Lifestyle

Sikap, Mental Dan Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seseorang Yang Ingin Sukses

Sukses

Siapa sih yang nggak ingin jadi orang sukses? Tentu setiap orang ingin meraih kesuksesannya sendiri. Sukses bukan berarti punya harta berlimpah dan kedudukan yang tinggi, tetapi sukses juga berarti kamu menjadi ahli atau yang terbaik dengan apa yang kamu lakukan.

Kesuksesan untuk setiap orang memiliki definisi yang berbeda. Ada yang ingin sukses dalam karir, ada yang ingin sukses dalam finansial, hingga ada yang ingin sukses dalam meraih impiannya dan menjadi yang terbaik dibidangnya.

Akan tetapi dari setiap orang yang sukses di bidangnya, mereka memiliki karakter yang serupa. Dibutuhkan kerja keras, kebiasaan serta waktu untuk menuju kesuksesan. Sehingga kesuksesan bukanlah hal yang dapat dicapai dalam 1 malam. Hal inilah yang membuat tak semua orang bisa menjadi orang sukses. Hanya mereka yang memiliki sikap mental dan karakter seperti berikut yang bisa menjadi orang sukses! Kira-kira sikap, mental dan karakter seperti apa saja yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses? Berikut ulasannya!

Sikap,-Mental-Dan-Karakter-Yang-Harus-Dimiliki-Oleh-Seseorang-Yang-Ingin-Sukses

photo via prgilsonmedeiros.blogspot.com

1. Optimis

Untuk menjadi orang yang sukses, optimis adalah sikap yang harus dimiliki. Optimisme adalah paham keyakinan atas segala sesuatu dari segi yang baik dan menyenangkan dan sikap selalu mempunyai harapan baik dan bersemangat dalam melakukan sesuatu. Jika kamu memiliki sikap yang optimis, maka kamu tidak akan terganggu dan terpengaruh dengan kata-kata orang lain yang meragukan usahamu. Dengan sikap optimis kamu akan yakin dan selalu bersemangat bahwa apa yang kamu lakukan akan memperoleh kesuksesan.

2. Disiplin Tinggi

Sikap selanjutnya yang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin sukses adalah disiplin yang tinggi. Secara umum, pengertian disiplin adalah suatu bentuk tindakan mematuhi dan melakukan sesuatu sesuai dengan nilai-nilai dan aturan yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Nah jika kamu telah merencanakan tahapan-tahapan agar menjadi sukses, maka kamu harus mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah kamu tetapkan untuk meraih kesuksesan. Meskipun tidak mudah, namun kamu harus bisa menerapkannya pada diri sendiri dengan cara apapun, karena disiplin adalah kunci kesuksesan.

3. Konsisten

Kesuksesan sangat melekat pada kata konsisten. Jadi kalau kamu ingin sukses, kamu harus belajar menjadi orang yang memiliki sikap konsisten. Konsisten sendiri bermakna tidak dapat berubah-rubah, taat asas, komit, teguh pendirian dan tidak plin-plan. Konsisten juga merupakan kebulatan tekad untuk tetap terus menjalankan usaha dengan menghadapi berbagai rintangan yang ada di masa kini dan nanti.

4. Berkomitmen

Komitmen erat hubungannya dengan konsisten. Komitmen adalah bagian dari karakter dasar, prinsip dari bagaimana kita menjalani hidup, pekerjaan, dan keluarga. Bisa dibilang komitmen tersebut adalah bentuk konsisten dalam jangka panjang. Jika ingin menjadi pribadi yang sukses maka konsisten jangka panjang tersebut harus dimiliki. Dan biasanya mereka yang memiliki komitmen yang kuatlah yang akan mendapatkan tujuan besar yang diinginkan.

5. Integritas

Integritas adalah bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya. Secara sederhana, integritas menunjukkan keteguhan sikap, menyatunya perbuatan dan nilai-nilai moral yang dianut oleh seseorang. Orang yang memiliki integritas tidak akan tergoyahkan oleh godaan untuk mengkhianati nilai-nilai moral yang diyakini. Sehingga integritas sangat dibutuhkan untuk mereka yang ingin menjadi orang sukses.

