Peristiwa

Top 3 News: Naiknya Sesar Flores, Penyebab Terjadinya Gempa Situbondo

Googleberita.com, Jakarta – Top 3 news, para ilmuan menduga, penyebab gempa magnitudo 6,0 di Situbondo, Jawa Timur, Kamis dini hari kemarin akibat naiknya sesar Flores. Di beberapa bagian, sesar tersebut memang sedang aktif.

Aktifnya sesar Flores ini disebabkan tumpukan tiga lempeng yang juga sedang aktif. Usai gempa pertama terjadi, BMKG mencatat telah terjadi 14 gempa susulan.

Setelah Situbondo, siang harinya giliran Kota Malang yang diguncang gempa. BMKG mendeteksi kekuatan lindu berada pada magnitudo 3,5, sekitar pukul 11.02 WIB. Dengan kedalama mencapai 10 kilometer di bawah laut.

Kabar lain yang juga banyak disorot perihal penonaktifan guru SMAN 87 yang diduga telah mendoktrin siswanya untuk menyalahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi atas musibah bencana di Palu dan Donggala.

Salah seorang warga yang mengaku sebagai orangtua murid SMAN 87 mengungkapkan, para siswa awalnya ditunjukkan video gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Lalu sang guru N menjelaskan banyak korban bergelimpangan akibat gempa karena salah Jokowi.

Berikut berita terpopuler di kanal News Googleberita.com, sepanjang Kamis, 11 Oktober 2018:

1. Ternyata, Ini Penyebab Gempa Situbondo Kamis Dini Hari Tadi

Kerusakan karena gempa Situbondo. (dok BNPB)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa Situbondo, Jawa Timur, yang terjadi pukul 01.44 WIB, disebabkan oleh sesar naik Flores. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, aktifnya sesar naik Flores ini disebabkan oleh pengaruh tumpukan tiga lempeng yang juga sedang aktif.

Dia menjelaskan Indonesia memang masuk dalam kawasan seismik aktif dan kompleks. Ada 6 zona subdaksi di Tanah Air.

 

Selengkapnya…

2. SMAN 87 Nonaktifkan Guru yang Diduga Salahkan Jokowi atas Bencana di Palu

SMAN 87 Jakarta. (Merdeka.com/M. Genantan Saputra)

Kepala Sekolah SMAN 87 Jakarta, Patra Patiah, menonaktifkan sementara guru Nelty Khairiyah dari kegiatan mengajar di sekolah.

Langkah ini diambil pihak sekolah SMAN 87 setelah sebelumnya Nelty diduga mendoktrin siswa lewat video korban bencana Palu-Donggala, dan menyalahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Patra menyebut banyak pesan Whatsapp masuk ke handphone-nya yang mendorong Nelty dipecat.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

Selengkapnya…

3. Setelah Situbondo, Gempa Juga Goyang Malang Siang Ini

Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Setelah gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Situbondo, Jawa Timur, lindu masih menggoyang kawasan lainnya. Kali ini, gempa menyasar Malang dengan magnitudo kecil.

“Gempa magnitudo 3,5 di Malang pukul 11.02 WIB,” tulis BMKG dalam akun twitternya, Kamis (11/10/2018).

Lokasi gempa berada di 9.54 lintang selatan dan 112.73 bujur timur. Atau 158 km Tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

Selengkapnya…

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of