Lifestyle

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat

Pada umumnya rumah hanya diisi dengan furniture saja, namun agar membuat suasana rumah lebih cantik tak ada salahnya kamu menambahkan tanaman hias. Pada dasarnya tanaman membutuhkan sinar matahari agar tetap bisa hidup, namun tahukah kamu jika terdapat tanaman hias indoor yang bisa kamu letakkan di dalam rumah. Kamu tidak perlu takut tanaman hias ini mati karena ditaruh di dalam rumah, karena tanaman ini membutuhkan sedikit cahaya matahari. Kamu hanya cukup memberikan sirkulasi udara yang baik dan sesekali diberi air saja. Nah, berikut ini tanaman hias indoor yang bagus dan mudah dirawat untuk mempercantik rumahmu.

1. Tanaman Hias Anthurium

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Anthurium

Photo via shopee.co.id

Anthurium adalah salah satu tanaman hias indoor yang bisa kamu taruh di dalam rumah. Tanaman hias satu ini memiliki daya tarik pada daunnya, dimana bentuk daunnya yang indah, unik dan bervariasi. Pada umumnya daunnya berwarna hijau dengan urat dan tulang daun besar menonjol. Tanaman hias ini juga memiliki dua jenis anthurium daun dan anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunnya yang istimewa. Sedangkan Anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga baik hasil hibrid maupun spesies. Tanaman hias ini tidak sulit merawatnya, kamu hanya perlu menaruhnya di tempat cukup cahaya tapi jangan menyimpannya dibawah matahari langsung.

2. Tanaman Hias Baby Toes

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Baby Toes

Photo via carousell.com

Tanaman hias satu ini merupakan tanaman sekulen dimana tumbuh baik di tanah kering. Tanaman hias ini diberi nama baby toes karena mirip dengan jari kaki bayi. Tanaman hias ini tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung sehingga cocok sebagai penghias ruangan. Baby toes ini juga sebaiknya tidak disiram sering-sering, cukup satu sampai dua kali dalam seminggu.

3. Tanaman Hias Besi Cor (Cast-Iron Plant)

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Besi Cor (Cast-Iron Plant)

Photo via crocus.co.uk

Tanaman satu ini bisa dikatakan cukup populer karena perawatannya tidak sulit. Tanaman hias satu ini cocok untuk rumah yang memiliki banyak pencahayaan karena tanaman ini tahan terhadap berbagai kondisi cahaya.

4. Tanaman Hias Chinese Money

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Chinese Money

Photo via bloomboxclub.com

Tanaman Hias Chinese Money adalah salah satu tanaman hias yang bisa kamu taruh di dalam rumahmu. Tanaman satu ini dikenal dengan daun bundar dan menjadi salah satu tanaman yang sulit didapatkan. Tanaman Hias Chinese Money ini tersebar ke seluruh dunia karena misionaris Nowergia Agnar Espergen menyeteknya pada tahun 1940-an dan membaginya dengan orang-orang yang dicintainya. Sehingga jika kamu ingin memperbanyaknya kamu bisa menyeteknya.

5. Tanaman Hias Cocor Bebek

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Cocor Bebek

Photo via karitani.id

Tanaman Kalanchoe atau cocor bebek adalah tanaman yang sering dipilih untuk menghiasi rumah agar terlihat cantik. Tanaman hias ini bisa kamu taruh di ruangan yang mendapatkan sinar matahari cukup untuk membuatnya bisa berfotosintesis. Untuk merawatnya pun cukup mudah kamu hanya perlu memastikan tanahnya terhidrasi dengan baik, tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.

6. Tanaman Hias Daun Asparagus

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Daun Asparagus

Photo via waitrosegarden.com

Tanamanm hias satu ini memiliki bentuk daun yang kecil namun batangnya memanjang. Tanaman yang bernama daun asparagus ini cocok ditaruh di sudut ruangan untuk mengisi ruang yang kosong. Kamu juga tak perlu khawatir tanaman ini mati karena tanaman hias ini tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Daun asparagus ini juga dapat berfungsi menggantu udara kotor di dalam rumah.

