Peristiwa

Selamat! 215.779 Peserta Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenag

Googleberita.com, Jakarta – Hasil puncak pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 dijadwalkan tayang pada Minggu pukul 19.00. Namun, Kementerian Agama (Kemenag) adalah salah satu instansi yang belum mengumumkan hasil seleksi administrasi.

Berdasarkan informasi yang diterima Googleberita.com, sudah ada 215.779 peserta yang lolos tes administrasi. Sementara, sejauh ini, terdapat 23.662 orang yang tidak lolos dan 25.532 orang yang masih diproses di tahap verifikasi.

“Kemenag itu yang submit 265 ribuan. Yang belum verifikasi tinggal 25.532. Tinggal sedikit lagi, paling hari ini kelar. Yang memenuhi (persyaratan administrasi) ada 215.779, dan yang tidak memenuhi ada 23.662,” terang Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada Googleberita.com.

Menurut pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN), hal itu dikarenakan Kemenag turut mengandalkan kantor wilayah di masing-masing provinsi, sehingga alurnya panjang.

“Seperti Kementerian Hukum dan HAM, itu mereka (Kementerian Agama) juga mengandalkan kantor wilayah di masing-masing provinsi,” ucap Ridwan. Jumlah peserta yang lolos administrasi CPNS Kemenag juga tercatat lebih tinggi dari Kemenkumham yang hanya di kisaran 70 ribu peserta.

Lebih lanjut, Ridwan memberi himbauan agar Kemenag segera menyelesaikan perhitungannya. Ia juga optimistis bahwa perhitungan untuk Kemenag akan selesai hari ini, dengan catatan kualitas verifikasi CPNS Kemenag harus tetap dikedepankan.

“Kami menghimbau supaya selesai diselesaikan proses verifikasinya tanpa mengabaikan ketelitian akan hasil pekerjaan,” tegas Ridwan.

CAT BKN Pastikan Proses Rekrutmen Konsisten dan Kredibel

Kenapa harus daftar CPNS 2018? Ya, kenapa nggak? (Ilustrasi: Googleberita.com)

Bersiap memfasilitasi rekrutmen CPNS 2018, Tim CAT BKN berkomitmen untuk terus menjaga konsistensi dan kredibilitas sistem dalam memberikan pelayanan terbaik.

Komitmen tersebut di antaranya berupa pembentukan metode seleksi yang bersih dan terpercaya. Hal itu ditegaskan oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

“Komitmen tersebut harus senantiasa dijaga dan ditingkatkan. Hal itu mengingat apresiasi dan kepercayaan publik terhadap CAT BKN yang kini juga terus meningkat,” ujarnya, seperti dikutip dari laman BKN. 

Selanjutnya, Bima meyakini bahwa kesuksesan penerimaan CPNS 2018 ini merupakan bentuk kontribusi BKN untuk negara.

“Dari proses penerimaan CPNS ini menghasilkan Calon PNS yang 20 tahun mendatang akan menggerakkan roda Pemerintahan Indonesia. Ada andil BKN dalam hal ini. Oleh sebab itu, menjadi tanggung jawab kita untuk menghasilkan abdi negara yang tepat dan cepat untuk membangun negara ini,” tukasnya.

Bima menegaskan kembali bahwa rekrutmen CPNS 2018 merupakan pekerjaan besar. Sehingga menurutnya perlu dipersiapkan secara matang dalam memilih SDM pejuang CAT terbaik.

“Ini tantangan berat. Selain permasalahan IT, perlu juga diperhatikan permasalahan non IT. Kepada para pejuang CAT BKN, siapkan fisik, mental dan spiritual. Tulis pengalaman selama mengawas CAT BKN untuk didokumentasikan dan menjadi lesson learn,” pintanya.

Sebagai tindakan prefentif, Bima juga meminta Tim CAT BKN membentuk call center solutiondan disaster management.

“Harus ada call center solution sebagai pusat penanganan masalah selama proses rekrutmen berlangsung dan juga perlu dibentuk disaster manajement yang bagus,” ujarnya.

Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, bahwa dibanding dengan pelamar CPNS tahun-tahun sebelumnya, jumlah pelamar pada seleksi CPNS tahun 2018 terbanyak dalam sejarah.

Pusat Data SSCN BKN mencatat bahwa akun pelamar CPNS 2018 ini mencapai 4.436.694 pelamar. Dari jumlah tersebut, terdata pelamar yang sudah memilih instansi sebanyak 3.782.685 orang dan sebanyak 3.627.981 orang sudah melakukan submit.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of