blogunikLifestyle

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

Siapa sih yang nggak mau kisah cintanya selalu harmonis, awet dan langgeng? Pastinya setiap pasangan didunia ini, baik yang baru pacaran hingga yang sudah menikah mengharapkan hubungan cinta mereka selalu harmonis, awet hingga kakek nenek dan hanya kematian yang bisa memisahkan mereka. Akan tetapi, dalam menjalani waktu bersama dengan pasangan bukan berarti hubungan kalian akan selalu bahagia dan harmonis, karena pada kenyataannya, pasti akan tiba waktunya di mana kalian akan menghadapi masalah.

Selain itu, hubungan harmonis yang langgeng, yang selama ini kamu cita-citakan bersamanya belum tentu sesuai dengan harapanmu. Bahkan banyak pasangan yang akhirnya mengalami perpisahan hingga saling membenci satu sama lain. Hal ini terjadi karena kalian tidak menjaga hubungan romantis kalian dengan baik. Mungkin kalian saling membahagiakan satu sama lain, namun rasa egois yang tinggi membuat kalian menyerah dan tidak mencoba mempertahankan keharmonisan hubungan cinta kalian disaat masalah melanda.

Oleh karena itu, buat kamu yang sedang menghadapi masalah dalam hubungan cinta, dan tak ingin berakhir dengan perpisahan, berikut beberapa tips cinta yang bisa kamu praktekkan agar hubungan cinta kalian lebih awet dan langgeng. Kira-kira apa saja, berikut ulasannya!

1. Tunjukkan kasih sayang

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via romanyflower.com

Tak ada pasangan yang memilih untuk bersama jika mereka tak memiliki rasa kasih sayang dihatinya. Oleh sebab itu, saat kalian telah resmi menjadi pasangan kekasih maupun pasangan suami istri, janganlah ragu untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan satu sama lain.

Tunjukkan rasa kasih sayang dan rasa cintamu dengan caramu sendiri, pasalnya setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menunjukkan kasih sayang pada pasangannya, baik dengan mengatakan langsung ataupun dengan sikap dan tindakan sederhana namun bermakna seperti memberi semangat, mengucapkan selamat tidur, mengantarnya berangkat kerja, hingga memeluknya.

Apapun caranya, menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang adalah salah satu kunci sukses hubungan cinta awet dan langgeng. Penting juga untuk memahami serta menerima apapun cara yang pasangan kamu lakukan, sekalipun tindakan tersebut berbeda dengan caramu. Jika kamu tipe yang mudah mengatakan I love You, maka jangan paksa pasanganmu untuk melakukan hal yang sama sepertimu sementara dirinya adalah tipe orang yang mengungkapkan rasa cinta dengan sikap dan tindakan.

2. Jaga komunikasi yang baik

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via gettyimages.com

Komunikasi adalah salah satu hal yang penting dalam menjalin hubungan. Tanpa komunikasi, bisa dipastikan kalau kedua pihak akan sering terlibat cekcok dan selisih paham karena kurang mengerti isi hati pasangannya. Setidaknya 1 kali sehari kamu harus memberi kabar padanya agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kecurigaan. Kalian tidak akan lagi merasa cemburu atau curiga dengan pasangan kalian karena kalian punya waktu tertentu untuk memberi kabar pada pasangan kalian. Dengan komunikasi yang sehat pula kalian akan lebih memahami dan mengerti kesibukan masing-masing.

3. Saling percaya

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via amazon.com

Hubungan cinta yang awet dan langgeng pasti didasari dengan kepercayaan. Tips hubungan cinta awet dan langgeng ini akan membawa ketentraman hati, sehingga menjauhkan dari prasangka buruk terhadap pasangan. Tumbuhkan dan pupuk rasa percaya, bahwa meski kalian sedang tidak bersama kalian akan tetap berusaha menghormati nilai-nilai yang telah kalian sepakati bersama dalam hubungan. Jika kamu pernah berbohong, segeralah mengakui kesalahan itu agar rasa percaya pasanganmu tidak menurun sehingga mengakibatkan hubungan kamu merenggang.

