Lifestyle

15 Tempat Wisata di Purwakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Purwakarta

Bandung, Garut dan Bogor merupakan beberapa kota yang terkenal di Jawa Barat akan wisata alam, hingga wisata kulinernya. Namun ternyata Jawa Barat masih memiliki kota yang nggak kalah menawan daripada Bandung maupun Bogor lho. Kota tersebut adalah Purwakarta. Mungkin dulunya Purwakarta dikenal dengan sebutan Kota Pensiun. Hal ini karena suasana kotanya yang terasa tenang dan jauh dari hiruk pikuk khas kota besar. Tapi kini, citra Purwakarta sudah berubah menjadi kota pariwisata yang tak kalah dengan tetangganya, yaitu Bandung. Di Purwakarta, kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata mulai dari waduk, pantai, hingga pegunungan dengan pemandangan yang memanjakan mata. Nah berikut ini 15 tempat wisata di Purwakarta yang wajib kamu kunjungi. Let’s check it out guys!

1. Waduk Jatiluhur

Tempat Wisata Purwakarta - Waduk Jatiluhur

photo via instagram.com/wow_java

Tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Purwakarta yang pertama adalah Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur merupakan danau buatan pertama di Indonesia. Awalnya, Waduk Jatiluhur dibangun untuk area irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan bahan baku air minum. Namun kini Waduk Jatiluhur telah menjadi salah satu destinasi wisata di Purwakarta dengan pemandangan yang menakjubkan.

Ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan bahkan ada banyak spot berfoto yang unik yang bisa kamu coba, mulai dari tangga berputar ke rumah pohon, ujung perahu hingga balkon dengan pinggiran waduk yang Instagramable. Dikelilingi perbukitan hijau, pemandangan di Waduk Jatiluhur pun sangat indah untuk diabadikan.

2. Waduk Cirata

Tempat Wisata Purwakarta - Waduk Cirata

photo via instagram.com/bayuhaeruman

Selanjutnya ada Waduk Cirata nih guys yang merupakan salah satu destinasi wisata Purwakarta yang nggak kalah dari Waduk Jatiluhur. Waduk yang berlokasi di Desa Margalaksana, Cipeundeuy ini membentang luas di tiga kabupaten sekaligus, mulai dari Kabupaten Bandung, Purwakarta, hingga Kabupaten Cianjur.

Waduk ini sebenarnya merupakan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Namun karena pemandangan alam sekitar begitu asri dan indah, membuat banyak warga setempat datang untuk berfoto dan menikmati pemandangan. Tak hanya itu, di sepanjang jalannya juga terdapat warung ikan bakar dan nasi liwet untuk wisata kuliner yang wajib kamu coba. Tempat wisata yang murah meriah bukan?

3. Taman Air Mancur Sri Baduga

Tempat Wisata Purwakarta - Taman Air Mancur Sri Baduga

photo via republika.co.id

Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di Situ Buleud, Negeri Kidul menyajikan atraksi air mancur yang indah di malam hari yang mirip dengan atraksi air mancur di Singapura. Setiap Sabtu pukul 19:30 – 21:00, kawasan Taman Sri Baduga terlihat megah dengan atraksi air mancur yang dilengkapi efek sinar berwarna-warni.

Enaknya, kamu tak perlu bayar tiket masuk untuk menikmati keindahan atraksi air mancur tersebut. Selain menyaksikan air mancur, di sekitar Taman Sri Baduga terdapat wahana mobil-mobilan berhias lampu yang bisa kamu coba bersama adik ataupun putra-putri kalian. Taman Air Mancur Sri Baduga ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berekreasi bersama keluarga tercinta.

4. The Colorville

Tempat Wisata Purwakarta - The Colorville

 

photo via myfave.com

The Colorville merupakan salah satu destinasi hits yang kami rekomendasikan untuk liburan keluarga di Purwakarta. Berbagai fasilitas dan wahana permainan seru bisa kamu dapati di sini. Mulai dari kolam renang, rumah pohon, ATV, flying fox, hingga spot foto unik yang instagramable. Selain itu objek wisata ini dilengkapi dengan upside down room yang membuat momen liburanmu semakin tak terlupakan. Jika ingin berkunjung, tempat wisata ini berada di Jalan Raya Darangdan KM 21.

