film kerenhp ponselLifestyle

Tahu Walkman? Inilah Deretan Teknologi Jadul Yang Mulai Punah

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan hampir tiap bulannya, ada saja teknologi baru yang diperkenalkan ke dunia. Teknologi tersebut pun dirancang sangat canggih dan mutakhir. Akibatnya, tak jarang kehadiran produk berteknologi baru ini justru pelan-pelan mematikan produk lama yang sudah banyak digunakan. Yang dianggap ketinggalan zaman dibuang, yang baru dan lebih canggih dirangkul.

Banyak perangkat teknologi zaman dulu alias jadul, termasuk dari tahun 1990-an, kini berada di ambang kepunahan, atau mungkin sudah hilang. Bahkan mungkin generasi Z dan generasi Alpha tidak pernah mengetahui keberadaan teknologi-teknologi yang menjadi sumber kebahagiaan orang-orang pada generasi sebelum mereka.

Nah berikut deretan teknologi jadul yang mulai punah dan tergerus zaman. Let’s check it out guys!

1. Walkman

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via wsj.com

Generasi milenial, pastinya masih ingat dengan walkman. Walkman adalah pemutar audio kaset sebagai pemutar audio secara portabel. Walkman sempat menjadi tren pada sekitar tahun 90-an di Indonesia. Dulu jika ingin mendengarkan musik secara portabel, kamu harus memiliki Walkman. Bisa dibilang, kemunculan walkman merevolusi cara orang mendengarkan musik di tempat umum. Tapi sekarang, jika pergi ke mana-mana dan ingin mendengarkan musik, hanya tinggal perlu mencolok earphone ke smartphone kamu. Hal itulah yang membuat secara perlahan keberadaan walkman mulai punah dan tergerus dengan teknologi yang lebih canggih.

2. Discman

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via buzzfeed.com

Piranti teknologi berikutnya yang mulai punah atau bahkan sudah hilang berikutnya adalah Discman. Discman merupakan perangkat pemutar CD portabel yang diberdayakan oleh baterai dan satu set dengan headphone yang memungkinkan si pemilik mendengarkan musik di mana pun ia berada. Fitur tambahan Discman kala itu selain untuk pemutar CD adalah radio. CD yang digunakan untuk Discman adalah jenis CD-R dan CD-RW.

3. Mesin fax

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via bukalapak.com

Mesin fax merupakan teknologi yang digunakan untuk mengirim suatu berkas fisik baik itu tulisan maupun gambar dengan cara melakukan scan pada berkas tersebut untuk diterima melalui mesin fax tujuan atau printer. Mesin fax ini biasanya digunakan di kantor pos atau di beberapa kantor pemerintahan dan perbankan. Tapi tentunya, mesin fax ini menjadi barang yang terancam punah karena sudah mudah mulai digantikan dengan teknologi yang semakin canggih.

4. Disket/floppy disk

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via mesutcevik.com

Piranti teknologi yang mulai punah bahkan sudah menghilang berikutnya adalah disket atau floppy disk. Disket merupakan salah satu media penyimpanan yang memang sekarang sudah tidak digunakan lagi karena sudah ada hardisk, baik itu hardisk internal maupun eksternal. Daya tampung disket ini kurang lebih hanya mencapai 1,44 MB namun begitu dibutuhkan dimasanya.

5. VHS/VCR

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via bloody-disgusting.com

VCR (Video Cassette Recorder) adalah peralatan elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara/ audio dan gambar/ video dalam suatu kaset pita magnetik yang bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah seperti halnya pita kaset. Secara umum, perekam kaset video (VCR) ini menggunakan pita kaset (tape)dengan 3 macam format: pita format VHS, pita format Betamax, dan pita format V2000. Di antara ketiga macam format ini, jenis format yang paling populer dipakai adalah pita kaset dengan format VHS.

Kata “VHS” mungkin asing di telinga generasi sekarang. VHS merupakan singkatan dari Video Home System. VHS adalah standar perekaman dan pemutaran video dan audio yang dikembangkan oleh Victor Company of Japan, Limited (JVC). VHS dirilis di Eropa dan Asia pada September 1976.

Sebelum penikmat film rumahan tersita perhatiannya pada Netflix, Youtube, dan lain sebagainya, Video Home System sempat menjadi idaman kalangan pecinta film rumahan. VHS menghabiskan hampir 30 tahun sebagai format beken untuk menonton dan merekam film dan acara televisi.Tapi di abad 21, era DVD mulai mengambil alih, VHS pun meredup.