Sikap,-Mental-Dan-Karakter-Yang-Harus-Dimiliki-Oleh-Seseorang-Yang-Ingin-Sukses

photo via harveker.com

6. Terbuka pada Kritik

Untuk menjadi orang sukses, kamu harus menjadi pribadi yang terbuka terhadap kritikan. Tidak ada manusia yang sempurna, maka dari itu, kamu perlu berani terbuka dan menerima kritikan dari orang lain. Kritik yang diberikan orang lain bisa kamu jadikan cermin untuk semakin memperbaiki diri. Dengan begitu, kamu akan terus berkembang menjadi orang yang sukses.

7. Open Minded (Berpikiran terbuka)

Tak hanya harus menjadi orang yang terbuka pada kritikan, tapi kamu juga harus menjadi orang yang Open Minded jika ingin menjadi orang yang sukses. Orang open minded lebih mau menerima perubahan dan hal-hal baru. Open Minded (pikiran terbuka) sendiri adalah ketika ksmu tahu bahwa kamu benar, tetapi kamu juga tahu kalau kamu bisa saja salah dan mau untuk mendengar opini atau sudut pandang orang lain yang berbeda maupun yang tidak sesuai dengan pemikiran kamu. Dengan menjadi pribadi dengan pikiran yang terbuka, maka kamu akan lebih mudah dalam mencapai kesuksesan.

8. Niat dan Tekad Kuat

Sebenarnya, hal pertama yang harus kamu miliki untuk menjadi orang yang sukses adalah niat dan tekad yang kuat. Dengan memiliki niat dan tekad kuat sejak awal, kamu akan bisa melewati semua tantangan yang berat dengan lancar. Berbeda jika niat kamu dari awal masih setengah-setengah bahkan masih ragu-ragu, maka hasil yang kamu dapatkan juga tidak akan maksimal dan kamu akan jauh dari kesuksesan yang kamu harapkan.

9. Memiliki Kemauan Keras

Untuk menjadi orang yang sukses, hambatan, rintangan, tantangan, dan masalah seolah menjadi hal biasa yang ditemui dalam proses mencapai kesuksesan. Dengan memiliki mental dan karakter, serta kemauan yang keras untuk bisa sukses, seorang akan bisa melewati semua itu dengan lancar.

10. Mau Bekerja Keras

Hal selanjutnya yang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin sukses dibidangnya adalah kerja keras. Tidak ada jalan yang mudah untuk mencapai kesuksesan. Kamu perlu bekerja keras dan memelihara semangat di dalam diri agar tetap bertahan sampai di tujuan puncak. Ingat guys, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Sikap,-Mental-Dan-Karakter-Yang-Harus-Dimiliki-Oleh-Seseorang-Yang-Ingin-Sukses

photo via fearlessmotivation.com

11. Ambisius

Ambisius menjadi salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin mencapai kesuksesan dibidangnya. Ambisius sendiri bisa diartikan sebagai orang yang mempunyai sikap yang menggebu-gebu dan sangat bersemangat dalam mencapai sesuatu. Meskipun sering dikaitkan dengan hal negatif, namun sebenarnya ambisius adalah sebuah hal yang baik, lho! Tanpa sadar, Jika seseorang memiliki ambisi dalam melakukan sesuatu, maka ia telah mempunyai penggerak bagi diri untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin diraih dalam hidup. Tanpa ambisi, manusia tidak mampu bersemangat untuk melakukan apapun, apalagi untuk mencapai kesuksesan.

12. Memiliki Passion

Jika kamu ingin sukses dibidangmu maka kamu harus benar-benar memiliki passion yang sesuai dengan bidangmu. Passion sendiri adalah sesuatu yang tidak pernah kita bosan untuk melakukannya. Dimana kita akan mengorbankan segala hal untuk mencapai hal itu. Sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar seseorang.

Ketika melakukan hal yang sesuai dengan passion-nya, seseorang tidak akan malas untuk menghadapi segala tantangan yang bermunculan ketika proses mencapai kesuksesan. Jika mengalami masa-masa sulit, orang yang menjalani passion-nya, tidak akan mudah menyerah karena dirinya mencintai apa yang
menjadi bidangnya.

