Peristiwa

Telkomsel Gratiskan Telepon dan SMS di Wilayah Bencana Palu-Donggala

Googleberita.com, Jakarta – Telkomsel tengah memulihkan jaringan dan layanan pascagempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Untuk memudahkan komunikasi di wilayah terdampak bencana, Telkomsel memberi paket gratis telepon dan SMS selama 24 jam ke seluruh operator.

Tidak hanya itu, melalui keterangan resmi Telkomsel yang diterima Tekno Googleberita.com, Selasa (2/10/2018), Telkomsel menyebut pihaknya terus memperlancar kegiatan penanggulangan bencana.

Salah satunya dengan memprioritaskan tujuh titik vital bencana, mengerahkan tim siaga bencana TERAA, serta mendirikan posko darurat dan bantuan kemanusiaan.

Cara Mengaktifkan Paket Gratis

Paket gratis telepon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS dengan cara mengetik SULTENG, kirim ke 8999.

Pelanggan akan mendapatkan 50 menit bicara dan 200 SMS gratis ke seluruh operator berlaku selama seminggu.

“Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabari keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri, maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak berkepentingan,” kata GM External Communication Telkomsel Denny Abidin.

Tujuh Titik Vital Komunikasi

Pengendara sepeda motor melewati perahu dan rerntuhan bangunan usai gempa dan tsunami melanda Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Pihak berwenang tengah menyiapkan kuburan massal untuk memakamkan ratusan korban tewas. (JEWEL SAMAD/AFP)

Denny mengatakan, komunikasi SMS dan suara sudah normal. Sementara, layanan 4G yang mulai pulih di beberapa wilayah seperti di Poso, Donggala, Luwuk, Toli-Toli, Buol, Pasangkayu, dan Tondo di Kota Palu.

Adapun Telkomsel memprioritaskan komunikasi lancar di tujuh titik vital bencana seperti kantor pemerintahan, kepolisian, kamp pengungsian, bandar udara, Balaikota pengungsian, posko Basarnas, dan Rumah Sakit.

“Di titik-titik tersebut, kenyamanan layanan komunikasi baik SMS, voice, maupun internet kami pastikan lancar dan terus terjaga,” kata Denny.

Respon Tanggap Bencana Telkomsel

Pandangan udara memperlihatkan sebuah jembatan runtuh usai dilanda gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami Palu dan Donggala menjadi 832. (JEWEL SAMAD/AFP)

Menurut keterangan resmi Telkomsel, dalam waktu kurang dari 24 jam team teknis Telkomsel bergerak cepat memobilisasi genset untuk catuan daya serta memasang mobile BTS.

Telkomsel juga telah mengerahkan tim Siaga Bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk pendirian posko darurat, serta percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.

Tidak hanya itu, Telkomsel bersama authorized dealer (AD) menyerahkan bantuan sosial kemanusiaan berupa kebutuhan logistik bagi korban bencana.

Operator anak usaha Telkom ini juga menyediakan fasilitas komunikasi gratis berupa ponsel dan kartu perdana bagi para relawan dan korban bencana.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of