Lifestyle

Kuliah atau Kerja di Luar Kota? Ini Dia Tips Hidup Diperantauan

Tips Hidup Diperantauan

BlogUnik.com – Anak rantau wajib belajar tips dan trik bertahan hidup diperantauan agar bisa menjadi pribadi yang mandiri dan bermental baja.

Bukan rahasia lagi jika hidup di perantauan yang jauh dari orang tua merupakan tantangan berat bagi banyak orang apalagi bagi mereka yang baru pertama kali merasakan pengalaman jauh dari rumah untuk menempuh pendidikan ataupun untuk mengejar impiannya.

Mereka dipaksa untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan juga mengurus keperluannya sendiri tanpa bantuan orang tua maupun kerabat. Mungkin banyak yang menganggap jika hidup merantau akan mudah jika memiliki banyak uang. Namun nyatanya uang tidak menjamin anak rantau bisa survive di kota orang lho!

Untuk memenuhi kebutuhan hidup mungkin uang merupakan hal yang paling dibutuhkan, namun jika menyangkut masalah sosial, tentu uang tidak akan mampu menyelesaikan masalah anak rantau. Untuk itu, berikut tips dan trik bertahan hidup diperantauan yang bisa kamu terapkan di kota ataupun negeri orang agar kehidupan kamu bisa aman dan lancar hingga tujuan tercapai.

1. Cari tau seperti apa kota atau daerah yang akan kamu diami

Tips dan Trik Bertahan Hidup Diperantauan

photo via istockphoto.com

Kalau mau hidup merantau, jangan asal pindah begitu saja, kamu harus mengenal seperti apa situasi di kota ataupun daerah yang akan kamu diami. Jangan ragu menelusuri daerah tersebut untuk memastikan tempat tinggalmu di sana mudah diakses oleh transportasi umum dan juga tempat-tempat umum. Ini sangat penting karena bertujuan untuk memudahkan kamu saat hidup di sana.

2. Percaya diri

Kemudian kamu harus meningkatkan percaya diri. Ini sangat penting karena ditempat baru nanti kamu perlu berkomunikasi dengan banyak orang. Jika kamu pemalu, kamu akan sulit berbaur dengan lingkungan dan hal tersebut akan membuat kamu merasa kesepian di tempat rantauan. Percayalah bahwa kamu memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan berkompetisi dengan orang lain. Sikap percaya diri juga wajib kamu miliki agar kamu yakin bahwa kamu bisa hidup mandiri jauh dari rumah tanpa kehadiran orang tua.

3. Harus mampu beradaptasi

Tips dan Trik Bertahan Hidup Diperantauan

photo via inspirationfeed.com

Salah satu kunci sukses agar bisa bertahan di tempat rantauan adalah mampu beradaptasi. Saat memutuskan untuk merantai ke daerah lain, maka semua hal akan terasa baru olehmu, mulai dari tempat tinggal, lingkungan, kebudayaan hingga teman. Maka dari itu kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat sangatlah penting untuk dimiliki.

Sebisa mungkin jangan samakan perilaku kamu saat berada di lingkungan tempat tinggalmu dengan lingkungan tempat kamu merantau. Pahami bahwa setiap daerah mempunyai aturannya masing-masing dan kamu harus bisa mengikuti aturan dari tempat rantauanmu. Ingat seperti kata peribahasa “dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung”. Artinya kamu sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat tinggalmu saat ini.

4. Jaga sikap dan tata krama

Tunjukkan juga kesan baikmu kepada orang-orang sekitar lingkungan tempatmu merantau agar mereka bisa mengenalmu dengan baik, sehingga ketika nanti kamu sewaktu-waktu memiliki masalah, kamu bisa dengan mudah meminta bantuan kepada mereka.

Sebaliknya, jika kamu bersikap kurang sopan dan tidak menjaga tata krama, orang-orang sekitar tempat tinggalmu di rantauan tidak akan mau berdekatan denganmu dan tidak akan mau membantumu. Maka dari itu bersikaplah ramah, sopan, dan santun kepada tetangga sekitarmu, dengan begitu kamu akan disukai dan mudah diterima di lingkungan daerah perantauan.

5. Menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang sekitar

Tips dan Trik Bertahan Hidup Diperantauan

photo via staysafe.org

Selain menjaga sikap dan tata krama, kamu juga harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang sekitar kamu. Menjalin komunikasi yang baik dengan tetangga, teman kost, teman kuliah ataupun rekan kerja sangat wajib dilakukan karena suatu hari nanti kamu akan membutuhkan mereka.

Hindari berbicara dengan kata kasar atau kalimat yang kurang pantas dan menyakiti orang hati orang lain sekalipun kamu sudah mengenalnya sehingga kamu dapat terhindar dari yang namanya dijauhi dari pergaulan.

6. Bijak dalam memilih teman

Di tempat rantauan, kamu akan menemukan banyak teman baru, namun berhati-hatilah dalam memilih teman apalagi kamu kondisinya adalah sebagai anak rantauan. Ssalah pergaulan selama di perantauan dapat mengubah tabiat dan kehidupanmu meskipun kamu awalnya merupakan anak baik. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam bergaul.

Jangan terlalu mudah memercayai orang lain dan carilah orang-orang berkualitas dan membawa pengaruh positif untuk berada di dalam lingkaran pergaulan terdekatmu.