13. Selalu berpikir positif

Untuk menjadi orang sukses selanjutnya kamu harus selalu berpikir positif. Lihatlah segala sesuatunya dari sisi positifnya. Berpikir positif sendiri merupakan suatu cara berpikir yang menekankan pada hal-hal yang positif, baik terhadap diri sendiri, orang lain dan keadaan yang di alami. Bagi pemikir positif dalam melihat suatu masalah yang di hadapi, mereka akan mengganggap dengan polos, sehingga tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah putus asa oleh berbagai tantangan ataupun hambatan yang dihadapi nya dalam mencapai kesuksesan.

14. Percaya Kemampuan Diri

Percaya terhadap kemampuan diri sendiri sangat diperlukan dalam mencapai kesuksesan. Seseorang yang percaya dengan kemampuan dirinya sendiri akan lebih bisa mengendalikan keraguan dan kegelisahan dalam menjalankan bisnis. Pasalnya dengan kepercayaan diri yang tinggi, kamu akan bisa meraih kesuksesan yang kamu inginkan. Perlu kamu ketahui guys, Percaya diri itu adalah cerminan seseorang yang sukses.

15. Berani Mengambil Risiko

Berani mengambil resiko adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh orang yang ingin sukses, terutama sukses dibidang bisnis. Berani mengambil resiko sendiri adalah salah satu kunci dalam memulai usaha, karena dalam komponen ini banyak sekali item yang mengikutinya, yaitu berani rugi, berani mengambil keputusan, berani menghadapi masalah, serta berani untuk bangkrut. Keputusan untuk berani mengambil risiko ini menjadi salah satu mental dan karakter seorang entrepreneur, jika terjadi risiko kerugian itu sudah biasa dalam bisnis, tugas kamu adalah bagaimana kesalahan itu tidak terulang kembali.

Sikap,-Mental-Dan-Karakter-Yang-Harus-Dimiliki-Oleh-Seseorang-Yang-Ingin-Sukses

photo via bemotivator.com

16. Pantang Menyerah

Untuk menjadi orang sukses sangat penting untuk memiliki sikap pantang menyerah. Pasalnya sikap satu ini akan membantu kamu tetap bersemangat dan tetap berjuang mencapai suatu tujuan meskipun kerap mengalami kegagalan yang menghambat jalanmu dalam mencapai kesuksesan. Sikap pantang menyerah akan membuat kamu bangkit dari keterpurukan dan membuat kamu bersemangat kembali dalam meraih kesuksesan.

17. Kreatif dan Inovatif

Kreatif adalah suatu sifat untuk mencari hal-hal yang baru dan inovatif adalah sifat yang selalu mencari solusi kreatif. Sehingga kreatif dan inovatif ini merupakan paket lengkap yang harus dimiliki jika ingin sukses dibidang yang kamu inginkan terutama di bidang bisnis.

18. Tidak Cepat Puas

Karakter yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses berikutnya adalah tidak cepat puas terhadap prestasi yang sudah diraih. Dalam perjalanan mencapai kesuksesan, mungkin kamu akan berhasil mencapai target-target yang kamu patok. Misalnya saja berhasil memperoleh nilai tertinggi saat ujian, berhasil memenuhi target penjualan, berhasil naik jabatan ataupun memenangkan sebuah kompetisi.

Keberhasilan-keberhasilan tersebut tidak seharusnya membuat kamu cepat puas. Ketika kamu cepat puas, kamu akan merasa aman dan nyaman, sehingga merasa tidak perlu meraih hal yang lainnya. Padahal zona aman ini merupakan sebuah jebakan yang membuat kamu lupa bahwa kamu tidak boleh merasa cepat puas. Cepat puas tidak akan membuat kamu lebih berkembang, dan lama-kelamaan, keahlian kamu akan dikalahkan dengan orang-orang yang selalu ingin belajar dan tidak cepat puas dalam sesuatu hal.

19. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Seseorang yang sukses adalah seseorang yang tetap mau belajar meskipun dirinya telah menyadang gelar profesor sekalipun. Membaca buku, memperluas koneksi, mengikuti pelatihan hanyalah sebagian dari rutinitas seorang yang sukses. Mereka tidak pernah berhenti belajar dan semakin banyak yang mereka ketahui, maka semakin banyak pula pengalaman yang mereka dapatkan. Mereka pun tidak ragu untuk mencoba hal-hal yang baru dan tidak takut untuk gagal.