4. Selalu jujur satu sama lain dalam hal apapun

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via elitedaily.com

Jika kamu ingin hubungan yang awet dan langgeng, maka kejujuran adalah kunci utamanya. Jujurlah saat kamu merasa ada hal yang tidak kamu sukai dari pasanganmu. Mau itu kebiasaan merokok, dandan lama, suka ngaret, cara berbicara dll. Pokoknya jangan memendam rasa tidak sukamu hanya karena tidak ingin dia kecewa dan menjauh darimu, jujur adalah jalan terbaik agar kamu dengannya sama-sama nyaman saat berdua.

Selain itu, jangan berbohong dan menutupi fakta tentangmu dari pasangan. Misalnya kamu pernah nggak naik kelas, atau pernah terlibat kasus tidak mengenakan dengan mantanmu. Jika dia benar cinta dan sayang kamu, pasti dia nggak akan keberatan menerima kenyataan tentangmu meskipun yang paling pahit sekalipun.

5. Selipkan humor

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via keywordbasket.com

Hubungan yang harmonis dan langgeng nggak selalu harus dipenuhi dengan kalimat-kalimat cinta yang serius, karena lama kelamaan pasti ada rasa bosan juga. Untuk itu cobalah untuk lebih sering menyelipkan humor dan candaan ringan yang bisa menambah kedekatan kamu dan pasangan sekaligus menjauhkan rasa bosan pada hubungan kalian. Lebih dari itu, tips agar hubungan cinta awet dan langgeng ini juga bisa menjadikan kalian sepasang kekasih yang kompak dan harmonis.

6. Berikan apresiasi

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via thespruce.com

Pada dasarnya setiap manusia pasti senang menerima pujian ataupun hadiah atas prestasi ataupun tindakan baik yang telah ia lakukan meski itu jasa sekecil apapun. Dalam hubungan asmara, penting untuk selalu memberikan apresiasi pada pasangan atas sesuatu yang telah ia raih atau lakukan untukmu, meskipun hanya hadiah kecil namun hal itu akan membuat pasanganmu merasa dihargai. Contohnya saja seperti pasanganmu mendapat posisi jabatan yang lebih tinggi di kantornya, pasanganmu baru saja menolong anak kucing yang nyaris terlindas di tengah jalan, ataupun pasanganmu yang rela menunggumu begadang untuk menyelesaikan skripsimu.

Semua hal-hal yang dilakukannya patut diberikan apresiasi, pasalnya hal ini tidak hanya akan membuat pasangan merasa dihargai, tapi juga dapat memacu pikiran kamu untuk melihat hal-hal positif dari diri pasanganmu, sekaligus memotivasi kalian berdua agar selalu berusaha untuk memberikan yang terbarik untuk pasangan masing-masing. Setidaknya dengan memberikan ciuman, pelukan dan mengucapkan “terima kasih” ataupun kalimat “aku bangga padamu” bisa menjadi bentuk apresiasi sederhana yang bermakna bagi pasangan satu sama lain.

7. Usahakan untuk menepati janji

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via freepik.es

Berjanjilah jika kamu yakin mampu menepatinya, sebaliknya, tidak usah berjanji jika kamu masih ragu antara bisa menepatinya atau tidak. Pasalnya hubungan cinta yang awet dan langgeng hanya bisa dicapai salah satunya dengan terus menepati setiap janji yang kamu buat. Karena tak ada seorangpun yang mau berurusan dengan seorang pengingkar yang hanya manis dimulut. Kalau dari awal sudah ragu, maka jangan berjanji daripada akhirnya kamu ingkari yang justru dapat membuat pasanganmu kecewa, kesal, marah atau bahkan tidak mempercayai dirimu lagi.

8. Selalu hargai keberadaan pasangan

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via thehealthy.com

Menjalani hubungan cinta selama bertahun-tahun memang membuat kita terbiasa dengan kehadirannya, di awal mungkin perhatian kita akan terpusat padanya, namun seiring berjalannya waktu, hal itu akan berkurang karena kita sudah sangat terbiasa dengan kehadirannya. Contohnya saja, saat dirinya berkunjung kerumahmu, diawal-awal pacaran mungkin kamu akan menyambutnya dengan semangat, berdandan yang cantik atau tampan, membersihkan rumah dan menyiapkan makanan kesukaannya.

