider Comm Pro.

Kemudian kelas Community 250 cc (1 hour). Kalau yang ini buat rider Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B. Terakhir ialah kelas Community 150 cc (1 hour) yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B dengan motor Yamaha YZF-R15.

Dikarenakan ini pagelaran balap ketahanan yang pertama kalinya disajikan, maka langkah edukasi akan dilakukan pada Jumat (28 September). Berbagai hal akan dijelaskan, termasuk adanya sesi tanya-jawab bagi yang belum paham.

Mereka akan diberikan pengetahuan mengenai tata cara start, pengisian bahan bakar dan ketentuan regulasi area pit lane yang akan dijelaskan oleh tim Race Direction dan Race Advisor.

Total Hadiah

Selanjutnya, pada hari Sabtu (29 September) mulai melakukan sesi latihan bebas dan kualifkasi. Untuk racenya pada Minggu, 30 September. Total hadiah Yamaha Endurance Festival 2018 ini mencapai hingga Rp 122 juta. Tiap kelasnya akan diapresiasi hingga 10 pemenang.

Pada sisi lain, selain balap, Yamaha Endurance Festival turut pula menyuguhkan kegiatan hiburan dan games. Termasuk kompetisi aerobik keluarga, futsal dan slow riding bagi komunitas.

Puncaknya pada hari Minggu (30/9) hadir penampilan spesial dari grup band papan atas, Armada yang tentunya sangat disayangkan untuk dilewatkan oleh para “Pasukan Armada”.

Tidak ketinggalan, ribuan hadiah langsung, puluhan alat elektronik dan apparel yang dibagikan kepada pengunjung. Program sales spesial dan racing kit market serta community gathering juga diselenggarakan. Menjelang sore hari, juga siap diumumkan pemenang door prize yang berhak membawa pulang hadiah 1 unit Lexi dan 1 unit Mio S.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of