Lifestyle

15 Tempat Wisata Di Bangka Belitung Yang Wajib Kamu Kunjungi

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi yang terdiri dari dua pulau besar dan yang menjadi pulau utama yaitu Pulau Bangka dan juga Pulau Belitung. Selain kedua pulau utama tersebut, Bangka Belitung juga memiliki pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau, dan Pulau Selat Nasik. Salah satu sektor yang menjadi andalan Bangka Belitung adalah sektor pariwisata.

Apalagi jika kamu berkunjung ke Pulau Belitung yang identik dengan pantainya yang memanjakan mata. Bahkan saking indahnya, Pulau Belitung pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi yang membuat keberadaan Pulau Belitung semakin populer dikalangan wisatawan. Tidak hanya itu, pulau Bangka juga menyimpan banyak sekali destinasi alam dan buatan lain yang tidak kalah menarik, seperti Danau, Gurun, Air Terjun, Kebun, Benteng, dan Perbukitan.

Provinsi Bangka Belitung memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bangka belitung memiliki panorama yang indah terutama pantai dan bawah lautnya. Karena itu, Kepulauan Bangka Belitung ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata terutama jika kamu penggemar wisata alam.

Nah berikut rekomendasi 15 tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi. Let’s check it out guys!

1. Pantai Tanjung Tinggi

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pantai Tanjung Tinggi

photo via instagram.com/letsgobelitung

Kalau berkunjung ke Bangka Belitung, tempat wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Tinggi memiliki arti nama Tanjung yang berarti semenanjung daerah yang tepi laut dan sedangkan Tinggi karena bebatuan granit di sekitarnya yang tinggi-tinggi. Selain memiliki panorama yang cantik, ombak di pantai Tanjung Tinggi juga relatif tenang, pasir putihnyapun sangat cantik. Selain itu, di wisata Bangka Belitung ini kamu juga bisa menjumpai ratusan batu granit besar yang tersebar di sekitar pantai. Pantai Tanjung Tinggi ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi terletak tidak jauh dari kota Tanjung Pandan yang hanya memakan waktu 30 menit di perjalanan.

Lokasi : Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

2. Pantai Tongaci

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pantai Tongaci

photo via bangkatrip.kebabelyuk.com

Selanjutnya ada pantai Tongaci yang merupakan objek wisata Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi. Pantai ini memiliki spot unik yang diberi nama De Locomotief. Ketika memasuki area pantai, di sisi atas, Kamu akan menjumpai beberapa payung China yang digunakan sebagai hiasan. Di pantai ini kamu juga akan menjumpai ratusan tukik jenis Penyu Hijau dan Penyu Sisik berbagai ukuran berenang dalam sebuah kolam. Tempat konservasi ini didirikan sebagai upaya untuk melindungi penyu dari kepunahan serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam. Selain itu, di pantai Tongachi juga terdapat sebuah Museum Gallery yang di dalamnya terdapat banyak sekali karya seniman yang menakjubkan, hingga seringkali diabadikan di laman sosial oleh para pengunjungnya.

Lokasi : Kampung Pasir, Jalan Laut, Kampung Laut, Sungai Liat Kabupaten Bangka

3. Pantai Pasir Padi

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pantai Pasir Padi

photo via instagram.com/desyana_dez

Pantai Pasir Padi juga merupakan salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang sayang jika dilewatkan. Pantai Pasir Padi memiliki panorama alam yang mempesona karena memiliki garis pantai yang lebar, sekitar 300 meter. Pantai ini juga memiliki karang dan bebatuan serta hamparan pasir putih yang sangat halus dan putih bersih sepanjang 2 km. Sarana prasarana di Pantai Pasir Padi sudah cukup lengkap seperti toilet, mushola, pos keamanan dan kamar ganti. Pantai ini memiliki tipe gelombang yang tenang sehingga aman dan nyaman untuk dipakai berenang. Struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat ini dikarenakan di bawah pasir pantai terdapat pasir timah. Ini memebuat pantai Pasir Padi ini nyaman untuk dilalui dengan jalan kaki.

Lokasi : Jalan Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Pulau Sumatera.

4. Pantai Tanjung Kelayang

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pantai Tanjung Kelayang

photo via instagram.com/belitungmemories

Pantai di Bangka Belitung selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi lho. Terletak di sebelah utara Pulau Belitung, Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini adalah Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Nama Pantai Tanjung Kelayang disematkan pada pantai ini karena terdapat banyak burung kelayang di sekitar pantai.

Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian, yaitu sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Kamu bisa mengelilingi pulau sekitar dengan menyewa perahu nelayan. Kamu juga bisa menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan malakukan beragam atraksi air lainnya di pantai ini.

