Lifestyle

Viral! Kondisi Memprihatinkan Singa di Kebun Binatang Sudan Yang Sangat Kurus

Singa merupakan hewan yang gagah, terlihat garang dan menakutkan, nggak heran kalau singa disebut sebagai sang raja hutan. Namun hal tersebut sangat bertolak belakang ketika kita melihat kondisi lima ekor singa yang ada di salah satu kebun binatang di Sudan. Tak bisa hanya disebut khurus saja, namun ke lima singa tersebut bahkan hanya tersisa tulang dan kulit saja, kekurangan gizi dan terlihat sangat memprihatinkan.

Sejumlah potret singa kurus kering tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Osman Salih. Lewat postingan di akun Facebooknya, ia meminta bantuan masyarakat dan sejumlah lembaga untuk membantu menyelamatkan hewan-hewan dilindungi yang kondisinya sangat menyedihkan tersebut.

Dikutip dari Liputan6.com, kelima singa tersebut merupakan penghuni kebun binatang Al-Qureshi di Khartoum, ibu kota Sudan. Singa-singa tersebut sangat kurus bahkan tulang mereka begitu terlihat dipermukaan kulit.

Singa-Di-Kebun-Binatang-Sudan-Sangat-Kurus-Dan-Kekurangan-Gizi

photo via news.yahoo.com

Dikutip dari BBC.com, satu dari lima singa diikat dan diinfus karena dehidrasi. Bahkan ada seekor singa betina yang tak mampu bertahan dan mati karena dehidrasi dan kelaparan.

Singa-Di-Kebun-Binatang-Sudan-Sangat-Kurus-Dan-Kekurangan-Gizi

photo via facebook.com/0smanSalih

Kondisi memprihatinkan singa-singa tersebut ternyata disebabkan karena Sudan tengah mengalami krisis ekonomi dipicu oleh meningkatnya harga makanan dan kekurangan devisa, sehingga turut berpengaruh pada pemeliharaan bonbin atau kebun binatang dan taman sejenis di sejumlah wilayah. Osman pun menegaskan bahwa dia dan kawan-kawannya siap membantu pihak taman sesuai dengan prosedur.

Singa-Di-Kebun-Binatang-Sudan-Sangat-Kurus-Dan-Kekurangan-Gizi

photo via facebook.com/0smanSalih

Osman juga sudah berkonsultasi dengan sejumlah pakar hewan liar tentang cara merawat singa. Mereka sekaligus berinisiatif membuat kampanye online untuk mengumpulkan donasi, yang tidak hanya digunakan untuk perawatan kelima singa kurus tapi juga demi menunjang makanan serta kebersihan kandang.

Pihak kebun binatang sendiri mengaku kalau singa-singanya itu memang sakit dan mereka juga dalam kesulitan. Seringkali pihak pengelola kebun binatang patungan untuk membeli makanan singa. tapi dalam beberapa minggu terakhir kondisi hewan ini menurun drastis sehingga kehilangan berat badan mereka.

Singa-Di-Kebun-Binatang-Sudan-Sangat-Kurus-Dan-Kekurangan-Gizi

photo via facebook.com/0smanSalih

Dikutip dari Liputan6.com, setelah potret singa itu menjadi viral, banyak pihak berwenang menaruh perhatian penuh. Osman Salih yang mengunggah kabar tersebut mengatakan sejumlah donor bahkan mengirimkan banyak daging segar untuk bahan makanan singa. Ada pula kiriman dua domba. Sejumlah pabrik dan rumah pemotongan hewan juga memastikan akan mengirim daging secara reguler ke kebun binatang itu.

Setelah kabar memprihatinkan dari singa-singa tersebut viral, organisasi internasional bernama FOUR PAWS International akhirnya turun tangan akan merehabilitasi semua hewan, tidak hanya hewan di Taman Qurashi tapi juga diseluruh taman di Sudan, seperti yang dikutip dari Detik.com.

Dan berikut bisa kita saksikan video kondisi singa yang kurus dan memprihatikankan ketika diberikan makan.

The post Viral! Kondisi Memprihatinkan Singa di Kebun Binatang Sudan Yang Sangat Kurus appeared first on Blog Unik.