Politik

Sarmuji Golkar: Kampanye Hitam Rusak Demokrasi

beritajatim.com Sarmuji Golkar: Kampanye Hitam Rusak DemokrasiRahardi J Soekarno



Surabaya (beritajstim.com) – Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji menyerukan untuk menolak kampanye hitam dalam bentuk apapun menjelang pemilihan legislatif dan presiden pada tahun 2024 mendatang. Pemilihan memang masih dua tahun lagi, tapi keriuhan dan konstelasi politik semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikan Sarmuji setelah memberikan pidato sambutan dalam rangka Musyawarah Luar Biasa DPD Golkar Kabupaten Magetan.

“Kita memiliki pakem dalam berpolitik. Walaupun dalam dunia demokrasi yang menjunjung tinggi kebebasan berpendapat, tetapi kesantunan moral dan etika tetap dikedepankan dalam membangun kedewasaan berpolitik di negara ini,” tegas Sarmuji.

Anggota DPR RI tersebut menilai dunia digital yang sedang fenomenal digandrungi masyarakat, memiliki dua mata pisau, sebagai instrumen membangun. Tetapi, juga memiliki daya rusak.

“Dunia digital yang semakin tak memiliki batas ruang dan waktu akan mudah dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu. Ia akan menjadi ladang membangun citra, tetapi di sisi lain menjadi ladang untuk menjatuhkan citra seseorang,” katanya.

Kendati demikian, anggota Komisi XI DPR RI tersebut kembali mengingatkan untuk terus meningkatkan literasi digital bagi masyarakat. Pemerintah juga memiliki peran penting untuk mencerdaskan masyarakat dalam kecakapan digital.

Baca Juga:

  • Harga Gabah Anjlok, Komisi Xl DPR Minta Pemerintah Lakukan Ini
  • Golkar Bagikan Sembako untuk Petugas Pemakaman Pasien Covid-19 di Keputih Surabaya
  • Vaksinasi Dosis Kedua Golkar Jatim, Lebih Nyaman dan Tertib
  • Sarmuji Apresiasi Kesuksesan Airlangga Dalam Meningkatkan Laju Ekonomi

“Masyarakat harus dibanjiri konten-konten baik dan mendidik. Selain itu, mesti ada regulasi untuk mencegah merebaknya kampanye hitam,” ujarnya.

Partai politik juga memiliki kewajiban moral untuk memastikan informasi yang tersebar di masyarakat adalah benar. Jika tidak ada iktikad dari partai politik, maka kampanye hitam yang diorganisir bisa merusak demokrasi.

“Kami ingin ke depan dalam berkontestasi politik dilakukan secara sehat. Kewajiban kita adalah menjaga agar demokrasi ini tetap pada jalurnya kompetisi ide dan gagasan untuk negara dan bangsa Indonesia,” pungkas Sarmuji. [tok/suf]





The post Sarmuji Golkar: Kampanye Hitam Rusak Demokrasi first appeared on beritajatim.com.