6. Pager

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via jtech.com

Jauh sebelum ada handphone yang memiliki fitur untuk mengirim pesan, pada era 90-an terdapat komunikasi alat bernama pager. Pager merupakan alat komunikasi yang sangat populer di masanya. Piranti ini dapat menerima dan menampilkan pesan numerik atau alfanumerik (huruf, tanda baca, simbol matematika, angka), dan suara melalui jaringan radio. Di Indonesia pager sempat menjadi gadget yang digandrungi kalangan muda pada tahun 1990-an. Kini, perkembangan di dunia teknologi sudah semakin membuat pager terlupakan bahkan hampir tak ada lagi yang menggunakannya.

7. Feature phone/handphone jadul

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via gadgetren.com

Feature Phone atau yang kita kenal dengan sebutan ponsel jadul merupakan jenis ponsel pertama yang ada di dunia yang muncul pada akhir tahun 1990-an. Pada masanya, ponsel jadul ini begitu jaya dan dimiliki oleh hampir semua orang di dunia. Namun, popularitas dari ponsel “tahan banting” mulai memudar karena hadirnya Android atau iPhone yang lebih canggih.

8.Telepon engkol/rotary telephone

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via ebay.com

Pernahkah kamu menggunakan telepon engkol? Telepon yang cara pakainya dengan memutar alat pada telepon untuk menyambung angka. Telepon di zaman dahulu tersebut masih menggunakan kabel dengan tombol nomor berbentuk bundar (rotary dial). Seiring berjalannya waktu, bentuk dan fungsi telepon mengalami perubahan yang signifikan. Saat ini, orang-orang yang menggunakan telepon engkol mungkin bisa dihitung dengan jari atau mungkin kita bisa menemukannya di toko barang antik.

9. Mesin ketik

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via rawpixel.com

Jauh sebelum laptop dan komputer desktop yang canggih menjamur dan memudahkan pekerjaan manusia ketika menulis dokumen, generasi zaman dulu sudah terbiasa melakukannya dengan menggunakan mesin ketik atau biasa disebut mesin tik. Dulunya di kantor pemerintahan, sekolah, kantor swasta, bahkan di rumah-rumah, mesin tik biasa digunakan untuk menunjang pekerjaan agar bisa lebih cepat, rapi, efektif dan efisien. Meski di zaman sekarang masih ada yang memakai mesin ketik jadul, namun mesin ketik merupakan barang langka yang tidak semua orang memilikinya.

10. Telegraf dan telegram

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via bobo.grid.id

Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh, biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Sedangkan telegram adalah pesannya. Seiring berkembangnya teknologi, telegraf mulai ditinggalkan. Dan kini orang-orang telah menggunakan internet dan email sebagai alat komunikasi jarak jauh.

11. Vinyl record/piringan hitam

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via weheartit.com

Piringan hitam adalah perekam suara yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai gramophone record, phonograph record, atau vinyl record, merupakan sebuah media penyimpanan suara analog yang terdiri dari piringan pipih dengan alur spiral tertulis dan termodulasi. Piringan hitam berbentuk pipih dengan warna hitam, berisi rekaman-rekaman suara analog dalam bentuk spiral dan termodulasi (proses pengubahan gelombang pendukung untuk menyampaikan bunyi).

Sebagai media penyimpanan suara musik, kini piringan hitam tergantikan oleh media penyimpanan musik lain yang berevolusi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Bahkan piringan hitam telah menjadi barang langka yang sulit dicari.

12. Radio

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via shopee.co.id

Jaman dulu sebelum televisi menjadi benda wajib yang dimiliki setiap rumah, radio merupakan media hiburan orang-orang untuk mendengarkan informasi hingga lagu-lagu. Radio sendiri merupakan salah satu media yang menyebarkan informasi melalui audio atau suara. Namun di era kecanggihan teknologi ini tampaknya minat masyarakat untuk mendengarkan radio lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena radio hanya memberikan informasi berupa audio saja. Jadi nggak heran kalau saat ini sudah jarang orang menggunakan radio, kecuali radio di mobil ataupun di smarthpone.

13. Kaset tape/kaset pita

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via headtopics.com

Kaset tape alias Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Kaset merupakan salah satu format media yang paling umum digunakan dalam industri musik jaman dulu. Teknologi kaset pita ini sudah lama tersingkir sejak kemunculan layanan streaming musik.

14. Overhead Projektor/OHP

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via flickr.com (marlicekonzen)

Jauh sebelum proyektor LCD yang kalian kenal saat ini, Overhead Projektor atau OHP sudah menjadi alat bantu bagi generasi terdahulu dalam melakukan presentasi. Berbeda dengan proyektor LCD yang menggunakan data atau file, Overhead Proyektor menggunakan gulungan plastik berukuran 9 inchi. OHP ini mampu menampilkan gambar dengan memproyeksikan gambar yang terdapat pada gulungan tersebut. Menggunakan OHP memang agak merepotkan sehingga dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, OHP mulai jarang digunakan dan bahkan mulai punah ditelan zaman.

