Peristiwa

Polda Sulsel Kirim 2 Ekor Anjing K9 ke Lokasi Gempa Palu

googleberita

Googleberita.com, Makassar Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel mengirim bantuan tanggap darurat ke lokasi bencana gempa bumi disertai tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9/2018).

Selain bantuan personil yang tergabung dalam Basarnas, dua ekor anjing herder milik satuan K9 Direktorat Sabhara Polda Sulsel juga diturunkan ke lokasi bencana alam tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan dua ekor anjing herder yang diutus membantu upaya pencarian korban bencana alam gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah tersebut, masing-masing berjenis Ras Pointer dan Belgian Malinois.

“Kedua anjing herder tersebut memang memiliki kemampuan SAR salah satunya mengendus keberadaan mayat,” kata Dicky via pesan singkat.

Dalam beroperasi di lapangan nantinya, kedua anjing herder yang kerap dilibatkan dalam beberapa peristiwa bencana alam seperti waktu di Aceh sebelumnya, itu akan dipandu oleh lima orang personil satuan K9 Direktorat Sabhara Polda Sulsel yang dipimpin langsung oleh pimpinan regunya, Inspektur Dua (Ipda) B. Salu.

“Mereka ke Palu rencananya melalui jalur darat,” terang Dicky.

Diketahui, pasca gempa bumi diserta tsunami terjadi, sejumlah fasilitas sarana dan prasana Pelabuhan di wilayah Sulawesi Tengah mengalami kerusakan akibat gempa magnitudo 7,4 yang mengguncang wilayah tersebut, pada Jumat 28 September 2019.

Tak hanya wilayah Pelabuhan, sejumlah rumah pun tampak hancur berantakan. Bahkan sebagian ruas jalan raya mengalami keretakan parah akibat gempa bumi disertai tsunami tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of