Lifestyle

18 Tanaman Hias Outdoor Depan Rumah Yang Mudah Dirawat

Tanaman Hias Outdoor

Menanam tanaman hias otdoor di pekarangan rumah tidak hanya membuat rumah menjadi lebih indah, namun juga membuatnya menjadi lebih asri dan sejuk. Apalagi jika tanaman hias outdoor yang kamu tanam terdiri dari beraneka jenis tanaman hias yang berbeda baik dari segi bentuk, ukuran hingga warna. Ini tentu akan membuat penampilan luar ruangan atau kebun kamu menjadi lebih hidup dan alami. Ada banyak sekali jenis tanaman hias outdoor yang bisa kamu pilih dan dapat disesuaikan dengan selera dan konsep desain taman yang kamu inginkan. Namun dalam memilih tanaman hias outdoor, kamu juga harus memperhatikan cara perawatannya. Tanaman hias outdoor yang mudah dalam cara perawatannya tentu akan cocok buat kamu yang kurang mengerti tentang merawat tanaman. Buat kamu yang masih bingung, berikut 18 jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat. So let’s check it out guys!

18 Tanaman Hias Outdoor

1. Bunga Tabebuya

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via saegarden.com

Tanaman hias outdoor yang bakal membuat rumah kamu tampak indah salah satunya adalah bunga tabebuya. Tabebuya adalah sebuah pohon yang memiliki bunga yang mirip dengan bunga sakura jika dilihat dari kejauhan. Layaknya sakura, bunga tabebuya juga akan memenuhi ranting pohon saat bersemi. Bunganya berbentuk terompet dan paling umum ditemui dengan warna pink. Namun sebenarnya tak hanya pink, tabebuya juga memiliki warna bunga lain yang sangat mencolok dan terang, seperti, kuning, dan juga putih, sangat menarik dipandang mata. Mengingat pohonnya yang bisa tumbuh tinggi, bunga tabebuya cocok ditanam dikebun rumah yang cukup luas atau didepan rumah kamu.

2. Pakis Jepang

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via springhillnursery.com

Tanaman hias berikutnya yang bagus ditanam diluar rumah adalah Pakis Jepang. Seperti yang kita tahu, tumbuhan pakis identik dengan bentuk daun yang berenda dan tumbuh merayap di tanah yang lapang. Namun pakis jepang memiliki perbedaan dari tumbuhan pakis pada umumnya. Pakis jepang terlihat lebih unik karena memiliki warna daun yang cukup unik seperti dicat ungu keperakan (silver). Meski tergolong tanaman hias outdoor yang kecil, namun pakis jepang mampu mempercantik tampilan kebun rumah kamu. Pakis Jepang cocok diletakkan di tempat agak teduh, namun tetap terkena sinar matahari. Pastikan tanahnya dalam kondisi lembap yang konsisten. Jangan sampai tanah dibiarkan kering karena daun pakis Jepang akan kehilangan warnanya menjadi cokelat.

3. Cemara Angin

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via pp-gtr2.blogspot.com

Jenis tanaman hias outdoor berikutnya yang cocok ditanam di wilayah tropis dan tahan terhadap cuaca panas adalah Cemara Angin. Pohon ini dapat mencapai ketinggian hingga 5 meter lebih dengan daun tipis dan lembut mudah bergoyang saat tertiup angin.
Jenis cemara ini bisa digunakan sebagai penghias halaman depan rumah agar terlihat lebih teduh dan menyaring debu dari jalan. Apalagi kalau rumah kamu berada tepat di pinggir jalan besar. Untuk tumbuh subur, tanaman bernama latin Casuarina junghuhniana atau Casuarina equisetifolia ini membutuhkan sinar matahari dan penyiraman teratur.