Lokasi : Sijuk, Kabupaten Belitung

5. Pantai Nyiur Melambai

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pantai Nyiur Melambai

photo via aroengbinang.com

Pantai Nyiur Melambai merupakan salah satu tempat wisata paling popoler di Bangka Belitung. Tak seperti pantai pada umumnya, kamu tidak akan menemukan pohon kelapa di sekitar Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini ditumbuhi oleh pohon pinus di sekitarnya dengan pasir putih khas pantai Belitung. Garis pantai di sini panjang dan suasana di sini teduh. Aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini antara lain berenang, voli pantai, dan juga panjat tebing.

Lokasi : Pantai Nyiur Melambai, Manggar, Kab. Belitung Tim., Kepulauan Bangka Belitung, Lalang, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung

6. Pantai Matras

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pantai Matras

photo via ksmtour.com

Pantai Matras menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat Bangka Belitung, jadi tak heran jika Pantai Matras juga disebut sebagai Pantai Rakyat. Tak hanya masyarakat setempat, wisatawan domestik hingga mancanegara juga kerap mengunjungi pantai satu ini. Saat berkunjung ke pantai ini kamu akan disajikan dengan hampara pasir putih dengan tekstur yang halus. Kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan batu-batu granit khas Pulau Bangka yang sangat instagenic untuk backgrout foto.

Lokasi : Desa Sinar Baru, Sungai Liat Kabupaten Bangka

7. Pantai Parai Tenggiri

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pantai Parai Tenggiri

photo via instagram.com/belitungmemories

Masih berupa pantai, kali ini, Pantai Parai Tenggiri juga menjadi objek wisata Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi. Di pantai ini kamu akan disuguhkan dengan gugusan batu karang berukuran besar ditambah putihnya pasir yang memanjakan mata. Pantai ini sering disebut sebagai surga tersembunyi yang terletak di Desa Sinar Biru, Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka Belitung.

Ombak di pantai ini juga relatif kecil sehingga sangat cocok buat kamu yang hobi berenang. Jika kamu belum puas, kamu juga bisa menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Parai Tenggiri.

Lokasi : Desa Sinar Baru, Sungai Liat Kabupaten Bangka

8. Pulau Lengkuas

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pulau Lengkuas

photo via instagram.com/letsgobelitung

Pulau Lengkuas merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Belitung. Hal yang menarik dari Pulau Lengkuas adalah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau. Mercusuar ini dirancang oleh Enthoven and Co, dari Den Haag yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1882. Hingga sampai sekarang mercusuar tersebut masih berdiri kokoh dan menjadi background foto paling favorit para wisatawan karena sangat instagenic. Tak hanya itu, pantai maupun ekosistem bawah laut wisata Bangka Belitung ini juga sangat mempesona. Pulau Lengkuas sendiri terletak di utara Pulau Belitung dan memerlukan waktu 30 menit untuk menyeberang ke pulau ini.

Lokasi : di wilayah Kecamatan Sijuk, Bangka Belitung/Sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang.

9. Pulau Putri

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pulau Putri

photo via instagram.com/indryaniindh

Selanjutnya ada Pulau Putri yang merupakan salah satu tempat wisata Bangka Belitung yang populer dan wajib dikunjungi. Lokasinya ada di Kecamatan Belinyu. Pulau ini adalah ikon pulau baru akhir-akhir ini. Daerah pesisir yang menakjubkan ini sangat populer baik untuk pengunjung domestik maupun mancanegara karena pulau ini dekat dengan pulau-pulau indah lainnya seperti Pulau Mentigi, Antu, dan Lampu.

Pulau Putri menawarkan air laut yang jernih dan suasana tenang. Di pulau ini kamu juga akan menemukan pohon-pohon Mentigi dan batuan Karang yang kokoh. Kamu akan merasakan pesona alam yang masih sangat alami dan menenangkan sehingga cocok buat kamu yang memerlukan ketenangan. Untuk sampai kesana, Kamu bisa menggunakan kapal lokal (Pompong) yang diberangkatkan dari pulau Penyusuk.

Lokasi : Laut Cina Selatan, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

10. Pulau Batu Berlayar

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Pulau Batu Berlayar

photo via instagram.com/rizkifauzi861

Tak hanya Pulau Putri, Pulau Batu Berlayar juga merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika berlibur ke Bangka Belitung. Saat berkunjung ke pantai ini, kamu akan dihadapkan dengan deretan batu granit berukuran besar yang memang menjadi ciri khas utama pulau ini. Selain memiliki batu granit raksasa, perairan di sekitar Pulau Batu Berlayar juga memiliki air yang sangat jernih. Ombak yang ada di sekitar Pulau Batu Berlayar juga sangat kecil. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir ketika liburan bersama dengan anak-anak.

Lokasi : Pulau Batu Berlayar, Belitung, Provinsi Bangka Belitung

11. Danau Kaolin

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Danau Kaolin

photo via explorebangkabelitung.wordpress.com

Selain wisata bahari, Bangka belitung juga memiliki wisata danau yang sangat indah yaitu Danau Kaolin. Danau Kaolin adalah bekas tempat penggalian tambang seperti pasir kaolin dan timah di pulau Belitung. Pemandangan disekitar Danau Kaolin sangat indah dan instagramable, nggak heran tempat wisata ini selalu menjadi tujuan fotografer mencari spot foto dan hunting prewedding. Keindahan dari Danau Kaolin adalah perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih (tanah liat). Meskipun airnya berwarna putih, namun wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang. Danau Kaolin hanya diperuntukkan untuk berswafoto saja.