Namun seiring berjalannya waktu, kamu mungkin mulai bosan dan mengabaikan pasangan karena merasa sudah sangat terbiasa akan kehadirannya. Jikapun kamu sedang sibuk dengan urusan pribadimu, namun saat dirinya ada didekatmu, jangan mengabaikannya. Jangan sibuk dengan duniamu dan melupakan keberadaannya. Karena hal seperti ini yang akan menghancurkan impian kamu untuk punya hubungan awet dan langgeng bersamanya.

Hargailah keberadaannya meskipun hanya untuk bersandar dibahunya ketika tidak ada kata yang terucap dari bibirmu. Atau lebih baik, jadikan dirinya tempat curhat segala masalahmu dan tanyakan padanya solusi terbaik yang harus kamu lakukan. Setidaknya dengan menceritakan masalahmu dengannya, mampu membuat dirinya merasa dihargai sebagai seseorang yang penting dalam hidupmu.

9. Luangkan waktu bersama

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via es.makemefeed.com

Tips agar hubungan cinta awet dan langgeng berikutnya adalah dengan meluangkan waktu bersama. Mengingat banyak pasangan kekasih maupun pasangan suami istri yang terlalu sibuk dalam menjalani rutinitas hariannya masing-masing, jadi nggak heran mereka memiliki waktu bersama. Waktu bersama yang dimaksud bukan hanya sekadar berangkat ke kantor bersama saja, tapi lebih ke arah membangun suatu situasi yang benar-benar berkualitas untuk kamu berdua, atau singkatnya melakukan quality time.

Untuk itu, kamu bisa meluangkan waktu weekend untuk menghabiskan waktu berdua melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama-sana. Kalian bisa menonton film berdua, kencan, memasak bersama, makan malam bersama dan berbagai kegiatan lainnya yang dapat menambah keharmonisan hubungan kalia

10. Tenangkan diri saat hadapi masalah

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via womanandhome.com

Semakin lama hubungan asmara dijalani, maka akan ada banyak masalah yang mengiringi. Jika kalian tak bisa menyikapinya dengan baik, maka bisa jadi hubungan kalian akan berakhir dengan kata perpisahan. Untuk itu tekanlah emosi kalian berdua dan singkirkan ego masing-masing untuk membuat cinta kalian tetap awet dan langgeng. Sebab kebanyakan kasus perpisahan adalah karena mereka menghadapinya dengan emosi dan pikiran yang kusut.

Saat ada masalah, nggak harus diselesaikan saat itu juga dan terburu-buru, jika hati kalian terlanjur emosi, ada baiknya mengambil waktu untuk menenangkan diri. Dinginkan hati dan pikiran, barulah selesaikan masalah hubungan kalian dengan kepala dingin dan hati yang tenang. Maka kemungkinan besarnya hubungan cintamu akan terselamatkan dari perpisahan.

11. Lakukan hal menyenangkan dengan pasangan sehingga terhindar dari rasa bosan

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via greenstonehomes.com

Tips agar hubungan cinta kalian awet dan langgeng berikutnya adalah dengan menghindari rasa bosan terhadap pasangan dan juga terhadap hubunganmu. Selama menjalin hubungan, rasa bosan pasti kerap muncul, apalagi buat kalian yang telah berpacaran lebih dari 1 tahun. Lalu bagaimana caranya menghindari rasa bosan dalam hubungan?

Jangan buru-buru menyatakan “break” saat hubungan asmara kalian menjadi terasa sangat membosankan, pasalnya “break” akan membuat hubungan kalian menjadi tidak jelas, ngegantung dan terancam putus bisa kamu atau pasanganmu justru mendapatkan orang yang lebih menarik selama kalian “break”.

Untuk itu, jika hubungan cinta kalian sudah mulai terasa membosankan, cobalah untuk melakukan hal-hal meyenangkan bersama-sama. Lakukan trip bersama pasangan ke tempat yang belum pernah kalian sambangi, berikan kejutan kecil untuk pasangan, lakukan hal-hal konyol bersamanya, dan lakukan berbagai hal menyenangkan yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya.

Atau bisa juga memberikan waktu untuk pasanganmu melakukan me time untuk menghilangkan rasa bosan yang melanda, namun jangan terburu-buru mengumandangkan kata “break”.