4. Bunga Geranium (Tapak Dara)

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via shopee.co.id

Bunga Geranium atau sering dikenal dengan nama tapak dara adalah salah satu tanaman hias outdoor yang mampu mempercantik tampilan luar rumah kamu. Tanaman satu ini memiliki warna bunga yang beragam dengan aroma yang wangi. Umumnya, warnya bunganya merah kejinggaan, dengan ujung putih. Jika kebun rumah kamu dipenuhi dengan bunga ini, maka kebun kamu akan terlihat sangat cantik dan indah. Menariknya, bunga geranium juga dapat dijadikan tanaman hias pengusir nyamuk. Tanaman yang satu ini cocok sekali ditanam pada wilayah tropis seperti Indonesia ini, sebab dapat beradaptasi dengan sangat baik dalam cuaca panas.

5. Bambu Kuning Mini

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via naibann.com

Selanjutnya ada bambu kuning mini yang bisa kamu jadikan tanaman hias outdoor yang tepat buat mempercantik tampilan luar rumah kamu. Bambu kuning mini termasuk jenis bambu hias (ornamental bamboo) dengan cabang atau ruas batang berwarna kuning, ukuran batang kecil atau ramping, tidak besar, dan tumbuhnya tidak besar.

Bambu kuning mini bagusnya ditanam berjajar dan berkelompok agar terlihat indah merumpun. Tanaman ini cocok juga dijadikan sebagai tanaman pembatas. Bambu ini bisa tumbuh maksimal hingga tinggi 3 meter aja. Manfaat lainnya dari bambu hias ini adalah sebagai penahan angin dan tentunya pengurang polusi suara dan udara.

6. Canna

Tanamn hias outdoor yang mudah dirawat

photo via abecedazahrady.dama.cz

Tanaman hias outdoor berikutnya yang bisa kamu tanam didepan rumah ataupun di taman belakang rumah adalah canna. Canna merupakan salah satu tanaman hias daun lebar dengan guratan kuning dan hijau yang sangat halus. Tanaman satu ini memiliki bentuk daun yang menyerupai daun pisang namun dengan ukuran yang lebih kecil. Canna juga memiliki bunga berwarna merah, kuning, dan oranye yang mencolok.

Meski berbunga, namun banyak yang menghilangkan tangkai bunganya agar Canna dapat fokus tumbuh di bagian daunnya. Canna sangat cocok ditanam di wilayah tropis karena menyukai cuaca panas dan air.

7. Kaktus Belimbing/Kaktus Koboi

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via tokopedia.com

Kaktus merupakan tanaman hias yang dapat hidup pada area indoor maupun outdoor. Nah salah satu jenis kaktus yang bisa membuat tampilan luar rumah kamu menjadi lebih cantik adalah kaktus belimbing alias kaktus koboi. Memiliki nama latin Cereus peruvianus, kaktus Belimbing sangat menyukai cahaya matahari namun kurang suka banyak air. Kaktus Belimbing bisa tumbuh tinggi mencapai 10 meter dan akan tumbuh bercabang bila titik tunasnya dirusak

8. Bayam Merah (Iresine herbstii)

Tanamn hias outdoor yang mudah dirawat

photo via tropical.theferns.info

Tanaman hias daun bayam merah merupakan anggota famili bayam-bayaman. Berbeda dengan bayam merah sayur, tanaman ini bukan untuk dikonsumsi. Tanaman hias outdoor daun merah ini cocok ditanam sebagai hiasan taman, biasa digunakan sebagai tanaman penutup tanah (ground cover) dan sebagai border atau pagar pendek. Kalau kalian mau menanam bayam ini, kalian harus mamastikan tanaman ini dapat sinar matahari yang cukup, agar daunnya tidak terlihat kusam dan buram. Bayam merah ini sangat mudah dikembangbiakan, mudah ditanam dan cepat tumbuh.

9. Palem Sikas Mini

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via tokopedia.com

Palem Sikas Mini juga merupakan salah satu jenis tanaman hias outdoor yang mampu memberikan kesan asri pada taman kamu. Tanaman palem satu ini memiliki kesan rapih, mewah dan elegan. Daunnya berwarna hijau gelap namun terlihat mengkilat dari kejauhan, panjang daunnya pun bervariasi. Ciri umum inilah yang membuatnya mudah dikenali dikalangan penghobi atau kolektor tanaman hias diseluruh dunia. Meskipun ditanam sendirian, palem sikas ini sudah cukup membuat lingkugan menjadi asri. Pohon palem sikas mini sebenarnya bisa saja tumbuh menjadi pohon besar, tapi itu butuh waktu yang sangat lama, hingga puluhan atau bahkan ratusan tahun.

