Peristiwa

Piala AFC U-16 2018: Malaysia dan Thailand Gugur

googleberita

Kuala Lumpur – Dua wakil Asia Tenggara yang tergabung di Grup A Piala AFC U-16 2018, Malaysia dan Thailand, harus mengakhiri kiprah mereka. Malaysia dan Thailand gagal lolos ke perempat final.

Bermain di matchday ketiga (terakhir) Grup A Piala AFC U-16 2018, Kamis (27/9/2018), Malaysia dan Thailand takluk atas lawan-lawan mereka.

Tampil di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia kalah 0-2 dari Jepang. Gol Jepang hadir lewat Shoji Toyama 37′ Hikaru Naruoka 90’+4. 

Kekalahan ini membuat Malaysia hanya mengemas total poin tiga, hasil satu kemenangan saat melibas Tajikistan 6-2 pada matchday pertama (20/9/2018). Tim Harimau Malaya Muda akhirnya harus puas sebagai juru kunci klasemen akhir Grup A.

Sementara Thailand, di luar dugaan menyerah 1-2 dari Takijistan pada pertandingan yang dimainkan di Stadion UM Arena, Kuala Lumpur.

Tajikistan unggul lebih dulu pada menit ke-39 lewat Ozodbek Panzhiev. Baru mampu disamakan Thailand menit ke-81 melalui gol Suphanat. Namun, berselang tiga menit kemudian, Tajikistan kembali memimpin lewat gol Amadoni Kamolov.

Tajikistan pun lolos secara dramatis setelah mengoleksi total koleksi poin empat, jadi runner-up Grup A, mendampingi jepang yang jadi juara Grup A dengan poin tujuh.

Sedangkan Thailand berada di peringkat ketiga klasemen akhir. Meski koleksi poin tiga yang mereka kumpulkan sama Malaysia, the War Elephants unggul head to head dari tim tuan rumah.

Di sisi lain, matchday terakhir Grup A ini mengalami penundaan dari jadwal semula dimainkan pada Rabu sore (26/9/2018). Hujan deras dan petir yang turun pada saat itu membuat AFC memutuskan menunda dua laga matchday terakhir Grup A menjadi dimainkan pada Kamis jam 10.00 waktu setempat.

Di perempat final, Jepang akan bersua runner-up Grup B di Stadion Nasional Bukit Jalil sedangkan Tajikistan akan berjumpa juara Grup B di Stadion Petaling Jaya. Pertandingan itu dimainkan pada Minggu (30/9/2018).

Grup B Piala AFC U-16 2018 masih akan memainkan matchday terakhir pada Kamis (27/9/2018) sore nanti. Oman dan Korea Utara untuk sementara berada di posisi juara grup dan runner-up dengan poin empat, disusul Yordania (2), dan Yaman (nol poin).

Sumber: AFC

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of