Peristiwa

Pidato Pembukaan Asian Para Games 2018: Indonesia Siap Berikan yang Terbaik

Googleberita.com, Jakarta – Asian Para Games 2018 resmi dibuka hari ini, Sabtu (6/10/2018). Upacara pembukaan dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

“Hari ini, kita akan menyaksikan sejarah baru. Tahun ini, untuk pertama kali, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018, Raja Sapta Oktohari dalam sambutannya.

Sebanyak 43 negara turut serta dalam acara yang akan berlangsung selama sepekan ini. Dari 43 negara itu, total ada 2,832 atlet yang berkompetisi demi menjadi yang terbaik.

Raja Sapta menambahkan Asian Para Games 2018 buka hanya soal menang dan kalah. Menurutnya, rasa solidaritas, sportifitas, dan kemanusiaan menjadi hal yang tidak kalah penting.

“Bersama Asian Para Games, kita memengang teguh nilai sportifitas, solidaritas, kemanusiaan, dan hubungan yang harmonis di antara negara-negara Asia,” kata Raja Sapta.

Pembukaan Asian Games 2018 dimulai sekitar pukul 19:00 WIB. Berbagai tarian-tarian yang menampilkan keberagaman Indonesia ditampilkan di SUGBK. Upacara pembukaan juga diramaikan dengan penarikan bendera Merah Putih serta lagu Indonesia Raya.

Pada salah satu tarian, ditampilkan berbagai rumah agama di Indonesia seperti masjid, dan gereja. Tarian lalu dilanjutkan dengan iringan lagu Bungong Jeumpa dari Aceh.

Kontingen Afganistan menjadi kontingen pertama yang masuk lapangan. Pemanggilan kontingen untuk masuk ke arena disesuaikan dengan urutan abjad.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Berikan yang Terbaik

Suasana saat pembukaan Asian Para Games di SUGBK, Jakarta, Sabtu (06/10/2018). Pembukaan dimeriahkan para penyandang disabilitas. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut, Raja Sapta pun meminta para atlet untuk tidak lupa bersenang-senang meski tengah berkompetisi. Ia pun menegaskan Indonesia akan berusaha keras menjadi tuan rumah yang baik bagi para atlet.

“Kami akan memberikan yang terbaik untuk menjamu para tamu sekalian untuk merasakan keajaiban, keramahan, persaudaraan, maupun kelezatan sentuhan-sentuhan khas Indonesia,” kata Raja Sapta.

“Saya ucapkan selamat bertanding dan bertugas kepada semua atlet dan ofisial. Mari kita junjung tinggi nilai-nilai sportivitas,” ujarnya menambahkan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of