Teknologi

Smartphone Bisa Jadi Pengganti Kunci Mobil

Penggunaan smartphone semakin hari semakin canggih. Selain juga berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone disebut juga akan bisa berfungsi sebagai kunci mobil.

Smartphone Bisa Jadi Pengganti Kunci Mobil

Google Berita – Penggunaan smartphone semakin hari semakin canggih. Selain juga berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone disebut juga akan bisa berfungsi sebagai kunci mobil.

Inisiatif ini digagas oleh perusahaan bernama Car Connectivity Consortium (CCC). Beberapa waktu lalu perusahaan ini memperkenalkan standar baru pada Digital Key.

Dengan memanfaatkan NFC (Near Field Communication) yang ada pada smartphone, pengguna smartphone bisa memanfaatkan handset-nya sebagai kunci membuka mobil. Ini dirasa berguna bilamana pengemudi kehilangan kunci mobilnya.

Tak cuma untuk membuka pintu, dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (22/6/2018), kunci digital ini juga bisa dipakai untuk menyalakan mesin kendaraan. Dalam versi 1.0, memungkinkan informasi Digital Key bisa ditransfer secara aman oleh pengemudi lewat smartphone untuk digunakan pada kendaraan apapun.

NFC sendiri diklaim aman karena hanya memiliki jarak sinyal yang pendek. CCC pun menjanjikan keamanan yang lebih canggih untuk mencegah adanya akses ilegal yang masuk.

CCC sendiri saat ini tengah menggarap versi 2.0, yang akan dirilis kuartal pertama 2019. Rilisan ini akam memungkinkan beragam perangkat pintar dan kendaraan untuk saling terintegrasi. (jsn/asj)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of