Peristiwa

Persiapan Wajib Sebelum Datang ke Job Fair, Apa Saja?

Googleberita.com, Jakarta – Pameran lowongan pekerjaan (job fair) merupakan ajang melamar pekerjaan sebanyak banyaknya. Dalam acara ini, banyak stan-stan perusahaan membuka lowongan pekerjaan.

Tentu saja, stan (booth) tersebut sangat memudahkan para pencari kerja karena mereka tidak harus datang ke kantor atau mengirim lamaran kerja dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya untuk melamar.

Selain itu, pada stan-stan di job fair biasanya sudah tertulis tentang lowongan yang sedang dibuka berikut dengan kualifikasinya. Tak heran bila pengunjung job fair, selalu membludak. Mereka adalah orang-orang yang berburu lowongan kerja.

Jika Anda juga sedang mencari pekerjaan dan berniat datang ke job fair, mereka-mereka itu adalah saingan. Oleh sebab itu, persiapkan diri Anda terlebih dahulu sebelum datang ke job fair.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut hal wajib yang harus dipersiapkan sebelum datang ke job fair.

1. Dapatkan Informasi tentang Job Fair yang akan Diadakan

Ilustrasi teknologi informasi (Foto: valueautomation.com)

Cari tahu tanggal dan waktu diadakannya acara tersebut. Jangan sampai salah waktu bila tak ingin ketinggalan job fair. Selain itu, dapatkan juga informasi terkait lokasi diadakannya pameran lowongan kerja tersebut.

Jika Anda menemukan informasi yang tak lengkap pada spanduk ataupun brosur job fair di media cetak maupun media sosial, hubungi nomor kontak yang tertera di sana. Tanyakan secara detail tentang acara terkait. Jangan lupa juga mencatatnya agar tak lupa.

 

2. Cari Tahu Perusahaan Apa Saja yang Hadir

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum meluncur ke medan perang. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tahu perusahaan-perusahaan mana saja yang turut hadir dan membuka lowongan di job fair. Syukur-syukur ada perusahaan impian Anda ada di sana.

Biasanya tidak semua perusahaan dicantumkan di brosur job fair. Cara mudahnya, Anda bisa langsung tanyakan kepada panitia. Setelah itu, cari tahu juga tentang latar belakang perusahaan-perusahaan yang akan hadir agar memudahkan memilih perusahaan mana saja yang mau Anda lamar. (Baca Juga: Belum Mendapat Balasan Surat Lamaran? Mungkin Ini Penyebabnya)

3. Siapkan Berkas Lamaran dengan Baik

Kalau perang tidak bawa senjata, ya pasti kalah dong. Sama halnya seperti ke job fair, bila tidak bawa berkas, apa senjata untuk dapatkan pekerjaan tersebut? Oleh sebab itu persiapkan berkas lamaran dengan baik dan segera mencetaknya. Jika perlu, perbanyak agar tidak kehabisan berkas saat melamar.

Selain itu, siapkan juga berkas-berkas pendukung dengan baik. Seperi fotokopi KTP, KK, NPWP, Ijazah, transkrip nilai, dan cover letter. Persiapkan semuanya dari jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru saat hari-H. Siapkan juga bentuk soft file dalam flashdisk jika ada stan perusahaan yang meminta lamaran dalam bentuk softcopy.

 

4. Berpenampilan yang Rapi dan Sopan

Penampilan rapi saat datang ke job fair sangatlah penting. Ini karena biasanya ada perusahaan yang melakukan wawancara langsung (walk in interview) di tempat saat berlangsungnya pameran kerja. Terbanyang jika pada hari itu Anda wawancara, tapi sedang memakai pakaian yang tidak rapi? Tentu hal ini akan jadi penilaian tersendiri oleh personalia.

 

5.  Siapkan Jiwa dan Raga

Selain menyiapkan berkas dan berpakaian rapi kamu juga harus siap jiwa dan raga. Maksudnya, Anda harus siap mental jika tiba-tiba ada wawancara dadakan. Untuk itu, siapkan juga jawaban-jawaban dasar dari sebuah wawancara kerja pada umumnya. (Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja)

6. Datang Lebih Pagi

Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Acara job fair biasanya banyak pengunjungnya. Agar tidak mengantri, baik di loket tiket maupun booth perusahaan, datanglah lebih pagi. Hal ini sangat berguna dan menghemat waktu. Anda jadi lebih leluasa mengitari dan mengunjungi setiap stan yang tersedia. Untuk itu, datanglah setengah jam sebelum acara dimulai.

 

7. Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Mengantre di stan perusahaan dan berkeliling di job fair pasti sangat melelahkan. Untuk itu, Anda butuh asupan tenaga. Bawalah makanan dan minuman dari rumah untuk mengatasinya. Hal ini juga berguna jika Anda tidak paham lokasi job fair, sehingga tidak tahu di mana tempat makan. Selain itu, membawa makan juga bisa membantu berhemat, bukan?

 

Persiapkan dengan Baik dan Dapatkan Pekerjaan Impian

Hal yang terpenting dari semua itu adalah berdoa sebelum pergi ke job fair. Mintalah kepada Tuhan agar dimudahkan dalam mencari pekerjaan. Selain itu, minta restu orangtua juga penting. Oleh sebab itu, pamitlah kepada mereka sebelum pergi ke job fair dan minta doa agar mencari kerja jadi semakin lancar. (Felicia Margaretha)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of