12. Terima kebiasaan aneh pasangan satu sama lain

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via home.bt.com

Karena tujuan kalian adalah ingin hubungan cinta kalian awet dan langgeng, tentunya sebagai tips ampuh menjaga keawetan cinta kalian adalah dengan menerima kebiasaan aneh maupun kebiasaan buruk pasangan satu sama lain. Setiap orang pasti memiliki kebiasaan aneh, buruk atau unik tak terkecuali kalian sendiri. Jangan jadikan kebiasaan aneh ini sebagai halangan dalam hubungan cinta kalian yang awet, sebaliknya terimalah kebisaan satu sama lain, baik itu kebiasaan baik, buruk, aneh ataupun unik. Dengan menerima kondisi pasangan masing-masing, niscaya hubungan cintamu akan awet dan langgeng.

13. Sempatkan untuk selalu mengucapkan kata-kata manis

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via puls24.mk

Tips menjaga hubungan cinta agar tetap awet dan langgeng berikutnya adalah dengan mengucapkan kata-kata manis setiap harinya. Nggak melulu dengan mengucapakan “i love you”, kamu bisa mengawali hari dengan mengucapkan kata-kata manis sederhana seperti “selamat pagi”, “tidur kamu nyenyak nggak?” “wah kamu cantik/ganteng deh hari ini” “mimpi indah ya”, “kalau ada apa-apa langsung telepon aku ya”. Dan beragam kalimat manis lainnya yang bisa kamu ucapkan pada pasangan satu sama lain.

Sekilas kata-kata ini terlihat simpel, namun memiliki pengaruh yang sangat besar. Dengan kamu mengucapkan kalimat manis ini setiap harinya, kamu akan menambah semangat pasanganmu untuk menjalani hari dengan bahagia.

14. Lakukan tindakan-tindakan sederhana yang bermakna bagi pasangan

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via magacol.jp

Selain mengucapkan kata-kata manis, kamu juga harus mengiringinya dengan tindakan-tindakan sederhana yang manis dan bermakna bagi pasangan. Tindakan kecil ini seperti memberikan semangat pada pasanganmu, mendengarkan dia ketika ada masalah, membawakannya makan siang ketika kamu tahu pasanganmu selalu lupa untuk makan siang, atau membantu pekerjaan rumahnya ketika pasanganmu masih ada urusan. Hal kecil-kecil ini mungkin terlihat sepele di mata orang lain. Tapi di mata pasanganmu, jasamu itu terlihat begitu besar dan terasa nyata cintanya padamu.

15. Lakukan perjuangan ini bersama-sama

Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng

photo via malverntherapyassociates.com

Banyak pasangan kekasih diluar sana yang akhirnya harus berpisah karena yang berusaha untuk mempertahankan hubungannya hanya satu orang saja. Padahal untuk membuat hubungan cinta menjadi awet dan langgeng adalah perjuangan dan kerjasama dari dua belah pihak. Dalam menjalin hubungan asmara, pasanganmu adalah teman setimmu, jika ada sesuatu yang ingin diraih, maka raihlah bersama-sama, jangan hanya seorang saja yang berjuang sedangkan yang lain santai dan pasrah akan nasib. Bekerjasamalah, dan saling memberikan semangat bahwa kalian berdua bisa menjadi pasangan yang awet sampai menua nanti.

Jika ada yang harus dirubah dari sikap kalian, maka kalian berdua harus berubah, jangan menuntut hanya pasanganmu saja yang harus berubah sedangkan kamu tidak. Jika ada yang kurang dari diri pasangan kamu, maka lengkapi kekurangan tersebut dengan apa yang kamu miliki sehingga hubunganmun menjadi sempurna. Hubungan yang awet itu adalah ketika kedua belah pihak mampu melengkapi kekurangan satu sama lain. Jadilah sebuah tim yang harmonis dan jangan menjadi perseorangan yang hanya menuntut hak dari pasanganmu.

Nah itulah beberapa tips ampuh yang bisa kamu terapkan dengan pasangan untuk mendapatkan hubungan cinta yang awet dan langgeng. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah tips ini membantu hubungan cinta kamu yang lagi diujung tanduk?

The post Tips Agar Hubungan Cinta Kalian Awet Dan Langgeng appeared first on Blog Unik.