10. Bunga Kamboja

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

photo via blog.moonvalleynurseries.com

Ingin memiliki rumah dengan nuansa Bali yang eksotis? Coba deh tanam bunga kamboja di taman rumah kamu. Meski bagi sebagian orang bunga kamboja dianggap mistis, namun ternyata bunga kamboja mampu membuat tampilan rumah menjadi lebih indah. Bentuk tanaman hias outdoor ini bisa kecil dan juga besar, dengan daun jarang namun lumayan tebal. Bunganya harum ketika dicium dan sangat khas. Warna bunganyapun bervariasi, mulai dari pink, merah, kuning hingga putih. Cara merawatnyapun sangat mudah, bakan bunga kamboja masih bisa tumbuh subur walau jarang disiram.

11. Paku Tanduk Rusa (Staghorn ferns)

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via koleksi-tanamanhias.blogspot.com

Paku Tanduk Rusa yang memiliki nama ilmiah Staghorn ferns merupakan jenis tanaman hias outdoor yang cara hidupnya menempel pada tanaman lain tapi bukan sebagai parasit. Tanamn hias ini juga dikenal dengan nama Simbar Menjangan. Memiliki bentuk khas bercabang dan menjuntai, mirip seperti tanduk rusa. Tanaman tanduk rusa ini tergolong dalam marga Platycerium. Perawatan tanaman hias outdoor ini sangat mudah, cukup terkena sinar matahari yang cukup dan disiram dengan rutin.

12. Tanaman Aglaonema

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

photo via shopee.co.id

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat selanjutnya adalah tanaman aglaonema. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama Sri Rejeki. Tanaman ini dikenal dengan tanaman hias daun outdoor yang memiliki dua warna pada daunnya yang tentunya menarik dipandang mata. Warna itu perpaduan warna hijau terang dengan hijau gelap, krem dengan hijau dan hijau dengan merah. Tanaman ini masuk ke dalam tanaman yang cepat dan baik tumbuh di tempat tropis sepeti Indonesia ini. Menariknya, sebagian orang menganggap tanaman ini bisa membawa keberuntungan. Tertarik menanam tanaman hias outdoor ini?

13. Bunga Euphorbia

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via jeryanuar.web.id

Selanjutnya ada Bunga Euphorbia. Tanaman yang cantik serta memiliki duri yang cukup banyak pada batangnya ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin mempercantik halaman atau taman rumah kecil kamu. Bunga Euphorbia ini memiliki sekitar dua ribuan spesies dengan aneka warna seperti merah, hijau, ungu, dan cokelat.

Bunga ini masuk ke dalam jenis bunga yang tak suka dengan air yang terlalu banyak. Sinar matahari penuh pun sangat dibutuhkan agar pertumbuhan bunga ini menjadi maksimal. Selain sebagai tanaman hias, bunga Euphorbia ini juga bermanfaat untuk obat herbal. Banyak penyakit yang bisa sembuh dengan bunga yang satu ini, seperti diare, malaria, bahkan hingga hepatitis.

14. Kamboja Jepang (Adenium obesum)

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

photo via dayaternak.com

Kamboja Jepang atau Adenium obesum merupakan salah satu dari jenis tanaman hias yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Kamboja Jepang memiliki bonggol yang lebih besar dan kelebihannya bisa dibentuk sesuai keinginan. Akan tetapi, walaupun tanpa dibentuk bonggol Kamboja Jepang sudah terbilang menarik. Bunga Kamboja Jepang mempunyai warna yang beragam dan tergantung dari jenis adenium tersebut. Selain itu, memiliki motif dan corak yang beragam.

