Politik

Tambah 4 Orang, Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Kota Mojokerto Jadi 13 Orang

Mojokerto (beritajatim.com) – Peta sebaran Covid-19 di Kota Mojokerto per tanggal 1 Juni 2020 bertambah empat orang, total jumlah pasien positif Covid-19 menjadi 13 orang. Keempatnya merupakan warga Kecamatan Magersari yang berprofesi sebagai penjual buah, swasta, pemilik toko dan tenaga kesehatan (nakes).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya membenarkan, terkait penambahan jumlah pasien positif di Kota Mojokerto tersebut. “Benar, berdasarkan hasil swab ada empat tambahan pasien positif Covid-19 di Kota Mojokerto hari ini,” ungkapnya.

Masih kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto ini, pasien positif 10 yakni seorang perempuan, berinisial K dengan usia 55 tahun. Pasien positif 10 tersebut warga Kecamatan Magersari yang berprofesi sebagai penjual buah di pasar.

Baca Juga:

  • Aneka Gas Industri Dukung Upaya Pemenuhan Kebutuhan Gas Medis Nasional
  • Pasien Positif Covid 19 Banyuwangi Punya Riwayat dari Bali
  • Risma Pastikan Tidak Ada Cluster Covid-19 Baru di Surabaya
  • Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jatim Semprot Desinfektan Ratusan Ojol
  • IAIN Jember Bagikan Penyuci Hama Tangan dan Nasi Kotak

“Hasil rapid test pada tanggal 25 Mei lalu menunjukkan reaktif sehingga pada tanggal 26 Mei langsung dilakukan uji swab. Hasil uji swab keluar hari ini dengan hasil positif. Dalam 14 hari ke belakang, pasien positif 10 tidak ada perjalanan ke luar kota,” katanya.

Sementara pasien positif 11 merupakan seorang laki-laki dengan inisial T, usia 38 tahun yang berprofesi wiraswasta. Pasien positif 11 sama dengan pasien positif 10, warga Kecamatan Magersari dan menjalani rapid test pada tanggal 25 Mei lalu yang menunjukkan hasil reaktif sehingga pada tanggal 26 Mei langsung dilakukan uji swab.

“Hasil uji swab keluar hari ini, dengan hasil positif. Untuk pasien positif 12 yakni seorang ibu rumah tangga, inisial NY, usia 32 tahun yang memiliki toko sembako dan merupakan warga Kecamatan Magersari. Sama dengan pasien positif 10 dan 11, pasien positif 12 juga menjalani rapid test pada 25 Mei lalu,” tuturnya.

Lantaran hasilnya reaktif sehingga tanggal 26 Mei 2020 dilakukan uji swab dan hasilnya keluar hari ini. Gaguk menjelaskan jika hasil swab pasien positif 12 yakni positif terpapar Covid-19. Sementara pasien positif 13 merupakan seorang laki-laki warga Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

“Pasien positif 13 yakni laki-laki, inisial Y, usia 37 yang merupakan tenaga kesehatan. Rapid test yang dilakukan tanggal 25 Mei tersebut menunjukkan reaktif sehingga tanggal 26 Mei dilakukan uji swab dan hasilnyak keluar hari ini, positif,” tegasnya.

Gaguk menambahkan, ke empat pasien positif tersebut saat ini menjalani isolasi di Rumah Observasi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Cinde, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Hingga saat ini, di Rumah Observasi Rusunawa Cinde merawat delapan pasien positif Covid-19.

Peta sebaran Covid-19 di Kota Mojokerto per tanggal 1 Mei 2020, jumlah pasien positif sebanyak 13 orang. Dari sembilan pasien positif Covid-19, dua diantaranya dinyatakan sembuh dan 11 lainnya masih menjalani perawatan. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada tambahan, yakni sebanyak 11 orang, empat diantaranya meninggal namun tidak terkonfirmasi positif Covid-19.

Lima lainnya selesai pengawasan dan hanya dua masih dalam pengawasan. Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah tiga orang sehingga total 474 orang, 373 orang diantaranya selesai pemantauan sehingga menyisakan 101 orang. Sedangkan Orang Dengan Resiko (ODR) bertambah 13 orang sehingga total ODR di Kota Mojokerto sebanyak 3.042 orang.[tin/kun]