Politik

Wagub Emil Dardak: Pesantren Tempat Ekonomi Rakyat Berputar

beritajatim.com Wagub Emil Dardak: Pesantren Tempat Ekonomi Rakyat BerputarOryza A. Wirawan




Jember (beritajatim.com) – Pesantren adalah tempat ekonomi rakyat yang sebenarnya berputar. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyebut, santri adalah bagian dari generasi milenial yang potensial.

“Di sanalah ekonomi umat yang sebenarnya berputar. Kita tahu dua tahun terakhir terkena Covid. Alhamdulillah, hari ini kondisi Covid sudah membaik. Yang penting adalah bagaimana ekonomi masyarakat bisa berputar kembali,” kata Emil, saat memberikan sambutan dalam acara Pasar Santri di alun-alun Kabupaten Jember, Sabtu (23/4/2022) malam.

Baca Juga:

  • Wagub Jatim Ajak Pelaku Industri Digital dan Kreatif Berkreasi di KEK Singhasari
  • Demokrat Jember: 34 DPC di Jatim Pilih Menantu Pakde Karwo
  • Emil Dardak Bersama Kepala Daerah Se-Asia Pasifik Bahas Pemulihan Ekonomi
  • Wagub Emil Dardak Lantik IPHI Lumajang, Begini Pesan yang Disampaikan
  • Wagub Jatim: Poskesdes di Bangkalan Jadi Percontohan Penanganan Covid-19

Namun, Emil meminta kepada warga untuk tetap waspada dan menaati keputusan pemerintah jika kondisi kembali memburuk. “Kalau disuruh mengerem sedikit, Panjenengan turut mengerem. Tapi insya Allah mudah-mudahan tidak perlu mengerem, supaya ekonominya bisa bangkit,” katanya.

Pemerintah Provinsi Jatim, menurut Emil. tetap berkomitmen kepada kalangan pesantren. “Satu, melanjutkan Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) madrasah diniyah. Artinya madrasah diniyah harus mendapatkan dukungan berkelanjutan,” katanya.

“Kedua, program One Pesantren One Product. Dulu namanya SMK mini. Di setiap pesantren, kami bangun balai latihan kerja, supaya santri memiliki keterampilan vokasi. Tapi sekarang kami gabungkan dengan produk. Setiap pesantren bisa menghasilkan produk-produk profesional,” kata Emil.

Pemprov Jatim memberikan anggaran yang sama besarnya dengan SMA dan SMK negeri kepada SMA dan SMK swasta. “Ini bagian dari komitmen Bu Khofifah dan saya untuk menjalankan amanah,” kata Emil. [wir/suf]




The post Wagub Emil Dardak: Pesantren Tempat Ekonomi Rakyat Berputar first appeared on beritajatim.com.