Politik

Tim Pemenangan Paslon NIAT Keberatan Tempat Ibadah Jadi Ajang Kampanye

googleberita







Gresik (beritajatim.com) – Tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT) keberatan tempat ibadah dijadikan ajang kampanye.

Ketua Tim Advokasi dan Hukum Paslon NIAT Irfan Choirie mengatakan, ada dua hal adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan paslon nomor urut 1. Pertama, adanya surat pemberitahuan dari takmir Masjid Al Amin di Perum Sidorukun Indah Jalan Riau Gresik terkait tausiah dari salah satu Cabup Gresik usai sholat shubuh.

“Kami sudah memberitahukan ke Bawaslu Gresik soal takmir masjid setempat yang mengundang salah satu cabup mengisi tausiah usai sholat shubuh,” katanya, Sabtu (17/10/2020).

Lebih lanjut Irfan Choirie menuturkan, alasan timnya melaporkan hal ini. Sebab, masjid merupakan tempat ibadah dan potensinya sarat dijadikan kampanyen. Apalagi masyarakat sudah tahu paslon 01 merupakan Cabup Gresik. “Intinya kami keberatan karena itu kami melayangkan surat ke Bawaslu Gresik,” ujarnya.

Baca Juga:

  • Megawati Akui Sulit Cari Tokoh Seperti Risma dan Azwar Anas
  • PDIP Gresik Ajukan Perempuan ini Sebagai Cawabup
  • Tahapan Pilbup Gresik Dimulai, KPU Aktifkan Lagi PPK dan PPS
  • Ansor Gresik Siap Jaga Kondusifitas Pilkada 2020
  • Gus Yani Prihatin dengan Makam Pahlawan Asal Gresik Usman Sadar

Terkait dengan ini lanjut dia, dirinya berharap Bawaslu Gresik netral tak ada kepentingan dan mengkedepankan kerja secara profesional. “Kami percaya Bawaslu bekerja profesional. Hal ini terbukti saat paslon NIAT dilaporkan melakukan pelanggaran melalui kontrak politik. Tapi kenyataannya tidak terbukti melanggar,” ungkapnya.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu Gresik, Imron Rosyadi saat dihubungi beritajatim.com menyatakan, pada prinsipnya tempat ibadah dilarang dijadikan kampanye dan itu sudah ada aturannya. “Prinsipnya kami tidak melarang orang melakukan ibadah atau lainnya. Yang dilarang saat beribadah malah isinya kampanye hal ini yang dicegah,” paparnya.

Saat ditanya soal keberatan paslon nomor urut 02 yang melayangkan surat nomor 019/TIM-NIAT/X/2020 perihal keberatan berisi ‘Gerakan Sholat Shubuh Berjamaah dan Tausiah’ ke Bawaslu Gresik. Dijelaskan Imron Rosyadi, sampai saat ini suratnya belum masuk. “Kalaupun sudah masuk biasanya di grup whatsapp diinformasikan. Tapi saya cek lagi ke petugas yang jaga,” pungkasnya. [dny/kun]








The post Tim Pemenangan Paslon NIAT Keberatan Tempat Ibadah Jadi Ajang Kampanye first appeared on beritajatim.com.