Di Indonesia sendiri Kamboja Jepang sering kita jumpai di pekarangan rumah. Kamboja jepang biasa ditanam di halaman karena bunganya yang dapat mempercantik rumah. Tanaman hias kamboja jepang ini memang cocok hidup di wilayah tropis. Tanaman hias ini memiliki sistem penyimpanan air pada batangnya saat musim kemarau.

15. Bunga Alamanda

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via gardener.id

Ingin memiliki tanaman hias outdoor yang cantik dan terus berbunga tanpa mengenal musim? Maka kamu bisa menanam bunga alamanda. Bunga alamanda dalam bahasa ilmiah Allamanda cathartica merupakan tanaman hias yang juga sering disebut dengan nama terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Tumbuhan dari Brazil ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena bentuk bunganya yang menarik seperti terompet. Memiliki warna yang beragam, namun yang umum di Indonesia adalah wana kuning dan pink. Tanaman satu ini bisa tumbuh rindang dan merambat dengan bunga-bunga yang tumbuh lebat, sehingga cocok ditanam untuk mempercantik rumah.

16. Heliconia

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

photo via ravicristina.kanepee.com

Tanaman hias outdoor selanjutnya yang mampu mempercantik taman rumah kamu adalah Heliconia. Heliconia merupakan tanaman dari keluarga Heliconiaceae. Tanaman heliconia ini mirip seperti pohon pisang. Dimana batang tanaman Heliconia juga berpelepah dan daunnya juga mirip seperti pohon pisang. Jadi nggak heran kalau tanaman Heliconia juga kerap disebut sebagai tanaman pisang-pisangan.

Heliconia memiliki bunga yang cantik sehingga memberikan kesan keindahan tersendiri bagi setiap tempat yang ditanami bunga ini. Heliconia ini merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis. Sementara itu bunga ini bukan hanya bisa dijadikan tanaman hias saja, melainkan juga berfungsi untuk menyerap polusi udara yang ada disekitarnya.

17. Tanaman Pisang Calathea (Calathea lutea)

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor

photo via plantwerkz.blogspot.com

Ngomongin soal tanaman hias outdoor yang mampu membuat tampilan luar rumah menjadi asri, maka Tanaman Pisang Calathea nggak bisa dilupakan. Memiliki nama ilmiah calathea lutea, daun tanaman hias ini sekilas terlihat seperti daun pisang, namun jika kamu perhatikan, bentuknya lebih lebar dan lebih pendek dengan tekstur daun yang lebih terlihat dengan warna hijau yang lebih cerah. Tanaman ini dapat tumbuh dari 1,8 meter sampai 3 meter sehingga cocok untuk menghijaukan pekarangan rumah. Tanaman hias ini ini akan tumbuh di bawah sinar matahari sampai setengah teduh. Tanaman hias dengan daun cantik ini dapat tumbuh dengan baik pada media pot atau pekarangan rumah, di bawah naungan ataupun langsung terkena sinar matahari.

18. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman hias outdoor yang mudah dirawat

photo via surabaya.liputan6.com

Satu lagi tanaman hias outdoor yang bagus ditanam dipekarangan rumah adalah lidah mertua atau Sansevieria. Tanamn hias satu ini sangat efektif sebagai sarana penghijauan sebab punya kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dalam jumlah besar. Disebut dengan lidah mertua karena daunnya yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak, dan hampir menyerupai dedaunan buatan. Bentuknya menyerupai lidah dengan ujung yang tajam mirip lidah para mertua yang kontra dengan menantunya. Jenis Lidah Mertua yang paling umum yakni daun hijau ramping dengan garis horizontal abu-abu atau perak. Tanaman ini dapat tumbuh baik di area yang kurang cahaya.

Itu dia beberpa jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat dan mampu mempercantik area luar rumah kamu, baik didepan rumah maupun di taman rumah. Jadi ingin menanam yang mana nih?

The post 18 Tanaman Hias Outdoor Depan Rumah Yang Mudah Dirawat appeared first on Blog Unik.