Politik

Pjs Bupati Mojokerto Ingatkan ASN Jaga Netralitas








Mojokerto (beritajatim.com) – Pjs Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto untuk menjaga netralitas jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember mendatang.

“Kami-kami ini kan bagian dari birokrasi. Kemarin di apel sudah saya sampaikan ke kawan-kawan birokrasi, kalian semua itu birokrasi. Birokrasi itu mulai masuk sampai pensiun bisa-bisanya di satu tempat. Beda dengan polisi, boleh ganti-ganti ya kan,” ungkapnya, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga:

  • Ada 2 Calon Independen Ambil Formulir di KPU Kabupaten Mojokerto
  • Yoko, Bacabup Pertama Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Gerindra Mojokerto
  • Peta Politik Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020
  • Tahapan Pilkada di Kabupaten Mojokerto Tetap Sesuai Jadwal

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur ini mencontohkan jabatan kepolisian. Kepolisian bisa bertugas di satu tempat, lima tahun atau paling lama 10 tahun. Namun berbeda dengan ASN, mulai bekerja hingga pensiun hanya di satu tempat.

“Mereka (polisi, red), 5 tahun menempati di sini. Bisa 10 tahun paling lama. Kalau soal netralitas itu sudah saya sampaikan, sudahlah kalian jangan coba-coba karena netralitas ASN itu yang mengawasi itu banyak,” katanya.

Masih kata Pjs Bupati, yang mengawasi netralitas sedikitnya ada lima. Yakni Komisi ASN, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Inspektorat, Bawan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan lawan politik dari kelompok politik yang didukung. Sehingga pihaknya menghimbau agar ASN bisa menjaga netralitas.

“Ada lima yang mengawasi netralitas ASN. Makanya hati-hati, demikian juga protokol kesehatan terhadap proses pelaksanaan kampanye. Kami sudah menghimbau dan menyerahkan ke Bawaslu, tetapi kami juga sampaikan kepada Pak Kapolres siapapun yang datang ke Mojokerto harus mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya. [tin/suf]








The post Pjs Bupati Mojokerto Ingatkan ASN Jaga Netralitas first appeared on beritajatim.com.