Politik

Polemik Pilkades Matanair, Pemkab Sumenep Tunggu Penjelasan Kemendagri

beritajatim.com Polemik Pilkades Matanair, Pemkab Sumenep Tunggu Penjelasan KemendagriTemmy P



Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akhirnya memberikan penjelasan terkait Polemik pemilihan kepala desa (Pilkades) Matanair, Kecamatan Rubaru, yang berujung aksi demo warga setempat, tiga kali berturut-turut.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli menjelaskan, Bupati Sumenep sangat menghormati dan menjunjung tinggi, keputusan pengadilan terkait Pilkades Matanair.

“Pak Bupati ini siap untuk melaksanakan keputusan pengadilan tentang Pilkades Matanair. Apalagi ini sudah berkekuatan hukum tetap,” katanya saat menemui pengunjuk rasa di depan Kantor Pemkab Sumenep, Senin (17/01/2022).

Menurut Ramli, Bupati Sumenep telah beritikad baik dengan menjalankan keputusan pengadilan. Salah satunya, mencabut SK Bupati tentang Pengesahan dan Pengangkatan Ghazali sebagai Kepala Desa Terpilih Matanair pada Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019.

Sedangkan untuk pelaksanaan keputusan berikutnya yakni mengesahkan dan melantik Ahmad Rasidi sebagai Kepala Desa Matanair, Pemkab masih menunggu penjelasan tertulis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami sudah melakukan konsultasi ke Kemendagri. Untuk melaksanakan putusan tentang pengesahan dan pelantikan Rasidi, tim Kabupaten ini perlu penjelasan teknis yang ditetapkan Kemendagri secara tertulis,” terang Ramli.

Karena itu, ia meminta agar para pengunjuk rasa bersabar menunggu. Ia meyakini, dalam satu dua hari ini akan turun tindak lanjut Kemendagri.

“Mari kita semua sama-sama taat hukum. Sekali lagi, Bupati ini hormat dan patuh menjalankan keputusan pengadilan,” ujar Ramli.

Baca Juga:

  • Penggunaan Terminal Baru di Bandara Trunojoyo Tunggu Verifikasi Kemenhub
  • Polisi Jemput Paksa Pejabat Dinas Pariwisata Sumenep
  • GMNI Sumenep Tuntut Polres Usut Tuntas Kasus Dugaan Beras Oplosan BPNT
  • Polres Sumenep Sita 29,9 Gram Sabu dari 15 Tersangka

Namun penjelasan itu tampaknya tidak memuaskan para pengunjuk rasa. Mereka justru makin emosi dan menganggap Pemkab sengaja mengulur-ulur persoalan ini tanpa ada kepastian.

“Kami cuma ingin kepastian, kapan Rasidi dilantik. Itu saja. Kami tidak perlu penjelasan yang berbelit-belit,” sanggah korlap aksi, Moh. Witri.

Massa terlihat kecewa dan mengaku akan datang lagi ke Pemkab dengan jumlah yang lebih besar, apabila belum ada kepastian kapan pelantikan Ahmad Rasidi. [tem/but]





The post Polemik Pilkades Matanair, Pemkab Sumenep Tunggu Penjelasan Kemendagri first appeared on beritajatim.com.