Politik

Pulihkan Ekonomi, Pemkab Sidoarjo Gelar Pameran UMKM








Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus berupaya melakukan percepatan pemulihan ekonomi semenjak pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kembali memulai pameran produk UMKM.

Pameran produk makanan dan kerajinan tangan hasil olahan warga Desa Krembung itu dilaksanakan di Lapangan SDN Krembung 2. Acara ini dibuka Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi Jumat (22/10/2021).

Pameran UMKM ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober. Hadir dalam acara itu, Ketua DPRD Sidoarjo M.Usman, Kepala Dinas Koperasi, Mohamad Edi Kurniadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Fenny Apridawati dan Camat Krembung, Dana Riawati.

Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi mengapresiasi atas digelarnya kegiatan pameran produk UMKM yang dilakukan di wilayah Krembung. Menurutnya adanya pameran itu menjadi akan menjadi trigger dalam pemulihan ekonomi.

Pameran yang tidak menggunakan dana APBD alias dana swadaya pelaku usaha kecil menengah itu, perlahan-lahan akan membantu menggerakkan perekonomian warga sekitar. “Prioritas kami di Sidoarjo ada dua. Pertama adalah pemulihan kesehatan dan yang kedua adalah pemulihan ekonomi,” ujar Subandi.

Pemulihan ekonomi harus didukung dengan anggaran yang memadai sebagai modal utama landasan perbaikan. Di Sidoarjo sendiri, anggaran yang biasanya digunakan untuk suntikan dana terhadap UMKM dari APBD telah dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Untuk itu, Subandi mengapresiasi adanya kegiatan yang seharusnya menggunakan anggaran dari APBD, namun di wilayah Kecamatan Krembung masyarakat bergerak sendiri melakukan pameran UMKM.

“Atas nama pimpinan daerah Sidoarjo, saya bangga sekali dengan adanya pameran UMKM ini yang dilakukan dalam rangka menggerakkan kembali ekonomi di desa. Ini langkah yang luar biasa yang dilakukan oleh masyarakat Krembung,” tuturnya.

Baca Juga:

  • Mejeng di Toko Modern, Sambel Pecel Jombang Naik Kelas
  • BRI Bangkitkan UMKM Lewat Expo
  • Griya Ulam-Q Dinas Perikanan Kediri Gelar Flash Sale untuk Produk Ikan Segar dan Olahan
  • UMKM Binaan SIG Lakukan Inovasi Produk di Masa Pandemi Covid-19
  • Selama Pandemi, UMKM Dapat Tekanan Berat

Dukungan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo saat menghadapi pandemi seperti ini adalah dukungan moral dan penyaluran bantuan kepada masyarakat. Seperti enam ribu paket sembako dari TNI Angkatan Darat yang akan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Selanjutnya, bantuan tersebut akan ditujukan untuk pelaku UMKM. “Kemarin Pak Dandim sudah koordinasi dengan kami, ada kurang lebih enam ribu paket sembako yang mau disalurkan. Rencananya bantuan tersebut akan kita bagikan kepada pelaku UMKM yang membutuhkan,” terang Subandi.

Mengingat program prioritas Pemkab Sidoarjo saat ini adalah penanganan Covid-19. Karena apabila masyarakatnya sehat maka ekonomi dengan sendirinya ikut sehat. Secara simbolis, Wabup Subandi menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. [isa/suf]










The post Pulihkan Ekonomi, Pemkab Sidoarjo Gelar Pameran UMKM first appeared on beritajatim.com.