Politik

SKCK Diburu Bacakades, Polisi Siapkan Tambahan Personil Pelayanan








Probolinggo (beritajatim.com) – Tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo yang diikuti oleh 253 desa dimulai pada Kamis 28 Oktober hingga 9 November 2021. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para bacakades atau bakal calon kepala desa, salah satunya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Untuk mengantisipasi membludaknya para pemohon SKCK yang akan dijadikan sebagai persyaratan menjadi calon kepala desa, Polres Probolinggo akan menambahkan personel dalam pelayanan pembuatan SKCK tersebut.

Baca Juga:

  • Dirsamapta Polda Jatim Pantau Langsung Pilkades Lanjutan Juruan Laok Sumenep
  • Pandemi Covid-19, Kades Terpilih Akan Dilantik Melalui Video Conference
  • Jaga Kondusifitas, Ini Pesan Kapolres Malang Jelang Pilkades Serentak
  • Bupati Ipong Panggil Cakades 01 dan Cakades 02, Senin Diputuskan

“Terkait rentang waktu pendaftaran Pilkades ini cukup singkat, dimana salah satu syaratnya adalah mendapatkan SKCK, kami dari Polres Probolinggo sudah mengantisipasi dengan cara menambahkan personel yang melakukan penerbitan SKCK,” ujar Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kamis (28/10/2021).

Selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan polsek jajaran, dalam hal pengumpulan dan pengecekan data pemohon SKCK, “Sehingga SKCK-nya bisa keluar sesuai dengan waktu yang mereka butuhkan dan hasilnya juga tidak mengurangi kualitas,” katanya.

Terkait dengan jam pelayanan, Kapolres menyebutkan pihaknya akan memperpanjang jam pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan SKCK. “Manakala memang jumlahnya cukup banyak, kita akan memperlama terkait jam pelayanan kami, sehingga masyarakat segera terlayani,” sebutnya.

Diketahui, Pilkades serentak tahap II diikuti oleh 253 desa di Kabupaten Probolinggo akan dilaksanakan pada 17 Februari 2022, yang tahapan pelaksanaannya dimulai sejak Kamis 28 Oktober 2021. [tr/suf]










The post SKCK Diburu Bacakades, Polisi Siapkan Tambahan Personil Pelayanan first appeared on beritajatim.com.