7. Tanaman Hias Echeveria

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Echeveria

Photo via shopee.co.id

Echeveria adalah genus besar tanaman berbunga dalam keluarga Crassulaceae. Tanaman ini juga termasuk salah satu jenis sukulen yang paling sering ditemui di pasaran. Echeveria ini sangat cocok digunakan untuk tanaman hias di dalam ruangan. Selain memiliki bentuk yang cantik, perawatan tanaman ini juga sangat mudah karena ukurannya kecil. Tanaman hias ini juga tidak perlu sering-sering disiram karena tanaman ini akan mati jika tanahnya terlalu basah.

8. Tanaman Hias Jade Plant

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Jade Plant

Photo via robertsonsflowers.com

Tanaman hias satu ini dikatakan dapat berumur panjang dan dikenal karena daunnya yang tebal berbentuk oval. Selain tebal daun ini juga berkilau sehingga dapat membawa kesan asri di dalam rumah. Untuk menjaga daun tanaman hias ini tetap berkilau dan bagus, sesekali kamu bisa mengelap daunnya dengan lembut untuk menghilangkan debu yang menempel. Selain dapat menghilangkan debu ternyata membersihkan daun jade plant ini juga dapat meningkatkan kemampuannya untuk menyerap sinar matahari.

9. Tanaman Hias Kupu-kupu (Oxalis Plant)

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Kupu-kupu (Oxalis Plant)

Photo via liagriffith.com

Tanaman hias kupu-kupu, tanaman ini termasuk ke dalam varietas oxalis. Tanaman hias ini memiliki bentuk yang unik, daunnya berwarna ungu dan berbentuk kupu-kupu. Tak heran tanaman hias satu ini sangat cocok dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Yang menarik lagi dari tanaman ini adalah tanaman ini memiliki sifat fotofilik, dimana bunga dan daunnya terbuka dan tertutup sebagai respons terhadap cahaya.

10. Tanaman Hias Karet

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Karet

Photo via twitter.com/ailahayes

Walaupun tanaman ini berpotensi tumbuh besar, namun tanaman ini bisa menjadi tanaman hias indoor yang menarik. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki daun yang besar dan berwarna cerah. Untuk menjaga tanaman ini tetap berukuran kecil, kamu bisa memangkas cabang dan daunnya secara teratur. Cabang-cabang baru akan tumbuh dari pemangkasan ini jika kamu merawatnya.

11. Tanaman Hias Lidah Buaya

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Lidah Buaya

Photo via bastidores.pt

Lidah buaya termasuk tanaman sekulen yang menyimpan air di dalam batang. Tanaman ini juga sebenarnya sangat menyukai cahaya matahari untuk tumbuh sehat sehingga buat kamu yang ingin menggunakannya untuk menghias di dalam rumah kamu bisa menaruhnya di dekat jendela. Lidah buaya ini juga menjadi salah satu tanaman yang mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air. Selain itu tanaman hias ini juga memiliki bentuk yang unik.

12. Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Lidah Mertua

Photo via lifestyle.okezone.com

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Selain itu, tanaman ini juga memiliki daun keras, tegak dengan ujung meruncing.

13. Tanaman Hias Lithops

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Lithops

Photo via olivrahomedecor.com

Tanaman hias satu ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Lithops ini merupakan gensus tanaman sukulen dalam keluarga tanaman es, Aizoaceae. Tanaman ini juga sering disebut living stone karena tanaman ini sangat mirip dengan kerikil dan batu kecil. Tanaman ini juga mampu bertahan hidup dalam suhu panas dan sedikit air.

