Resep

Resep Bola Ubi isi Coklat Hits

Resep Enak Snack Ringan "Bola Ubi Isi Coklat"

Resep Bola Ubi isi Coklat Hits

Google Berita – Jika mencari tentang makanan yang popular, menarik, dan lezat jaman sekarang memang tidak aka nada habisnya. Karena inisiatif orang untuk menciptakan masakan ataupun snack baru juga semakin meningkat.  Berbagai bahan makanan yang tadinya tidak menarik diolah lagi menjadi suatu makanan yang lezat dan menarik. Karena mungkin sebagian makanan terasa membosankan jika tidak dioleh kembali. Salah satunya adalah ubi. Hanya sedikit peminat ubi. Beberapa orang lebih cepat bosan saat memakan ubi. Namun, tidak untuk saat ini. Karena ubi bisa diolah menjadi bola ubi yang berisi coklat. Sangat lezat bukan? Tentunya ini akan disukai banyak kalangan masyarakat. Terutama para penggemar coklat. Bolu ini saat digigit akan mengeluarkan coklat yang meleleh.

Nah, kali ini akan membahas bagaimana cara membuat bola ubi isi coklat. Pasti banyak yang penasaran dengan cara pembuatannya. Pembuatan bola ubi ini tidak memakan waktu yang banyak. Dan mudah dibuat oleh semua kalangan karena bahan yang digunakan pun juga cukup murah. Beberapa alat yang digunakan adalah wajan, sotil, telenan, panci, pisau, dan alat penumbuk.

Bahan yang digunakan untuk membuat bola ubi isi coklat sebagai berikut :

  • 500 gram ubi ungu
  • 1 bungkus susu bubuk rasa vanilla
  • 3 sdm mentega
  • 7 sdm tepung terigu
  • 1 batang coklat
  • Garam secukupnya

Bahan yang digunakan untuk membuat bola keju memang cukup murah. Namun harga murah bisa menjadi sangat lezat, bahkan lebih lezat dari makanan yang mahal. Yang mahal belum tentu enak dan higienis. Mencari makanan yang murah tetai higienis juga sangat sulit. Maka lebih baik mengolah sendiri agar terjamin kebersihannya. Nah, sekarang saatnya untuk membuat bola ubi isi coklat.

Berikut adalah langkah-langkah membuat bola ubi isi coklat :

Pertama-tama, kupas dan cuci ubi ungu hingga bersih. Hilangkan beberapa lubang dan kotoran yang ada di ubi. Karena itu bisa menjadi tempat tanah yang mungkin tidak hilang dalam proses pengupasan. Setelah dicuci bersih dan dikupas, potong menjadi beberapa bagian. Hal ini bertujuan agar saat melakukan proses penghancuran nanti lebih mudah. Setelah itu siapkan air di dalam panci. Rebus air dalam panci tersebut, sebelum mendidih masukkan potongan ubi tersebut. Jika ubi yang direbus sudah matang, angkat dan tiriskan hingga lebih dingin terlebih dahulu. Sementar itu, siapkan alat untuk menumbuk umbi. Jangan sampai ada bahan lain yang tercampur dalam alat penumbuk. Jika ubi sudah lumayan dingin, masukkan ke dalam alat penumbuk dan tumbuk hingga halus. Pindahkan ubi yang sudah halus ke dalam baskom atau wadah yang lumayan besar. Campurkan dengan tepung terigu, mentega, garam, dan susu bubuk rasa vanilla. Masukkan sedikit demi sedikit, kemudian uleni adonan tersebut hingga kalis dan merata. Adonan yang sudah kalis tidak akan menempel pada tangan saat menyentuhnya. Sebelum mencetak adonan, potong dadu coklat batang. Setelah itu cetakadonan menjadi bulat menggunakan tangan, dan jangan lupa untuk mengisi dengan coklat batang yang sudah dipotong dadu sebelumnya. Jika semua sudah selesai dicetak, siapkan wajan berisi minyak yang cukup banyak. Panaskan dengan api yang tidak terlalu besar agar tidak godong. Jika minyak sudha panas, masukkan cetakan adonan dan goreng hingga matang. Dan bola ubi isi coklat siap untuk dihidangkan baik sebagai cemilan di pagi hari maupun sore hari bersama keluarga.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of