Politik

Revisi SOTK Efektif Dilaksanakan pada Awal Tahun Depan

googleberita

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo akhirnya sah akan merampingkan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK). Paling cepat perubahan ini efektif dilaksanakan pada awal tahun depan. Ke depan akan ada tiga dinas yang akan dilebur ke organisasi perangkat daerah (OPD) lain yang bidangnya serumpun. “Ini demi efisiensi dan efektifitas kinerja Pemkab Ponorogo,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga:

  • Kuasa Hukum 01: Jika Tidak PSU, Kami Gugat ke PTUN
  • Usulan Dana Pilkada Ponorogo Disepakati Rp 43 Miliar
  • Ipong : Musik Jazz Sarana Promosi yang Efektif
  • Boyong Tuntas, Pasar Legi Resmi Pindah ke Pasar Darurat
  • Ganggu Keindahan Kota, Satpol PP Ponorogo Bersih-Bersih Baliho dan Spanduk

Ketiga dinas itu, yakni Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dilebur dengan Dinas Pertanian (Disperta), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) yang akan dilebur ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang akan dilebur ke Dinas Pariwisata (Dispar).

“Dispora, Disperkim, dan DKP adalah dinas yang lahir saat perubahan SOTK sekitar tiga tahun lalu. Dan dalam evaluasinya beberapa bulan ini memang tiga dinas itu perlu dilebur,” katanya.

Ipong menambahkan jika revisi SOTK ini kelak juga akan diikuti dengan mutasi. Revisi ini, kata Ipong pihaknya juga mendapatkan berbagai masukan dari hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). “Dari evaluasi Kemenpan RB lewat SAKIP, Dispora dinilai boros dan kurang efektif,” pungkas Ipong.(end/kun)