Teknologi

Plan Indonesia Gandeng Pemkot Beri Pelatihan IT untuk 1.000 Talenta Digital Muda di Surabaya

Plan Indonesia Gandeng Pemkot Beri Pelatihan IT untuk 1.000 Talenta Digital Muda di Surabaya.

Surabaya (beritajatim.com) – Permintaan akan talenta digital Indonesia begitu besar. Tetapi sayangnya ketersediaan talenta terlatih di Sektor Teknologi Informasi (IT) begitu tinggi.

Kajian cepat wawasan pemberi kerja tahun 2021 oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia menunjukkan, perusahaan menghadapi kesulitan menemukan talenta untuk sektor yang sedang berkembang, termasuk sektor teknik aplikasi dan pemrograman.

Work in Tech Indonesia yang diumumkan pada 2021 merupakan salah satu inisiatif peningkatan kemampuan digital terbesar di wilayah Asia Tenggara, dengan tujuan melatih dan memberikan akses menuju karier di bidang IT kepada 10.000 kaum muda di Indonesia.

Program Work in Tech didukung oleh hibah dari Google.org, lengan filantropi Google, dan dikepalai lembaga nonprofit global, INCO, bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia).

Program Manager dari INCO, Vera Lingga mengatakan lebih dari 500 peserta dari Jawa Timur telah menyelesaikan program tersebut. “Hari ini, kami mengumumkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya memberikan dukungan dan memfasilitasi tercapainya 1.000 pelatihan IT di Surabaya. Sebanyak 1.000 pelatihan ini merupakan bagian dari program Work in Tech yang dipimpin oleh INCO dan didukung oleh Google.org,” kata Vera Lingga, Selasa (20/9/2022).

Direktur Eksekutif Plan Indonesia, Dini Widiastuti mengatakan pihaknya melihat kebutuhan mendesak untuk memberdayakan dan memberikan akses yang setara kepada kaum muda. Melalui kerja sama dengan INCO, didukung oleh Google.org, pihaknya akan memberikan berbagai pilihan pelatihan bagi kaum muda.

“Ini untuk meningkatkan keterampilan dan membantu mereka memasuki industri yang sangat diminati, baik dalam konteks lokal dan internasional,” kata Dini.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya akan memberikan dukungan yang relevan bagi pelaksanaan pelatihan ini. Hingga dua tahun ke depan, pelatihan IT akan diberikan kepada 1.000 kaum muda (18-29 tahun) dari keluarga marginal, khususnya perempuan dan para penyandang disabilitas.

Baca Juga:

  • Likeee, Cara Mudah Bikin Video Kamu Makin Kece
  • IGL Gelar Turnamen untuk Pecinta Game Sepak Bola
  • Ritase Hadir di Sidoarjo
  • Sejarah Singkat India Menemukan Angka Nol

Kerja sama ini sejalan dengan upaya Pemberdayaan Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda yang telah dilaksanakan oleh Plan Indonesia sejak 2010.

“Dari generasi ke generasi, Surabaya merupakan rumah bagi talenta digital terbaik di Indonesia. Kami berharap dapat mendukung lebih banyak generasi dengan kemampuan luar biasa di sektor digital melalui program ini. Pemerintah Kota Surabaya terbuka bagi peserta kegiatan untuk menggunakan Broadband Learning Centre secara gratis,” kata Eri. [asg/but]




Ikuti kami di google berita https://bit.ly/3vWew0y
#beritaviral #jawatimur #viral #berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of