lamonganPolitik

Tingkatkan Kualitas, PMI Lamongan Kenalkan 4 Mesin Baru

beritajatim.com Tingkatkan Kualitas, PMI Lamongan Kenalkan 4 Mesin BaruA.Thoriq Hidayatullah



Lamongan (beritajatim.com) – PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Lamongan memperkenalkan sejumlah mesin baru yang difungsikan untuk meningkatkan kualitas darah, bertempat di Kantor PMI Lamongan, Jumat (10/12/2021).

Dengan hadirnya mesin baru tersebut, diharapkan mampu memberikan dampak pada kualitas pelayanan yang lebih baik. Tercatat ada 4 jenis mesin baru yang dimiliki PMI Lamongan, yakni Refrigerated centrifuge, Separator, Plasma freezer, dan Electric sealer.

PMI Kabupaten Lamongan saat memperkenalkan 4 mesin barunya, di Kantor PMI Lamongan, Jumat (10/12/2021).

Refrigerated centrifuge merupakan alat pemutar berpendingin yang berfungsi mengendapkan komponen sel darah dengan plasma darah. Lalu, Separator yang berfungsi memisahkan darah komponen secara otomatis.

Sedangkan Plasma freezer berfungsi membekukan plasma, yang jika disimpan pada suhu -30°C mampu bertahan hingga 1 tahun. Serta Electric sealer yang berfungsi mengklem selang kantong darah secara permanen.

Ketua PMI Lamongan Agus Suyanto mengatakan, bahwa dengan mesin baru ini, produk darah yang dihasilkan akan lebih banyak dan bervariasi. Selain itu, kualitas darah yang dihasilkan pun lebih baik.

“Darah yang dihasilkan akan lebih bagus, menggunakan sistem tertutup, sehingga sterilisasi komponen darah dari kontaminasi mikro organisme lebih terjaga. Jika dulunya hanya memproduksi sel darah merah dan jika butuh plasma harus ke Surabaya, sekarang kita sudah punya, bervariasi dan menyesuaikan kebutuhan rumah sakit,” ungkapnya.

Baca Juga:

  • Satgas Covid-19 di Kecamatan Lamongan Ini Dirikan Gerai Masker Gratis di Lingkungan Pasar
  • Bupati YES dan Sejumlah Artis Ternama Akan Ngamen Online Kemerdekaan Seniman Lamongan
  • HJL 452, Bupati YES Lakukan Tahlil dan Tabur Bunga di Makam Leluhur
  • Meski Lampaui Target, Lamongan Terus Maksimalkan Capaian Vaksinasi

Di sela-sela acara, proses donor darah menggunakan mesin baru tersebut juga langsung dipraktekkan. Agus menuturkan, hal ini merupakan bagian dari upaya PMI Lamongan dalam memperbaiki kualitas guna memberikan kepuasan dan pelayanan prima pada masyarakat.

“Ini adalah upaya kami dalam memperbaiki diri dan mengupgrade pelayanan. Sehingga masyarakat yang akan mendonor dan yang membutuhkan darah akan lebih mudah dan terlayani dengan baik,” terang Agus.

Dari data yang dihimpun, para sukarelawan yang mendonorkan darah sebanyak 25 kali, 50 kali, 75 kali, dan 100 kali mendapatkan piagam penghargaan secara langsung dari Pemkab Lamongan. [riq/but]





The post Tingkatkan Kualitas, PMI Lamongan Kenalkan 4 Mesin Baru first appeared on beritajatim.com.