15. Film gulung/roll film

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via business.visualstories.com

Sekarang semua kamera serba digital dimana mengandalkan kartu memori sehingga ruang simpannya lebih besar dan jika ada hasil foto yang jelek bisa dihapus dan foto ulang. Namun genarasi sebelumnya, untuk menyimpan hasil foto harus menggunakan Film gulung atau roll film. Roll film biasanya digunakan saat mengoperasikan kamera analog. Namun dijaman sekarang roll film sudah mulai sulit ditemukan bahkan bisa dibilang sudah punah.

16. Kamera analog/manual

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via idntimes.com

Sama halnya dengan film gulung, kamera analog juga mulai ditinggalkan diera digital seperti sekarang. Kamera analog sendiri merupakan kamera yang menggunakan media film untuk memotret gambar dan tidak menghasilkan gambar digital. Karena semua serba digital kamera satu ini dianggap merepotkan sehingga mulai ditinggalkan dan tergerus zaman.

17. Gameboy

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via blibli.com

Game Boy merupakan konsol permainan video yang dikembangkan dan diproduksi Nintendo, diedarkan pada tahun 1989. Game Boy sendiri merupakan sistem game tangan kedua Nintendo setelah Game & Watch yang diperkenalkan pada tahun 1980. Pada masanya, kalau sudah memiliki benda yang satu ini rasanya keren sekali, mungkin seperti menggunakan iPhone terbaru dizaman sekarang.

18. Konsol game klasik

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via jalantikus.com

Saat ini konsol game masih menjadi salah satu mesin gaming yang populer di kalangan gamer, di samping PC dan smartphone/tablet yang belakangan mulai ikut bersaing. Namun ada beberapa konsol game klasik yang mulai punah tergerus zaman seperti Atari 2600, Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo Entertainment System (SNES), SEGA Mega Drive hingga Sony PlayStation.

19. Monitor Tabung

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via rh-comp.blogspot.com

Monitor tabung merupakan jenis monitor komputer yang memiliki layar cembung. Monitor ini tergolong lumayan berat dengan ukuran yang cukup besar sehingga cukup merepotkan jika dipindahkan. Keberadaan monitor tabung ini sendiri mulai tergusur oleh monitor LCD. Hanya segelintir orang yang masih menggunakan monitor tabung ini.

20. iPod Nano dan iPod Shuffle

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via detak.co

Siapa yang tidak kenal iPod, pemutar musik ini sempat jadi simbol kemakmuran di kalangan remaja. Bisa dibilang memang tak semua orang bisa membelinya lantaran harga yang terbilang mahal. iPod Nano dan iPod Shuffle yang dulunya menjadi simbol kebanggan fanboy Apple resmi dihentikan produksinya. Pasalnya fungsi kedua perangkat telah bisa digantikan oleh iPhone dan iPod Touch. Alasan lainnya adalah popularitas layanan musik streaming yang semakin dominan membuat media pemutar musik seperti iPod Nano dan iPod Shuffle tidak lagi menjadi favorit.

21. Kamera polaroid

Deretan-Teknologi-Jadul-Yang-Mulai-Punah

photo via gabryne.wordpress.com

Kamera polaroid hadir selama beberapa dekade, dan yang paling diingat tentunya seni mengibaskan foto hingga gambarnya muncul. Kamera Polaroid atau lebih dikenal dengan kamera langsung jadi sendiri merupakan model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan film polacolor. Kini hanya berbekal kamera smartphone, kamu sudah bisa mengambil gambar, tanpa perlu membikin tangan kamu menjadi pegal.

Namun, booming-nya Instagram sekarang ini membuat banyak orang mulai kembali menggunakan beberapa kamera jadul. Salah satunya adalah kamera Polaroid. Kamera satu ini memang memberikan kesan vintage dan foto yang terlihat lawas, lengkap dengan frame putih untuk membingkainya. Kini, Polaroid mengalami reinkarnasi dengan beberapa perubahan yang membuatnya lebih canggih dan kekinian. Salah satunya dengan maraknya penggunaan InstaX Mini dari Fujifilm.

Nah itulah deretan teknologi jadul yang mulai punah dan tergerus zaman. Bagaimana menurut kalian guys? Yang maman nih yang pernah kamu miliki?

The post Tahu Walkman? Inilah Deretan Teknologi Jadul Yang Mulai Punah appeared first on Blog Unik.