Politik

Tahun Ini, Kabupaten Mojokerto Realisasikan TPA Baru

googleberita

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto akan membangun satu lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pembangunan TPA dengan luas 4,2 hektar di Desa Karangdieng, Kecamatan Kutorejo tersebut dinilai karena sudah mendesak untuk keperluan pengolahan sampah.

Sehingga di tahun 2020 ini, Pemkab Mojokerto akan membangun TPA di bekas galian C yang sudah dibeli di tahun 2019 lalu. Diharapkan, dengan adanya satu lagi TPA untuk pengolahan sampah di lima kecamatan yang ada di sekitarnya tersebut diharapkan bisa memaksimalkan pengolahan sampah di Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga:

  • Berpotensi Terseret Kasus Korupsi, Kadisperta Kabupaten Mojokerto Mengundurkan Diri
  • Kejari: Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Tersangka
  • Satpol PP Kabupaten Mojokerto Musnahkan 2.496 Botol Miras dan 6.545 Reklame
  • 25 Bidan di Kabupaten Mojokerto Terima SK CPNS 2019
  • Di Kabupaten Mojokerto, 385 Pasukan Kuning Rayakan Adipura 2018

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin mengatakan, pembangunan TPA di Desa Karangdieng tersebut akan direalisasikan pada tahun ini. “Tanah bekas galian C di Desa Karangdieng menjadi lokasi TPA baru. TPA ini akan seluas 4,2 hektar,” ungkapnya, Sabtu (25/1/2020).

Lokasi TPA baru akan menempati lahan di bekas tambang galian C di wilayah Desa Karangdiyeng, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Hasil kajian dari tim DLH, lokasi tersebut dinilai cocok memenuhi kriteria untuk dibangun TPA. bekas galian tambang pasir memiliki kontur tanah yang dianggap cocok untuk tempat pengolahan sampah.

“Selain itu, lokasi tidak berada di tengah pemukiman atau jauh dari pemukiman. Saat ini, masih dalam proses lelang proyek. Kalau bisa tender cepat, mungkin dua bulan ke depan bisa dimulai pembangunannya antara Maret atau April. Untuk dana pembangunannya, TPA menggunakan dana ABPD 2020,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Kabupaten Mojokerto memiliki 18 kecamatan. Namun Pemkab Mojokerto hanya memiliki satu TPA. TPA tersebut berada di Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.[tin/kun]