Lifestyle

Pilihan Terapi Alternatif untuk Bantu Meringankan Psoriasis Arthritis

Psoriasis arthritis merupakan radang sendi yang menyerang mereka penyakit psoriasis, kondisi di mana muncul bercak merah dengan sisi keperakan pada kulit. Selain obat resep dari dokter untuk mengendalikan gejalanya, ada pula berbagai terapi alternatif yang bisa dicoba untuk meringankan kondisi psoriasis arthritis.

Terapi untuk pengobatan psoriasis arthritis

Setiap metode pengobatan memberikan efek yang berbeda pada tiap-tiap pasien. Ada kalanya berbagai alternatif yang dicoba tidak membuahkan hasil. Namun, tak ada salahnya untuk menjajal beberapa terapi berikut ini untuk meringankan rasa nyeri akibat psoriasis arthritis.

1. Akupuntur

Akupuntur pengobatan alternatif stroke

Meski belum ada penelitian yang membuktikannya, terapi akupuntur dapat membantu untuk mengurangi gejala psoriasis arthritis pada beberapa pasien.

Sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, pengobatan dari Tiongkok ini banyak digunakan sebagai terapi tambahan pada banyak jenis penyakit termasuk nyeri kronis seperti sakit pinggang, sakit kepala, dan gejala mual.

Pengobatan ini dilakukan dengan menempatkan jarum pada titik yang bermasalah. Nantinya, jarum ini akan memberikan sinyal yang bergerak sepanjang sumsum tulang belakang menuju otak untuk menghasilkan endorfin dan enkephalin, hormon yang dapat mengurangi rasa sakit.

2. Akupresur

akupresur untuk mabuk perjalanan

Serupa tapi tak sama dengan akupuntur, akupresur menggunakan tekanan dari jari tangan pada titik-titik tertentu. Selain mengurangi nyeri, akupresur juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan bantu meningkatkan imunitas tubuh.

3. Spa

spa kaki perawatan

Tak hanya untuk perawatan kecantikan, spa bisa menjadi salah satu terapi untuk pengobatan psoriasis arthritis. Air mineral yang digunakan dalam terapi spa akan membantu melembabkan dan melembutkan kulit serta membantu memecah plak yang terbentuk karena psoriasis.

Perlu diketahui, selain masalah dalam sistem imunitas tubuh, beberapa kondisi juga dapat memicu penyakit psoriasis seperti cuaca dingin yang membuat kulit jadi kering. Oleh karena itu, penting bagi pasien untuk selalu menjaga kelembaban kulit agar psoriasis tidak menimbulkan luka.

4. Pijat untuk psoriasis arthritis

teknik pijat

Pijat adalah cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi masalah nyeri pada tubuh, tak terkecuali bagi para pasien arthritis. Pijat dapat menenangkan lapisan otot dan persendian serta meningkatkan sirkulasi getah bening yang berfungsi untuk mengangkut zat asing penyebab berbagai penyakit dalam tubuh.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan terapi pijat. Setelah mendapat ijin dari dokter, Anda harus menghubungi terapis dan memberitahu tentang kondisi Anda. Pastikan produk minyak atau losion yang digunakan tidak menimbulkan iritasi.

Beberapa minyak esensial yang biasanya digunakan untuk psoriasis adalah minyak chamomile, tea tree, mawar, dan lavendel.

5. Meditasi

terapi meditasi untuk psoriasis arthritis

Ada kalanya Anda merasa sedih dan putus asa kala menjalani pengobatan. Terapi meditasi dapat membantu. Tujuannya bukan untuk mengobati psoriasis arthritis secara langsung, tapi untuk memberikan ketenangan bagi mental dan keadaan psikis Anda.

Salah satu latihan meditasi yang dapat dicoba adalah reiki. Reiki adalah teknik relaksasi dari Jepang yang dapat membantu Anda mengatasi stres secara emosional selama menjalani pengobatan.

Meditasi reiki biasanya dilakukan dengan bimbingan praktisi. Nantinya, Anda akan diminta untuk duduk atau berbaring, lalu praktisi akan menyalurkan energi dengan meletakkan tangan mereka di atas area tertentu selama beberapa menit. Reiki juga dapat dilakukan sendiri.

Selain terapi, pola hidup sehat juga penting untuk psoriasis arthritis

Anda tentu tak cukup hanya bergantung pada pengobatan dan terapi alternatif saja. Menjalani pola hidup sehat juga perlu dilakukan demi membuat kondisi Anda menjadi lebih baik.

Bila ingin rasa sakitnya tak menyiksa, jagalah berat badan Anda pada batas yang sehat. Hal ini akan membantu mengurangi ketegangan yang otomatis juga akan meringankan rasa sakit dan meningkatkan mobilitas tubuh.

Kalau perlu, lakukan olahraga rutin untuk menjaga tingkat fleksibilitas otot. Tidak harus yang berintensitas tinggi, beberapa olahraga seperti bersepeda, berenang, dan gerak jalan juga bisa jadi pilihan.

Yang paling penting dari semuanya adalah, bila berniat melakukan berbagai terapi atau metode tertentu untuk pengobatan psoriasis arthritis, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan terapi mana yang aman untuk dilakukan.

The post Pilihan Terapi Alternatif untuk Bantu Meringankan Psoriasis Arthritis appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of