Lifestyle

Viral! Aplikasi MyHeritage Dapat Merubah Foto Lawas Terlihat Hidup

Aplikasi MyHeritage

Belakangan ini Aplikasi MyHeritage banyak diperbincangan hingga menjadi viral di berbagai media sosial. Pasalnya aplikasi ini mampu membuat orang-orang bernostalgia dengan orang-orang yang dicintainya namun telah tiada. Bagaimana tidak, Aplikasi MyHeritage ini memiliki fitur animasi yang dapat mengubah objek dalam sebuah foto menjadi terlihat hidup dengan cara yang mudah. Dengan fitur ini, foto wajah biasa, bisa menjadi sebuah video pendek berdurasi beberapa detik dengan beberapa ekspresi, salah satunya seperti ekspresi tersenyum yang paling banyak digemari orang-orang. Melihat hal ini, nggak heran banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini agar dapat kembali melihat senyuman orang-orang yang dicintai yang telah tiada untuk sekedar melepas rindu.

Nah sebenarnya apa sih Aplikasi MyHeritage ini? Apakah hanya karena fitur animasi yang dapat mengubah foto biasa menjadi nampak hidup, membuat aplikasi ini menjadi viral? Atau masih ada beberapa kelebihan lain yang belum kita ketahui? Untuk itu, berikut beberpa fakta menarik seputar Aplikasi MyHeritage yang tengah viral! So let’s check it out guys!

1. Apa itu Aplikasi MyHeritage?

Fakta Aplikasi MyHeritage

photo via play.google.com

Aplikasi MyHeritage sendiri merupakan sebuah platform yang awalnya digunakan untuk membuat silsilah keluarga atau family tree yang dikembangkan dan dipopulerkan oleh perusahaan Israel MyHeritage pada 2003. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencari kerabat kamu melalui sebuah foto dan nama keluarga kalian. Apalagi pada 2016 lalu, aplikasi ini juga telah meluncurkan layanan uji genetik yang disebut MyHeritage DNA yang lebih memudahkan kamu mengetahui silsilah keluarga kamu bahkan melacak asal-usul leluhur kamu.

Aplikasi MyHeritage tersedia dalam 42 bahasa dan dikabarkan memiliki lebih dari 35 juta silsilah keluarga dalam situs webnya dan memiliki sekitar 92 juta pengguna di seluruh dunia. Sementara itu, Perusahaan MyHeritage memiliki markas besar di Or Yehuda, Israeldengan kantor cabang di Tel Aviv, Lehi, Utah, Kyiv, Ukraina dan Burbank, California.

2. Memiliki fitur baru bernama “Deep Nostalgia” yang membuat aplikasi ini menjadi viral

Fakta Aplikasi MyHeritage

photo via businesswire.com

Meskipun merupakan aplikasi yang membantu dalam membuat silsilah keluarga dan melacak asal-usul nenek moyang melalui DNA, namun semenjak munculnya fitur bernama “Deep Nostalgia”, pada akhir Februari 2021, aplikasi ini justru populer sebagai aplikasi yang mampu mengubah foto biasa menjadi hidup dan bergerak.

Fitur tersebut menggunakan teknologi bertenaga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang mampu memproses foto orang jadul dan membuat orang di dalamnya bergerak. Mulai mengedipkan mata, tersenyum hingga menoleh ke kanan maupun kekiri.

3. Menggunakan teknik “Deep Learning”

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MyHeritage (@myheritage_official)

Seperti yang disebutkan tadi, untuk menjadikan sebuah foto agar dapat bergerak dan hidup, MyHeritage bekerja sama dengan D-ID, sebuah perusahaan yang khusus membuat peraga video menggunakan teknik AI yang disebut “deep learning”. Teknik ini memanfaatkan cetak biru dari video-video prarekam atau yang mereka sebut sebagai “drivers”, sehingga MyHeritage bisa membuat foto statis yang diunggah menjadi foto bergerak.

Tak sekedar bergerak, namun gerakan animasi yang dihasilkan dibuat serealistis mungkin dan disesuaikan dengan orientasi wajah dalam gambar. Karenanya, setiap foto akan mendapatkan hasil yang berbeda atau gerakan yang berbeda tergantung sudut foto dan aksesori di wajah obyek. Gerakan yang dihasilkan terdiri dari gestur manusia asli, seperti tersenyum, berkedip, mengangguk, atau menolehkan kepala.

4. Kelebihan lain MyHeritage

Fakta Aplikasi MyHeritage

photo via play.google.com

Selain dapat membuat foto biasa menjadi hidup dan bergerak, MyHeritage juga memiliki fitur untuk meningkatkan resolusi dan fokus pada foto yang blur atau berkualitas rendah. Ada juga fitur MyHeritage In Color yang dapat merubah foto jadul yang hitam putih menjadi berwarna.

Menariknya, tak hanya foto saja wajah saja, namun aplikasi yang tengah viral ini juga mampu membuat objek tiga dimensi seperti patung, boneka, dan benda lainnya bergerak seperti hidup.

5. Cara menggunakan mengubah foto jadul menjadi gambar bergerak dengan MyHeritage

Fakta Aplikasi MyHeritage

photo via techlicious.com

Buat kamu yang ingin mencoba aplikasi ini sekedar untuk membuat foto orang tersayang kamu menjadi lebih hidup, maka sebelumnya kamu harus menginstal aplikasi MyHeritage dari Play Store atau App Store.

Kamu harus membuat akun bila ingin masuk ke dalam aplikasi dan menikmati beberapa fitur ajaib yang disediakan. Cara daftarpun tidak ada bedanya dengan media sosial lainnya, kamu bisa menggunakan alamat email-mu untuk membuat akun di MyHeritage.

Setelah registrasi berhasil, kamu bisa mengunggah foto yang ingin dibuat bergerak. Lalu, ketuk gambar dan klik ikon animasi yang ada di sisi atas. Tunggu beberapa saat hingga foto animasi siap diunduh. Setelah diunduh, pengguna dapat menyimpan foto dalam perangkat atau dibagikan kepada orang lain melalui media sosial.

6. Aplikasi yang kontroversial

Fakta Aplikasi MyHeritage

photo via technologyreview.com

Ada beberapa pihak yang menentang aplikasi ini lantaran dapat memicu penipuan atau tindakan kriminal lainnya. Pasalnya, teknologi AI yang digunakan MyHeritage serupa dengan deepfake atau teknologi merekayasa sebuah video yang saat ini menjadi kontroversial akibat mampu memalsukan sebuah konten media seperti foto atau video terlihat seperti aslinya atau dalam aplikasi MyHeritage seperti hidup.

Contoh tindakan kejahatan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi AI deepfake adalah memasang foto atau wajah tokoh terkenal pada sebuah video dewasa. Jadi video dewasa tersebut terkesan diperankan oleh si tokoh terkenal padahal itu direkayasa menggunakan AI deepfake. Namun jangan terlalu khawatir, pasalnya, deepfake yang dihasilkan MyHeritage hanya ditujukan khusus untuk menggerakkan orang dalam foto diam secara otomatis.

Itu dia beberapa fakta menarik seputar aplikasi MyHeritage yang kini tengah viral. Apakah kalian sudah mencoba aplikasi ini dan bernostalgia dengan senyuman orang-orang tercinta kamu yang telah tiada?

The post Viral! Aplikasi MyHeritage Dapat Merubah Foto Lawas Terlihat Hidup appeared first on Blog Unik.