Peristiwa

Ukuran Penis Pengaruhi Kesuburan Pria?

Googleberita.com, Jakarta Ukuran penis memiliki pengaruh dalam kesuburan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan keterkaitan antara dua hal tersebut.

Melansir New York Post pada Selasa (9/10/2018), studi tersebut menunjukkan bahwa pria dengan ukuran penis yang lebih kecil, cenderung lebih kurang subur. Mereka yang mengunjungi klinik dengan membawa masalah kesuburan, organ reproduksinya cenderung satu centimeter lebih kecil dari pria lainnya.

Dalam studi tersebut, para ahli megnatakan dua masalah tersebut kemungkinan besar terkait, serta disebabkan oleh tingkat hormon seks yang abnormal.

Para peneliti mengukur ukuran penis dari 815 pria yang datang ke klinik kesehatan pria dengan berbagai masalah. 219 dari mereka mencari bantuan untuk infertilitas, sementara 596 lainnya datang karena kondisi lain seperti impotensi dan nyeri testis.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Penelitian yang Pertama Kalinya

Studi yang mengaitkan ukuran penis dan kesuburan ini diklaim sebagai yang pertama (iStockphoto)

Mereka diukur menggunakan tes yang disebut “Stretched Penile Length” yang memperkirakan ukuran mereka saat ereksi.

Dari penelitian itu, mereka yang tidak memiliki masalah reproduksi memiliki panjang penis rata-rata 13,4 centimeter. Sementara, mereka yang berada dalam kelompok tidak subur hanya 12,5 centimeter.

“Ini adalah studi pertama yang mengidentifikasi hubungan antara panjang penis yang lebih pendek dan infertilitas pria,” ujar pimpinan studi Dr. Austen Slade.

Menurutnya, satu centimeter mungkin bukan perbedaan yang mencolok. Namun, ukuran tersebut memiliki signifikansi statistik yang jelas.

Slade yang berasal dari Universitas Utah, Amerika Serikat menambahkan, masih harus ditentukan apakah ada perbedaan ukuran khusus, yang mampu memprediksi ketidaksuburan yang lebih parah.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Kritik Penelitian

Penelitian tentang ukuran penis ini mendapat kritikan (iStockphoto)

Namun, Sheena Lewis dari Queen’s University Belfast mengatakan, studi ini tidak membantu karena tidak ada apapun yang bisa dilakukan pria dengan penis kecil.

“Kita memberikan pria tekanan buruk sepanjang waktu dan satu hal yang membuat mereka takut adalah ukuran itu penting. Untuk sekarang, mengatakan mereka memiliki kesempatan lebih kecil untuk menjadi seorang ayah bukanlah pesan yang baik,” ujar Lewis.

Menurut Lewis, penelitian yang akan dipresentasikan di konferensi American Society for Reproductive Medicine di Colorado ini, ide tersebut adalah sesuatu yang baru namun tidak memberitahu kita berapa panjang penis normal.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of