Teknologi

Waspada, Satu Titik Karat di Mobil Bila Dibiarkan Bisa Menjalar








Kediri (beritajatim.com) – Timbulnya karat pada bagian tertentu di mobil menjadi persoalan serius yang perlu diwaspadai. Pasalnya satu titik karat, bila dibiarkan akan terus membesar dan bagian yang mengalaminya akan keropos.

Hal ini disampaikan oleh Asnawi, selaku Owner Car Repair And Maintenance Prima AC di Jalan Erlangga, Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Selain menambah kenyamanan saat dikendarai, lapisan anti karat pada mobil dapat menambah nilai jual.

“Peminat perlindungan body mobil itu banyak sekali. Cuma, satu sisi dari produk yang sudah ada berlapis- lapis. Kembali ke customernya, mau dirawat dimananya. Kami memunculkan produk Sika yang masuk di level medium. Harapan kita, customer bisa lebih berpacu untuk memperhatikan mobilnya untuk menambah kenyamanan,” ujar Asnawi.

Karat pada mobil dapat dipicu oleh banyak hal salah satunya letak geografis dimana sarana transporasi itu digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya di sekitar pesisir pantai dengan curah hujan dan tingkat keasaman airnya yang tinggi dapat mempercepat proses karatan pada bagian mobil.

“Untuk Kediri sekitarnya, memang dari kondisi geografisnya tidak begitu mempengaruhi kerusakan mobil bagian bawah. Tetapi tetap ada. Namun masyarakat sudah banyak yang menyadarinya, sehingga mereka melakukan aplikasi lapisan anti karat pada kendaraanya,” jelas Asnawi.

Baca Juga:

  • Polresta Kediri Komitmen Bersih dari KKN
  • Lawan Covid-19, HIMPI Kota Kediri Bersama IIK STRADA Indonesia Sumbang APD ke Rumkit Rujukan
  • Pengusaha Perhotelan Kediri Ikuti Penjaringan Bupati Kediri di PDI Perjuangan
  • IM3 Ooredoo Pertemukan Milenial Kediri dengan Instagrammer Andal

Masih kata Asnawi, seseorang yang akan membeli mobil bekas alias scond, terlebih dahulu akan melakukan pengecekan pada mobil yang akan dibelinya. Sementara itu, rata-rata mereka akan melihat bagian bawah atau kondisi sasisnya. Apabila mereka mengetahui terjadinya karat, bahkan sudah koropos, tentu bakal berfikir ulang untuk mengambil kendaraan itu.

“Yang kedua, mobil sekarang sasisnya kan beda dengan mobil lama. Mobil lama sasisnya satu balak besar dan kuat sekali. Sedangkan mobil sekarang sasisnya hanya nempel dan disitu ada rongga-rongga, yang kalau tidak di anti karat, maka dari sisi tampilan luar bagus, tetapi dari dalam muncul korosi yang menjadikan beban daya mobil berubah. Kalau customer tidak memperhatikan itu, maka jangka panjang pemakaian menjadi cepet,” jlentrehnya.

Di bengkel Prima AC ini menawarkan tiga klasifikasi perawatan anti karat. Terdiri dari paket premium dengan total perlindungan seluruh bagian atau full body protection mulai dari lantai bawah, dalamnya pintu, tulangan di bagian bawah/sasis. Paket kedua medium berupa, pelapisan anti karat di lantai bawah mobil dan terakhir paket biasa yang hanya pada lantai bawah dengan produk lapisan anti karat berbeda.

“Pada level preium kami memakai lapisan anti karat Sika. Tetapi untuk paket biasa menggunakan produk lain, karena menyesuaian dengan budgetingnya. Ukuran mobil juga mementukan harga paket, ada ukuran kecil atau smal, medium dan lux besar. Karena disitu akan memunculkan volume produk yang beda. Kira-kira terendah itu 4 juta, tetapi akan kita review ulang bagaimana untuk menarik animo masyarakat teraman dan terbaik untuk perawatan,” tutupnya.

Terpisah Daniel Tatuil, Business Dev. Officer TM Industry and S&B mengaku, Sika lapisan anti karat diproduksi dadi Swis yang diperuntukkan pada produk mobil standar pabrikan. Nilai manfaat lapisan anti karatnya dapat dirasakan oleh penggunanya hingga 15 tahun pemakaian.

“Kita nawari yang standar pabrikan yang sudah pakai anti karat. Kalau mau dibilang sudah dianti karat, kenapa harus disemprot?, karena dipabrikan sistemnya celup dan mikron. Sehingga kalau sudah tergores, perlindungannya hilang. Dan karatan ini kalau dibiarkan akan menjalar terus dan dapat mengakibatkan korosi. Semua metal atau baja apapun kalau terkena karat akan rontok,” jelas Daniel.

Daniel mencontohkan, seperti membeli handphone paling mahal, tetapi pemilik tetap membeli tambahan pelindung anti gores. Tujuannya agar ponsel lebih aman. Ia mengaku, produk Sika telah dimanfaatkan oleh berbagai jasa transporasi seperti di area pertambangan serta mobil Taxi yang setiap hari cuci. [nm/but]








The post Waspada, Satu Titik Karat di Mobil Bila Dibiarkan Bisa Menjalar first appeared on beritajatim.com.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of