5. Kuburan Kereta Api

Tempat Wisata Purwakarta - Kuburan Kereta Api

photo via yukpigi.com

Buat kamu yang ingin mencari tempat dengan spot yang instagramable, maka Kuburan Kereta Api menjadi tempat wisata yang tepat buat kamu. Sesuai namanya, Kuburan Kereta Api adalah tempat penyimpanan bangkai seluruh kereta api rel listrik (KRL) ekonomi non-AC yang pernah beroperasi di lintasan Jabodetabek sejak KRL non-AC tidak beroperasi pada 2013. Di sini, kamu akan menemukan tumpukan gerbong kereta api berwarna-warni yang menciptakan pemandangan menarik untuk diabadikan dengan kamera. Tumpukan ini menjadi spot yang sangat menarik untuk dijadikan background foto kamu.

6. Gunung Bongkok

Tempat Wisata Purwakarta - Gunung Bongkok

photo via travelingyuk.com

Gunung Bongkok merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunrise di Purwakarta. Dengan ketinggian tak sampai 1000 mdpl, Gunung Bongkok relatif mudah didaki. Juga ada dua opsi menikmati alam sekitar ketika sampai puncak, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk.

Pemandangan yang ditawarkan adalah landscape Kota Purwakarta yang memukau, Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur. Dengan background tersebut, kamu akan punya banyak background foto yang intagramable. Buat kamu yang ingin berkunjung, tempat wisata ini berada di Cisarua, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

7. Gunung Lembu

Tempat Wisata Purwakarta - Gunung Lembu

photo via instagram.com/indoflashlightjabar

Tak hanya Gunung Bongkok, ada juga Gunung Lembu yang tak kalah memesona dari tempat wisata alam Purwakarta lainnya. Untuk mencapai puncak, dibutuhkan tenaga ekstra karena kamu akan menghadapi pendakian dengan tanjakan cukup tajam. Meski begitu, saat sampai puncak, lelahmu akan terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah. Kamu bahkan bisa menyaksikan lanskap Kota Purwakarta dan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Menyaksikan sunset juga hal yang harus kamu lakukan di sini. Objek wisata menawan ini bisa kamu temui di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

8. Curug Suhada

Tempat Wisata Purwakarta - Curug Suhada

photo via instagram.com/madeinpurwakarta

Curug Suhada merupakan tempat wisata berupa air terjun di Purwakarta yang menyuguhkan pemandangan eksotis. Selain air terjun itu sendiri, pemandangan pepohonan, sawah, hingga pegunungan, juga menyatu sehingga menciptakan panorama yang begitu indah. Air terjun di Curug Suhada mengalir lewat tebing bebatuan yang ketinggiannya mencapai 7 meter. Debit airnya tak begitu deras, sehingga cukup aman untuk digunakan bermain air atau berenang. Tertarik berlibur ke curug ini? Kamu bisa datang ke Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani.

9. Curug Cipurut

Tempat Wisata Purwakarta - Curug Cipurut

photo via instagram.com/shintapurmawati

Berada di tengah hutan nan rimbun, air yang segar dan dingin menambah istimewanya Curug Cipurut. Debit air yang juga tidak terlalu banyak menjadikan Curug Cipurut ramah bagi pengunjung. Selain menikmati pemandangan asri yang menyejukkan, kamu juga bisa bermain seluncuran di seluncuran alami yang terbentuk karena proses natural. Curug Cipurut ini berada di dalam Cagar Alam Gunung Burangrang, yang berjarak 30 km dari Kota Purwakarta. Tepatnya di Kampung Cileungsing, Sumrugul, Wanayasa, Purwakarta.

10. Bukit Panenjoan

Tempat Wisata Purwakarta - Bukit Panenjoan

photo via brobali.com

Bukit Panenjoan merupakan salah satu destinasi wisata paling Instagenic di Purwakarta. Sejumlah spot banyak direkomendasikan sebagai tempat yang tepat untuk mengabadikan diri maupun bersama teman-teman. Pemandangan alam yang tersaji pun sangat mempesona, dengan kombinasi perkebunan, gunung, bukit dan danau Juanda Jatiluhur sebagai latar belakangnya. Untuk menambah eksotisme Bukit Panenjoan, dibangun jembatan bambu di atas perbukitan. Selain itu juga ada saung khas Sunda, yang menambah nuansa pedesaan. Buat kamu yang ingin berkunjung, Bukit Panenjoan berlokasi di Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