14. Tanaman Hias Lucky Bamboo

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Lucky Bamboo

Photo via flavoursguru.com

Lucky Bamboo atau bambu rejeki adalah salah satu tananam hias yang cukup populer. Dimana tanaman hias ini mirip bambu namun berukuran kecil, tanaman ini dijadikan sebagai simbol keberuntungan bagi keluarga dan rumah. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah dan air. Jika kamu memilih untuk menumbuhkannya di air, pastikan kamu mengganti air setiap 7 hingga 10 hari dan gunakan air yang disaring jika memungkinkan. Tapi jika kamu menanamnya di tanah, pastikan untuk menyiram tanaman ini ketika tanahnya terasa kering.

15. Tanaman Hias Peace Lily

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Peace Lily

Photo via bhg.com

Tanaman satu ini sangat cocok digunakan untuk tanaman hias di dalam ruangan. Tanaman hias ini tidak hanya memiliki penampilan yang cantik saja namun juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara. Peace lily ini tumbuh subur dibawah cahaya neon sehingga cocok untuk kamar yang tak terkena sinar matahari dan hanya ada cahaya lampu neon.

16. Tanaman Hias Peperomia

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Peperomia

Photo via thesill.com

Peperomia adalah salah satu tanaman hias yang dapat tumbuh di ruangan yang sempit sehingga tanaman ini cocok untuk menghiasi rak atau meja kecil di dalam rumah. Tanaman hias ini memiliki daun tebal yang dapat menahan air dan memungkinkan tanaman ini untuk bertahan dalam waktu yang cukup lama tanpa hidrasi. Tanaman hias ini juga dapat bertahan hiudp dengan cahya neon tetapi tumbuh paling baik dengan paparan sinar matahari yang tidak langsung.

17. Tanaman Hias Polka dot

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Polka dot

Photo via easytogrowbulbs.com

Hypoestes phyllostachya atau tanaman polka dot adalah spesies tanaman berbunga di keluarga Acanthaceae, asli Afrika Selatan, Madagaskar dan Asia Tenggara. Tanaman ini dipenuhi dengan warna yang akan menceriakan ruangan di dalam rumahmu, tanaman polka dot ini biasanya memiliki daun yang berwarna pink. Selain itu, tanaman ini juga akan tumbuh baik di tempat yang teduh karena jika terlalu banyak paparan sinar matahari langsung daunnya akan berguguran.

18. Tanaman Hias Sirih Gading

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Sirih Gading

Photo via shopee.co.id

Tanaman hias indoor yang bagus selanjutnya adalah tanaman sirih gading. Tanaman merambat ini biasanya sering digunakan untuk mendekorasi rak buku atau dinding polos. Tak hanya cantik sebagai penghias ruangan, tanaman ini juga dapat membersihkan udara sekitarnya.

19. Tanaman Hias Spider Plant

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Spider Plant

Photo via bloomscape.com

Spider Plant adalah tanaman hias yang cocok menghiasi ruanganmu, tanaman ini bisa kamu letakkan di meja atau kamu gantung sebagai hiasan dinding. Namun ada baiknya kamu menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung. Tanaman ini memiliki daun tipis memanjang dan biasanya keluar dari potnya, untuk warnanya sendiri daunnya berwarna hijau mudah keputih-putihan. Buat kamu yang ingin menghis rumah dengan spider plant ada baiknya menamannya lebih dari satu pot agar terkesan lebih hijau dan menarik.

20. Tanaman Hias Tillandsia

Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat - Tanaman Hias Tillandsia

Photo via aliexpress.com

Tillandsia adalah tanaman hias yang mudah dirawat karena tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup. Tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman hias dirumah karena tidak perlu repot-repot menyiapkan pot atau tanah. Tanaman ini bisa kamu simpan di dalam terarium yang dilubangi sehingga tillandsia mendapatkan banyak sirkulasi udara.

Itulah beberapa tanaman hias indoor yang bagus dan mudah dirawat. Tanaman-tanaman hias diatas bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan rumahmu lho.

The post Tanaman Hias Indoor Yang Bagus Dan Mudah Dirawat appeared first on Blog Unik.