Politik

Tips Berantas Nyamuk Ala Wabup Ponorogo Lisdyarita

beritajatim.com Tips Berantas Nyamuk Ala Wabup Ponorogo LisdyaritaEndra Dwiono



Ponorogo (beritajatim.com) – Banyaknya warga yang terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD), membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menginstruksikan masyarakatnya untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). PSN dilakukan serentak, dengan begitu semakin mempersempit ruang gerak nyamuk untuk berkembang biak. Terutama nyamuk aides aegypti yang menjadi pembawa virus dengue.

“Kita intruksikan PSN serentak, dilakukan hari ini seluruh warga gotongroyong membersihkan lingkungannya,” kata Wakil Bupati (Wabup) Ponorogo Lisdyarita saat meninju PSN yang dilakukan warganya, Jumat (21/1/2022).

Selain melakukan peninjauan PSN serentak, Bunda Rita panggilan karib Lisdyarita juga melakukan peninjauan pelaksanaan fogging. Fogging ini hanya dilakukan di lingkungan yang warganya sudah benar-benar terpapar penyakit demam berdarah dengue.

“Kita juga meninjau petugas melakukan fogging, tadi ada dibeberapa tempat dilakukan fogging,” ungkap Lisdyarita.

Baca Juga:

  • Tim Percepatan Tawarkan Solusi Realistis Relokasi SDN 3 Tugurejo
  • Sah, Sekarang di Ponorogo, Ada Becak Wisata
  • Persoalan BPR Bank Pasar Ponorogo Tak Kunjung Beres
  • Perbaiki Jalan Rusak, Pemkab Ponorogo Ngutang Rp 155 Miliar ke PT. SMI

Dalam kesempatan tersebut, Lisdyarita juga melakukan edukasi terhadap warganya. Bahwasanya tindakan fogging itu hanya bersifat sementara. Dimana lingkungan itu ada kasus DBD-nya, jarak tertentu maka dilakukan fogging. Menurutnya, tindakan PSN lah yang harus massif dan rutin. Sebab penting untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Selain itu di musim penghujan, Ia meminta warga untuk menjaga kebersihan. Kurangi genangan air di lingkungan.

“Kita juga lakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya PSN dan langkah 3 M,” katanya.

Bupati Lisdyarita juga melakukan gerakan menanam serai. Menurutnya, serai merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Dia berharap masyarakat bareng-bareng untuk menanamnya di halaman rumah. Menanam serai ini juga merupakan upaya pemberantasan dengan pendekatan biologis.

“Selain serai untuk anti nyamuk, juga bisa untuk bumbu masakan. Saya berharap warga Ponorogo mulai menanamnya di halaman rumah. Sebab juga sebagai bentuk pemberantasan nyamuk,” pungkasnya. (end/ted)





The post Tips Berantas Nyamuk Ala Wabup Ponorogo Lisdyarita first appeared on beritajatim.com.