Peristiwa

Terungkap, 3 Sifat yang Dimiliki Semua Pengusaha Sukses

Googleberita.com, Jakarta – Ada begitu banyak tips untuk mencapai kesuksesan. Salah satu yang paling sering Anda dengar mungkin semangat, fokus, dan kerja keras. Kedengarannya seperti resep manjur untuk sukses bukan? Coba pikir lagi. Nyatanya, tiga hal tersebut tidak cukup untuk mencapai kesuksesan sesungguhnya. 

Ahli kekayaan dan penulis terlaris Robert Frank menghabiskan dua tahun mempelajari pengusaha-pengusaha terkaya di dunia. Berdasarkan studinya, Frank menemukan tiga sifat yang dimiliki semua pengusaha papan atas seperti Jeff Bezos dan Elon Musk.

“Saya menemukan tiga hal yang benar-benar penting, dan tiga hal ini bukan yang biasanya orang katakan,” ujar Frank.

Dilansir dari CNBC, berikut tiga sifat pengusaha sukses dunia yang harus Anda ketahui.

1. Ketidakpedulian

Ilustrasi kantor dan tempat kerja. (iStockphoto)

Banyak pendiri top dunia menganut sikap tidak peduli terhadap masalah yang mereka coba pecahkan. Ini bukan berarti tak acuh terhadap apa yang mereka kerjakan. Tidak peduli dalam hal ini artinya mereka berpikir di luar kotak dan tidak terpengaruh dengan kegagalan orang-orang sebelum mereka.

“Jeff Bezos bisa memberikan inovasi pada pasar ritel karena ia tidak memulai dari Macy’s. Elon Musk bisa mencipta ulang mobil karena ia tidak mulai dengan fokus pada GM (General Motors),” tutur Frank.

“Para pendiri ini memberi tahu saya hal yang membuat mereka menciptakan inovasi baru pada industri yang mereka geluti adalah karena mereka tidak tahu apa yang tidak bisa dilakukan dalam industri tersebut.”

 

2. Obsesif

Para pengusaha sukses terobsesi dengan ide mereka, terlepas dari apa yang orang lain katakan.

“Ketika Anda memiliki suatu ide dan Anda memiliki visi untuk ide tersebut, semua orang akan memberi tahu Anda bahwa ide Anda salah. Jika mereka berkata sebaliknya, Anda tahu bahwa ide tersebut tidak akan membuat Anda sukses,” jelas Frank.

Dedikasi penuh di tengah kesulitanlah yang membuat mereka bisa tetap fokus dalam mencapai tujuan.

“Mereka (pengusaha-pengusaha ternama) seperti memiliki kepribadian obsesif kompulsif: Ketika mereka memulai sesuatu, mereka tidak bisa melepaskannya begitu saja,” terusnya.

3. Keinginan untuk Melakukan Sesuatu yang Beda

Forum Googleberita

Terakhir dan mungkin menjadi yang terpenting, mereka benar-benar ingin melakukan sesuatu yang berbeda. 

“Kebanyakan dari mereka mencoba mencari suatu perbedaan yang bisa mereka buat dalam tiap hal yang mereka lihat,” lanjut Frank. “Baik itu sebuah gelas kopi atau apapun yang mereka lakukan, mereka mencoba mencari cara yang berbeda untuk melakukannya.”

Pemikiran seperti ini tidak selalu bisa dipelajari atau dilatih. Ada beberapa orang yang memang pada dasarnya terlahir seperti itu.

Serupa dengan pengamatan Frank, pengusaha sekaligus profesor sekolah bisnis NYU Stern Scott Galloway mengatakan, “Siapapun yang menyuruh Anda untuk mengikuti passion Anda, orang tersebut sudah kaya.”

Sebaliknya, Galloway menganjurkan untuk mencari sesuatu yang Anda kuasai. “Perasaan bisa menguasai sesuatu akan membuat Anda semangat terhadap apapun yang Anda lakukan.”

Ia juga menambahkan, CEO-CEO sukses memiliki keinginan penuh untuk berinvestasi pada tujuan akhir mereka, terlepas dari risiko-risiko yang ada.

“Hal yang membedakan pengusaha dari orang lain adalah daya tahan yang luar biasa,” tutup Galloway. (Felicia Margaretha)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of