Teknologi

Sejarah dan Perkembangan Tentang Teknologi Komputer

Mari mengenal lebih dalam tentang sejarah perkembangan Teknologi Komputer !

perkembangan teknologi komputer

Google Berita Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk meng-olah data dengan prosedur yang sudah dirumuskan. Kata komputer awalnya digunakan untuk menggambarkan penghitungan aritmatika dengan alat ataupun tanpa menggunakan alat bantu, namun saat ini kata tersebut digunakan untuk sebutan dari alat itu sendiri. Awal mulanya dalam pengolahan informasi hamper keseluruhannya ekslusif berhubungan dengan aritmatika, namun computer modern digunakan untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan hal matematika.

Dalam artian tersebut tentu ada alat misalnya slide rule, yaitu jeniss kalkulator mekanik yang dimulai dari abacus dan seterusnya hingga semua computer elektronik yang jenis kontemporer. Istilah tersebut lebih cocok digunakan dalam arti luas misalnya seperti komputer, yang mengurai informasi ataupun system pengolah informasi.

Kata computer pernah digunakan untuk mendefinisikan orang yang sedang melakukan penghitungan aritmatika, dengan ataupun tidak menggunakan mesin pembantu. Barnhart Concise Dictionnary of Etymologyi, beranggapan kata – kata tersebut dipakai dalam bahasa Ingris yaitu pada tahun 1946 yaitu sebagai arti kata “orang yang menghitug” dan kemudian pada tahun 1897 juga dipakai sebagai “alat penghitung mekanis”.

Pada masa perang dunia 2, kata tersebut ditunjukan untuk semua  pekerja wanita yang ada di Amerika Serikat (US) dan  juga Inggris, dimana dalam pekerjaan mereka menghitungkan jalan artileri memakai / menggunakan mesin / alat hitung.

Charles Babbage ialah sang pendesain salah satu alat mesin hitung ke-1, mesin tersebut bernama analitikal. Lebih dari itu juga ada alat mesin yang sederhana yaitu contohnya slide rule dimana mesin tersebut bisa dikatakan computer.

perkembangan komputer

Komputer merupakan salah satu industri canggih yang sangat bermanfaat

Komputer yang sering dikenal saat ini adalah hasil dari pengembangan teknologi elektronik dan informatika, sehingga dari bentuk computer yang awalnya besar sekarang banyak ditemui dengan ukuran yang lebih kecil, meski ukuran kecil namun untuk kemampuan jangan diragukan lagi karena kemampuannya besar. Dengan adanya kemajuan industry dari komponen elektronika IC (intregrated circuit) telah mendorong akan terciptanya berbagai jenis perangkat chip IC yang sangat beragam, dan tentunya mendukung berbagai keperluan dalam pembuatan produk elektronik.Dengan adanya kemajuan dalam bidang elektronik tentu juga tidak lepas dengan adanya kemajuan mengenai ilmu pengetahuan dan pengolahan bahan semi konduktor khususnya yaitu silicon.

Langkah dan Cara Kerja Komputer

Cara kerja computer tidak lepas dari memori.Memori ialah urutan byte yang telah dinomori. Memori ini masing – masingnya berisikan sepotong kertas informasi. Dari informasi tersebut mungkin juga sebagai perintah untuk dapat mengatakan pada computer apa yang harus di lakukan. Sel tersebut berisikan data yang diperlukan computer guna melakukan sebuah perintah. Untuk setiap slot berisi salah satu perintah, dan apa yang menjadi data dan kemungkinan nantinya juga bisa menjadi sebuah perintah.

Memori tersebut menyimpan berbagai informasi yang biner tersebut akan terpecahkan dengan banyaknya jumlahinstruksi yang dapat mengubahnya menjaadi angka ataupun urutan angka – angkanya. Untuk contoh, jika yang diperintahkan huruf F, dan selanjutnya di simpan sebagai angka bilangan desimal 70, dengan menggunakan suatu metode pemecahan. Dengan instruksi yang jauh lebih kompleks dapat dipakai untuk menyimpankan gambar, video, suara, dan semua berbagai macam macam informasi. Dan Informasi tersebut dapat disimpan dalam suatu sel yang dinamakan dengan byte.

Selanjutnya untuk pemrosesan dilakukan dengaan menggunakan pengolahan pusat CPU, dimana CPU ini berperan untuk memproses perintah yang akan diberikan pada pengguna computer. Untuk pengolahannya menggunakan data – data yang ada di computer. Unit ataupun piranti pemrosesan juga nantinya akan berkomunikasi dengan piranti input, output, dan tentunya storage, guna untuk melaksanakan instruksi yang saling terkait.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of