Lokasi : Air Raya Tanjung Pandan, Pulau Belitung

12. Danau Ampar/Red Hill

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Danau Ampar/Red Hill

photo via instagram.com/agnesiawalandouw

Nggak usah jauh-jauh ke Grand Canyon untuk dapat menikmati tebing-tebing merah, pasalnya di Bangka Belitung, kamu bisa menemukan Grand Canyon Indonesia. Nama tempat tersebut adalah Red Hill atau Danau Ampar. Sekilas, Red Hill ini bentuknya mirip sekali dengan Grand Canyon namun dalam ukuran yang lebih kecil. Bukit berwarna kemerahan ini juga merupakan bekas peninggalan tambang timah.

Bukit-bukit yang berwarna merah ternyata bukanlah satu-satunya pesona dari Redhill. Di tengahnya terdapat danau Ampar dengan airnya yang berwarna biru sempurna. Tempat wisata ini sangat pas dikunjungi saat pagi hari.

Lokasi : Riding Panjang, Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33172

13. Bangka Botanical Garden

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Bangka Botanical Garden

photo via instagram.com/ninasuhariyono

Selanjutnya ada Bangka Botanical Garden. Bangka Botanical Garden atau yang seringkali disebut BBG ini merupakan agrowisata yang menjadi ikon pulau Bangka. Bangka Botanical Garden sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Menawarkan keindahan alam berupa hutan pinus. Di area wisata Bangka Belitung ini juga ada danau buatan dimana kamu bisa mencoba kayaking di sana. Sebelum menjadi kawasan agrowisata di Bangka, kawasan ini adalah bekas galian tambang timah. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu dapat menikmati suasana sejuk alam sambil belajar mengenai pertanian, peternakan, dan perikanan terpadu secara organik. Terdapat peternakan kuda sebagai wisata edukasi bagi anak-anak.

Lokasi : Jl. Raya Pasir Padi, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang

14. Batu Mentas

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Batu Mentas

photo via instagram.com/pigijo_

Nah buat kamu yang ingin suasana liburan selain pantai, maka Batu Mentas bisa menjadi objek wisata yang pas untuk kamu kunjungi berikutnya. Batu Mentas merupakan kawasan hutan lindung hujan tropis yang terletak di kaki Gunung Tajam, yaitu di Dusun Kelekak Datuk Kecamatan Badau, sekitar 30 Kilometer dari Kota Tanjung Pandan, atau sekitar 20 menit perjalanan kendaraan bermotor. Wisata Batu Mentas menyuguhkan kesejukan udara pegunungan dan panorama hutan hijau yang asri. Di tempat wisata Bangka Belitung ini, kamu bisa melihat hewan endemik Belitung yang langka karena memang kawasan Batu Mentas masih termasuk bagian dari Hutan Lindung Wisata Alam Gunung Tajam.

Di Batu Mentas juga terdapat aliran sungai yang juga menjadi atraksi wisata “tubing”. Wisatawan dapat mengarungi sungai dengan menggunakan ban-ban yang difungsikan sebagai perahu. Selain itu, aktivitas lain yang dapat dilakukan disini adalah aktivitas outbound seperti hiking, menjelajah kawasan hutan yang memiliki flora yang sudah mulai langka. Kawasan ini sangat baik untuk menjadi kawasan rekreasi edukasi.

Lokasi : Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

15. Gurun Pelawan

Daftar Tempat Wisata Paling Hits Di Bangka Belitung - Gurun Pelawan

photo via instagram.com/indonesiaroamers

Satu lagi rekomensasi tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi adalah Gurun Pelawan. Gurun Pelawan adalah gurun yang terbentuk karena adanya aktivitas tambang di pulau Bangka. Bukit dan Gurun Pelawan yang berlokasi di Desa Namang ini akhir-akhir ini menjadi destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Gurun ini menyimpan pemandangan yang eksotis berupa hamparan gurun yang sangat luas serta beberapa danau kecil yang mengelilinginya. Jika Kamu berkunjung ke gurun ini pada waktu siang hari, Kamu akan mendapati sengatan matahari panas khas gurun padang pasir. Sebaiknya Kamu berkunjung di sore hari, karena cuaca di Gurun Pelawan akan lebih teduh. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin hunting spot foto yang instagramable.

Lokasi : Kecamatan Namang, kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Nah itulah 15 tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi. Setiap destinasi memiliki daya tarik wisata sendiri dan sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Jadi, siapkan waktu untuk liburan menyenangkan di Bangka Belitung!.

The post 15 Tempat Wisata Di Bangka Belitung Yang Wajib Kamu Kunjungi appeared first on Blog Unik.