Politik

PKB: Semua Aspirasi NU dalam APBD Jember 2021 Terealisasi








Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyampaikan hasil pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Senin (12/4/2021).

Penyampaian hasil pembahasan APBD ini dilakukan di kantor PCNU Jember. “Ini salah satu bentuk hikmat kami kepada NU, karena PKB dilahirkan dari NU. Otomatis apabila ada keputusan-keputusan strategis, kami wajib melaporkan,” kata Ketua DPC PKB Jember Ayub Junaidi.

Baca Juga:

  • Kontribusi Kahyangan untuk PAD Jember Nihil
  • PKB Sarankan Bupati Jember Langsung Ajukan RAPBD 2021
  • NU Jember Diharapkan Tetap Lihat PKB Sebagai Anak
  • Ini Cara PKB Antisipasi Persaingan Internal Caleg
  • PKB Jember Distribusikan Makanan Sehat Balita dan Ibu Hamil

Ayub menegaskan, APBD adalah kepentingan strategis masyarakat Jember. “Sedangkan masyarakat Jember mayoritas NU. Jadi sepatutnya melaporkan hasil pembahasan ini.”

Apalagi, lanjut Ayub, seusai pelantikan anggota DPRD Jember 2019-2024, NU menitipkan aspirasi kepada Fraksi Kebangkitan Bangsa. “Alhamdulillah, hari ini seluruh aspirasi Nahdlatul Ulama yang kami perjuangkan di APBD, semua terealisasi,” katanya.

Apa saja aspirasi itu? “Insentif guru ngaji kembali ke (kuota) 28 ribu orang. Itu permintaan NU terwujud. Kedua, iuran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Tenaga Kerja untuk guru ngaji, alhamdulillah terwujud. Perjuangan GTT-PTT (Guru Tidak Tetap-Pegawai Tidak Tetap) yang di-back up penuh NU terwujud,” kata Ayub.

APBD Jember 2021 juga mengakomodasi agenda PKB dan NU yang ingin menekan angka kematian ibu dan bayi. “Apalagi? Itu sudah kami sampaikan ke PCNU. Alhamdulillah, tanggapan PCNU: hal-hal seperti itu agar terus diperjuangkan untuk kepentingan masyarakat,” kata Ayub.

Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin menyambut baik laporan PKB ini. “PCNU sebagai orang tua, kami tetap berpesan bahwa proses politik (pilkada) sudah selesai, dan realitas politik yang ada harus kita sikapi dengan arif,” katanya.

Baca Juga:

  • NU: Jember Perlu Bupati Baru, Minimal yang Bisa Disarungi
  • NU Jember Gelar Sekolah Jurnalistik
  • Keteledoran JFC Juga Tanggung Jawab Pemkab Jember
  • Bupati Faida Minta Pengurus Baru NU Jember Segera Berkomunikasi

Abdullah menyebut postur APBD 2021 lebih baik. “Walau karena keterbatasan waktu pembahasan, belum mampu mengakomodasi berbagai kepentingan. Tapi arah lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sudah mulai terlihat. Biarkan ini step by step nanti sampai pada penyempurnaannya pada sisi yang mana,” katanya.

NU mendukung pembahasan dan pengesahan APBD 2021 yang cepat. “Karena sudah terlalu lama menunggu, hak-hak rakyat banyak yang hilang. Hal-hal yang vital dan mendasar dulu dikedepankan untuk dibahas dan diselesaikan, Yang lain bisa disempurnakan pada tahapan-tahapan berikutnya. Tapi secara umum, hak-hak rakyat sudah mulai dikembalikan,” kata Abdullah. [wir/suf]







The post PKB: Semua Aspirasi NU dalam APBD Jember 2021 Terealisasi first appeared on beritajatim.com.