Politik

Rakernas GAMKI Usung Tema Pembangunan Indonesia untuk Papua

googleberita

Surabaya (beritajatim.com) – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menggelar Rakernas I dan Merayakan Natal di Surabaya, Sabtu (1/2/2020). Acara yang berlangsung selama dua hari (Jumat-Sabtu) ini mendatangkan sejumlah pejabat tinggi.

Di antaraya, anggota Komisi V DPR RI Willem Wandik, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattaliti, Duta Besar Palestina untuk RI Taher Ibrahim, dan Kapuspen Mendragi Bahtiar. Dalam acara internal ini terdengar pembahasan pembangunan Papua dan pemindahan Ibu Kota ke pulau Kalimantan.

“Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan ini juga untuk keadilan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia, seperti di sila ke lima dalam Pancasila. Termasuk untuk rakyat Papua. Sehingga kita harapkan pembangunan Indonesia terutama Papua harus terus ditingkatkan,” jelas Kapuspen Kemendragi, Bahtiar, Sabtu (1/2/2020).

Baca Juga:

  • Perhimpunan Dokter Prihatin Meninggalnya dr Soeko Saat Kerusuhan di Wamena
  • Gus Yaqut: Negara Harus Hadir Mengatasi Konflik Papua
  • Ratusan Mahasiswa Kepung Gedung Dewan Ponorogo, Dukung Perdamaian di Papua
  • Bersama Warga Perbatasan, Satgas Yonmek 521/DY Bersih-bersih Area Masjid
  • Pengungsi Wamena Asal Sampang Mayoritas Sopir

Meski menjadi organisasi masyarakat besar di Indonesia, GAMKI mengambil tema pembangunan Indonesia untuk Papua. Karena Papua adalah Indonesia. Sehingga para peserta Rakernas I GAMKI pun sepakat bahwa pembangunan Papua ini harus menjadi konsen RI. Oleh sebab itu, GAMKI akan memberikan poin-poin besar hasil Rakernas ini ke pemerintah dan jajaran struktur GAMKI di Indonesia.

“Kami konsen keseluruh pembangunan di Indonesia termasuk Papua. Karena Papua saudara kita. Sehingga kami mendukung penuh pemindahan Ibu Kota supaya tidak ada alasan pemerintah pusat mengeluh ke Papua itu jauh. Karena hanya butuh empat jam dari Ibu Kota baru ke Sabang atau Merauke,” papar Willem Wandik. [man/suf]