Politik

Pilkada Gresik, Gus Yani Serius Gandeng Ning Min

googleberita


Gresik (beritajatim.com) – Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gresik yang tinggal 7 bulan sedikit mulai ada dinamika. Ketua DPRD Gresik, H.Fandi Akhmad Yani (Gud Yani) yang digadang-gadang maju sebagai Cabup mulai serius. Politisi dan pengusaha itu, sangat serius menggandeng Hj.Aminatun Habibah (Ning Min) sebagai pasangannya, atau Cawabup Gresik.

Juru Bicara Gus Yani, Ahmas Sururi mengatakan, keinginan Gus Yani maju di Pilkada Gresik bukan keinginan sendiri. Tetapi, perintah dari ulama serta tokoh masyarakat agar ikut running di pilkada. “Gus Yani maju di pilkada bukan keinginannya dia sendiri. Tapi merupakan perintah dari kiai sepuh, ulama serta tokoh masyarakat yang menginginkan ada perubahan di Gresik,” katanya, Minggu (21/06/2020).

Baca Juga:

  • Ketua DPRD Gresik ke Kantor DPD Golkar, Ada Apa?
  • Ansor Gresik Siap Jaga Kondusifitas Pilkada 2020
  • 5 Warga Gresik Ambil Formulir Cabup dari PDIP, Siapa Saja?
  • 11 Orang Kembalikan Formulir Cabup-Cawabup dari PDIP Gresik, Salah Satunya Pengusaha Asal Sidayu
  • Golkar Gresik Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup

Masih menurut Sururi, setelah nama Gus Yani muncul. Sejumlah partai politik (Parpol) sebagai partai pengusung maupun pendukung bersemangat lagi mendorongnya tampil di Pilkada Gresik. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pamflet gambar Gus Yani yang berdamping dengan ketua parpol.

“Pemikiran ulama serta tokoh masyarakat sama dengan pemimpin parpol yang mengusung maupun yang mendukung. Yang semula ada anggapan Pilkada Gresik selesai. Ini ada harapan perubahan buat pemimpin mendatang,” paparnya.

Saat ditanya figur Ning Min yang bakal digandeng sebagai Cawabup Gresik. Dijelaskan Ahmad Sururi, pemikirannya sama. Sebab, Ning Min yang merupakan keluarga besar Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah, Gresik yang juga notabene aktivis di organisasi perempuan NU, dan sebagai akademisi. “Dipilihnya figur Ning Min sebagai Cawabup karena selama ini perempuan dijadikan obyek bukan sebagai subyek,” ungkapnya.

Selain itu kata Sururi, digandengnya Ning Min juga sebagai emansipasi perempuan. Hal ini juga menjadi pertimbangan Gus Yani memilih figur perempuan. “Dengan digandeng Ning Min sebagai Cawabup Gresik di pilkada. Tidak ada gonjang-ganjing lagi di kalangan bawah,” pungkasnya. [dny/kun]