7. Cari tempat kost yang nggak jauh dari tempat kuliah atau tempat kerja

Tips dan Trik Bertahan Hidup Diperantauan

photo via letsroam.com

Bila kamu anak rantau yang bermodal pas-pasan, maka tinggal di kost-kost’an lebih baik dibandingkan tinggal di apartemen. Carilah tempat kost yang bisa membuat kamu nyaman dengan fasilitas yang memadai dan sebisa mungkin carilah yang lokasinya nggak terlalu jauh dengan kampus ataupun tempat kerja kamu. Sehingga kamu bisa menghemat biaya transportasi dan menghindari macet.

8. Belajar hidup hemat dan jangan lupa menabung

Ketika kamu hidup sendiri dan jauh dari keluarga, belajarlah untuk mengelola keuangan kamu sendiri dengan hidup hemat. Hindari pengeluaran yang tidak penting khususnya bagi kamu yang masih bergantung pada biaya hidup yang diberikan orang tua.

Sebaiknya utamakan kebutuhan utama daripada membeli barang-barang yang bersifat keinginan dan belum tentu dibutuhkan. Selain itu, belajarlah untuk menabung dan menyisihkan keuangan kamu untuk dana darurat untuk berjaga-jaga dengan segala situasi dan kondisi yang mungkin saja terjadi.

9. Tidak malu bertanya

Tips dan Trik Bertahan Hidup Diperantauan

photo via istockphoto.com

Hidup merantau jauh dari orang tua dan keluarga artinya kamu memang harus bisa mengurus segala sesuatunya sendiri. Bila ada hal-hal yang tidak kamu mengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada orang-orang sekitarmu, baik itu teman kost, tetangga ataupun teman kerja untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan.

Misalnya saja kamu kesulitan untuk mencari jalan untuk ke pasar yang dekat dengan tempat kost kamu, maka jangan ragu untuk bertanya pada pemilik kost atau orang di sekitarmu. Bila kamu bertanya dengan baik dan sopan, tentu mereka akan dengan senang hati memberikan informasi untuk bisa membantumu.

Buang jauh-jauh rasa sungkan atau malu ketika harus bertanya pada orang baru. Ingatlah kata pepatah “malu bertanya sesat dijalan”. Jika kamu malu-malu dan tidak berani bertanya mengenai informasi yang kamu butuhkan maka hal tersebut akan menyusahkan kamu sebagai anak rantau.

10. Kurangi mengeluh

Saat kamu menjalani kehidupan di tanah rantau, masalah mungkin akan tetap menghampiri. Namun kamu harus kuat dan tegar menjalaninya serta jangan mudah mengeluh. Masalah tidak akan selesai jika kamu terus mengeluh. Sebaiknya hadapi segala kesulitan selama tinggal diperantauan, karena hal itulah yang akan membuat dirimu menjadi lebih mandiri dan memiliki mental baja untuk menghadapi segala tantangan. Selain itu, dengan menghadapi setiap masalah tanpa keluhan, juga dapat menunjukkan kalau kamu sudah belajar untuk lebih bertanggung jawab.

11. Manajemen waktu

Tips dan trik bertahan hidup diperantauan hingga mencapai kesuksesan berikutnya adalah dengan pintar mengelola waktu kamu. Perlu disadari bahwa sukses tidaknya kamu di perantauan akan ditentukan dirimu sendiri. Selagi belum terlambat, belajarlah membagi waktu dengan baik.

Tidak ada orang tua disisimu, jadi kamu harus bia bangun pagi dan tepat waktu sendiri. Tidak akan ada yang mengingatkanmu untuk makan, mencuci baju dll. Jadi sebaiknya kamu membuat to do list harian kamu agar kamu bisa membagi waktu 24 jam menjadi lebih efisien. Jika kamu hanya membuang-buang waktu dengan banyak mengurus media sosial, kamu akan menyesal ketika ada banyak target yang tidak tercapai.

12. Belajar memasak

Tips dan Trik Bertahan Hidup Diperantauan

photo via purewow.com

Meski membeli makanan di luar bisa lebih praktis, namun kamu perlu belajar memasak lho. Selain lebih hemat, memasak sendiri juga terjamin lebih bersih dan sehat karena kamu sendiri yang memasaknya. Jika tempat tinggal di perantauan sudah dibekali fasilitas dapur, kamu hanya perlu mencoba bereksperimen.

Ada baiknya kamu memasak makanan yang bisa tahan lama dan bisa menjadi stok makanan kamu selama beberapa hari kedepan seperti abon, kentang mustofa, teri kacang dll.

13. Jaga kesehatan dengan rajin berolahraga

Dan yang terpenting adalah selalu jaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan memperhatikan pola makan. Meski kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, namun sebisa mungkin selalau jaga kesehatan karena tidak ada keluarga yang akan membantumu ketika kamu sakit.

Tidak perlu mencari olahraga berat yang membuat lelah. Mulailah dengan berjalan santai atau lari pagi di sekitar lokasi tempat tinggal atau melakukan olahraga ringan di dalam kost. Usahakan untuk berolahraga secara rutin meskipun hanya sebentar.

Nah itu dia beberaoa tips dan trik bertahan hidup diperantauan yang bisa kamu tiru agar kamu bisa fokus mencapai tujuan kamu. Semoga bermanfaat!

The post Kuliah atau Kerja di Luar Kota? Ini Dia Tips Hidup Diperantauan appeared first on Blog Unik.