Peristiwa

Rekomendasi Rute Menuju Puncak Gunung Soputan Bila Tak Lagi Meletus

Googleberita.com, Jakarta – Provinsi Sulawesi Utara memiliki beragam destinasi wisata yang elok dan wajib untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Gunung Soputan yang diincar terutama oleh para pencinta alam untuk melihat keindahan panorama dari puncak.

Namun, pengunjung kini harus sedikit bersabar untuk dapat menikmati pemandangan cantik dari puncak. Hal tersebut lantaran Gunung Soputan meletus pagi ini Rabu (3/10/2018), pukul 08.47 Wita.

Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik terpantau sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 meter di atas permukaan laut.

Berstatus level III (siaga), warga diimbau tidak beraktivitas di seluruh area di radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah barat-barat daya sejauh 6,5 km dari puncak. Pasca-erupsi, jalur pendakian Gunung Soputan ditutup.

“Saat ini jalur pendakian dari berbagai arah dinyatakan ditutup selama erupsi,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Minahasa Tenggara Erick Manaroinsong di Silian, Rabu, seperti dilansir Antara.

Meski saat ini masih dipantau Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG, panorama Gunung Soputan dari puncak dapat dinikmati ketika kondisi sudah kondusif nanti. Berikut jalur untuk mencapai puncaknya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Menuju Puncak Gunung Soputan

Gunung Soputan (Googleberita.com / Yoseph Ikanubun)

Sembari menanti momen tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pendakian ke puncak Gunung Soputan. Selain harus mempersiapkan fisik, mental, dan logistik, para pendaki juga wajib mengetahui jalur menuju puncak.

Salah satu alternatifnya adalah jalur yang diinformasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui laman resmi. Perjalanan dapat dimulai dari beberapa arah lereng gunungapi.

Dari utara bisa dilalui lewat dua rute, yaitu melalui Kampung Tombasian Atas, Kecamatan Tombasian, dan dari Kampung Pinebetengan, Kecamatan Tompaso. Dalam waktu dua jam, Anda bisa tiba di Kawah Masem. Dari lokasi itu, Anda membutuhkan satu jam lagi untuk mencapai puncak Gunung Soputan.

Sementara, perjalanan dari timur dimulai dari Kampung Tumaratas, Kecamatan Langowan Barat. Bila dari selatan atau barat, Anda bisa melewati Kampung Silian, Kecamatan Tombatu.

Perkemahan dapat dilakukan dekat hulu Sungai Masem, bekas pabrik belerang sebelum perang dunia ke-2. Jarak dari area tersebut ke puncak Gunung Soputan sekitar kurang lebih 5 km.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of