20. Mampu Mengendalikan Ego

Untuk menjadi orang sukses, terkadang dibutuhkan kerjasama dari orang lain. Namun dalam kerjasama tersebut, orang yang ingin sukses dituntut untuk mampu mengendalikan ego. Jangan sampai dalam kerjasama tersebut, kamu selalu ingin menang sendiri. Jangan mempertahankan keyakinan sendiri tanpa memandang orang-orang yang bekerja sama denganmu untuk mencapai kesuksesan. Kamu perlu menurunkan ego untuk memberikan yang terbaik dalam proses mencapai kesuksesan.

Sikap,-Mental-Dan-Karakter-Yang-Harus-Dimiliki-Oleh-Seseorang-Yang-Ingin-Sukses

photo via knowyourmeme.com

21. Cerdas Secara Emosional

Emosional merupakan gabungan antara dua jenis keahlian, yaitu sosial dan personal. Dua komponen inilah yang mampu membawa individu meraih sukses dalam hidupnya. Pasalnya orang cerdas secara emosional mampu bersikap positif atas situasi yang dihadapinya saat ini. Apabila terjadi perselisihan antara dirinya dan orang lain, ia cenderung memahami situasi tersebut dan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan perselisihan tersebut. Dengan begitu, ia lebih mampu membangun hubungan baik dengan orang lain karena sikap positif yang dimilikinya. Kecerdasan emosional membuat seseorang lebih mampu mengontrol tingkat emosi dalam dirinya. Ketika semua orang panik, ia malah berusaha untuk tenang. Ketenangannya tersebut merupakan aksi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Mereka tidak merasa takut untuk mengambil keputusan dan selalu mengikuti kata hatinya atas situasi yang dihadapi.

22. Teliti dan Memiliki Persiapan

Untuk menjadi orang yang sukses, seseorang dituntut untuk memiliki sikap ketilitian terhadap sesuatu yang akan dikerjakan. Mereka meninjau kembali segala sesuatunya dengan teliti, misalya sebelum memutuskan untuk berinvestasi mereka telah mencari informasi serta kelebihan dan kekurangan dari produk investasi tersebut. Mereka tidak akan membiarkan ada kesalahan barang sedikitpun dalam proses mencapai kesuksesannya.

23. Jujur

Tahukah kamu bahwa ternyata kejujuran termasuk salah satu kunci dari kesuksesan dalam segala hal baik itu bisnis,dan yang lainnya. kejujuran juga adalah kunci memperbaiki diri dari kehancuran dimasa depan. Kejujuran ini haruslah menjadi dasar terutama dalam lingkungan bisnis. Jika tidak, maka bisnis dapat dipastikan tidak akan bertahan lama. Dengan adanya kejujuran di dalam bisnis, maka semua pihak tidak akan dirugikan.

24. Ikhlas dan Bersyukur

Sikap mental dan karakter yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses berikutnya adalah ikhlas dan bersyukur. Apapun dan berapapun yang diperoleh dari hasil kerja keras selama ini, seseorang yang sukses akan belajar ikhlas dan bersyukur dengan hasil tersebut. Jika mengalami kegagalan, ia akan menerima dengan ikhlas kegagalan tersebut. Jika hasilnya sedikit merekapun akan bersyukur dan kembali bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

25. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab juga menjadi salah satu sikap yang harus dimiliki oleh orang yang ingin sukses. Kebanyakan orang sukses mempunyai kebiasaan bekerja untuk dirinya sendiri. Ini berarti tidak peduli siapapun atasannya, gaji yang didapatkan atau lingkungan tempatnya bekerja, mereka harus bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Tidak peduli apa yang dilakukan oleh diri kita sendiri, namun keberhasilan dan kegagalan adalah tanggung jawab diri kita sendiri bukan orang lain

Nah itulah beberapa sikap mental dan karakter yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses dibidangnya. Bagaimana menurut kalian guys? Sikap mental dan karakter mana nih yang sudah melekat didiri kamu?

The post Sikap, Mental Dan Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seseorang Yang Ingin Sukses appeared first on Blog Unik.