11. Taman Batu Cijanun

Tempat Wisata Purwakarta - Taman Batu Cijanun

photo via instagram.com/laladit

Tempat wisata di Purwakarta yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Taman Batu Cijanun. Taman Batu Cijanun merupakan sumber mata air alami yang dikelilingi oleh bebatuan besar sehingga menambah kesan instragrambale pada tempat ini. Keindahan alam di sekelilingnya yang indah, airnya yang jernih, dan batu alam berukuran raksasa yang tersebar di seluruh kolam yang berundak-undak membuat banyak pengunjung terpesona. Pandangan juga dimanjakan dengan hamparan pepohonan hijau di salah satu sisinya. Di sini, kamu bisa hunting foto cantik dengan area perbukitan, bermain air hingga menikmati panorama sekitar. Buat yang ingin berkunjung, tempat wisata ini berlokasi di Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

12. Sungai Cidomas

Tempat Wisata Purwakarta - Sungai Cidomas

photo via instagram.com/ayodolan

Sungai Cidomas mungkin belum sepopuler tempat wisata lainnya di Purwakarta. Namun tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah lho. Air di sungai Cidomas ini sangat jernih. Oleh masyarakat, sungai ini dijuluki Blue River karena warna airnya sangat biru kehijauan. Eksotisme Sungai Cidomas semakin bertambah dengan adanya tebing bebatuan yang mengelilingi dan pepohonan hijau di sekitarnya. Hawanya yang sejuk dikelilingi pepohonan membuat suasana di sini begitu damai dan memberikan nuansa relaksasi yang menyegarkan. Kamu bisa berenang, bermain air, dan berfoto di tempat ini. Kedalaman sungainya berkisar 10 cm – 2 m. Tempat wisata ini beralamat di Parakan Garokgek, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41175

13. Urban Farming

Tempat Wisata Purwakarta - Urban Farming

photo via traveloka.com

Tempat wisata yang di Purwakarta cocok dikunjungi bersama keluarga berikutnya adalah Urban Farming. Tempat wisata ini menyajikan bangunan-bangunan warna-warni khas kota di Eropa yang tentunya sangat instagenic ketika di foto. Di Urban Farming juga ada kebun bunga yang menyediakan benih bunga, sayuran, dan buah. Ada juga tempat pemerahan susu. Anak-anak bisa belajar menanam dan memerah susu di Urban Farming. Harga tiket masuknyapun sangat terjangkau, dengan membayar sekitar Rp15.000 kamu bisa menikmati berbagai atraksi yang ada di Urban Farming. Buat yang ingin berkunjung, Urban Framing ada di Benteng, Campaka, Purwakarta.

14. Cikao Park

Tempat Wisata Purwakarta - Cikao Park

photo via wisatalengkap.com

Cikao Park merupakan tempat wisata yang sedang hits di kalangan anak muda di Purwakarta. Cikao Park sebenarnya adalah kumpulan dari mini zoo, bird park, area bermain, kolam renang, water park, taman lampion, dan masih banyak lagi. Selain panorama alam yang masih asri, objek wisata ini menawarkan aneka permainan yang bernilai edukasi. Saking populernya, tempat wisata ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Destinasi ini selalu ramai dikunjungi, baik wisatawan lokal, maupun luar daerah. Buat kamu yang ingin berkunjung, Cikao Park terletak di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purawakarta, Jawa Barat.

15. Skylodge Padjajaran Anyar

Tempat Wisata Purwakarta - Skylodge Padjajaran Anyar

photo via instagram.com/skylodge.indonesia

Satu lagi tempat wisata yang kami rekomendasikan buat kalian adalah Skylodge Padjadjaran Anyar. Tempat wisata ini dikhususkan untuk kamu yang bernyali besar. Pasalnya Skylodge Padjadjaran Anyar merupakan sebuah hotel yang tergantung di pinggir tebing dengan ketinggian 500m. Dengan berselimut dinding kaca, dari hotel kapsul ini kamu bisa menikmati pemandangan alam nan indah khas Purwakarta.

Meski hanya ada 1 unit, namun hotel gantung ini muat untuk 5 orang. Fasilitasnyapun nggak kalah dengan kamar hotel berbintang. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan kasur, TV, coffee maker, hingga toilet portable. Jangan khawatir untuk menginap di sini karena sudah teruji keamanannya. Untuk mencapainya kamu harus menaiki tangga baja terlebih dulu lalu menyebrang menggunakan tali baja. Hotel gantung ini berlokasi di Pasanggrahan, Tegal Waru, Pasanggrahan, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165.

Nah itulah 15 tempat wisata di Purwakarta yang wajib kamu kunjungi jika berlibur ke kota berjuluk kota pensiun ini. Jadi tempat wisata Purwakarta mana nih yang jadi target kamu selanjutnya?

The post 15 Tempat Wisata di Purwakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi appeared first on Blog Unik.