Fotografi

Perhatikan Hal Berikut Agar Lolos Penjurian Lomba Fotografi

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Mengikuti Lomba Fotografi

Perhatikan Hal Berikut Agar Lolos Penjurian Lomba Fotografi

Google Berita РSeperti yang diketahui banyak orang, lomba fotografi pasti ada yang kalah dan ada yang menang layaknya kompetisi pada umumnya. Sayangnya tidak semua orang yang mengalami kekalahan mampu menerima kekalahan tersebut dengan lapang dada karena  menganggap hasil foto mereka jauh lebih pantas menang. Padahal mental yang harus dibangun ketika mengikuti sebuah lomba foto adalah mental siap menang namun juga siap kalah. Supaya hal tersebut tidak terjadi atau paling tidak memperkecil risiko kalah dan meningkatkan kemungkinan menang dalam setiap lomba fotografi yang diikuti maka anda harus memenuhi segala kriteria penilaian yang dimiliki para juri.

Perhatikan Hal Berikut Agar Lolos Penjurian Lomba Fotografi

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan setiap kali anda mengikuti suatu lomba fotografi, yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatikan baik-baik tema dari foto yang dilombakan itu, karena sebagus apapun foto anda jika tidak sesuai dengan tema maka akan sia-sia saja. Umumnya tema foto yang diberikan oleh pihak panitia sangat jelas dan gamblang tanpa memiliki teka-teki di dalamnya sehingga anda tinggal fokus mencari foto terbaik sesuai tema.
  2. Baca syarat dan ketentuan lomba, hal ini sangat penting terutama jika anda masih benar-benar awal karena banyak sekali syarat dan ketentuan dalam lomba fotografi yang harus anda patuhi. Sedikit saja anda melanggarnya maka peluang anda untuk menang akan berkurang bahkan hilang sama sekali. Bahkan bila anda seorang yang sudah sangat berpengalaman mengikuti lomba-lomba fotografi pun rasanya membaca syarat dan ketentuan merupakan hal wajib juga karena beda penyelenggara mungkin beda pula aturan yang diterapkan.
  3. Unik, cobalah berpikir out of the box dan menemukan sudut pandang lain dari suatu objek foto. Bukan masalah meskipun objek fotonya sama, namun apabila anda berhasil memberikan keunikan dari objek foto yang anda gunakan itu maka nilai tinggi pasti akan anda dapatkan dari foto anda.
  4. Pahami karakter juri, hal ini cukup sulit dilakukan terlebih ketika anda tidak mengenal siapa dewan jurinya karena ada beberapa lomba fotografi yang baru mengumumkan juri mereka sesaat sebelum lomba dimulai. Namun apabila anda sudah tahu siapa jurinya maka coba lakukan profiling tentang karakter fotografi dari si juri karena masing-masing juri pasti memiliki selera fotografi yang berbeda. Coba temukan aspek dominan apa yang bisa anda suguhkan dalam foto anda yang membuat juri-juri tersebut tertarik kepada foto anda karena merasa memiliki kesamaan karakter dengan mereka. Ketika hal ini sukses anda lakukan maka kemenangan sudah di depan mata.
  5. Percaya diri, setelah beberapa hal teknis di atas maka tiba giliran untuk hal-hal non teknis. Percaya ataupun tidak tetapi kepercayaan diri anda sangat mempengaruhi hasil foto yang anda dapatkan, jadi upayakan untuk mengambil gambar dengan tingkat kepercayaan diri untuk menang yang tinggi agar aura positif berkumpul di sekitar anda yang membuat anda mampu menangkap gambar terbaik.

Itulah beberapa tips yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk terus melatih kemampuan fotografi anda agar potensi kemenangan anda dalam lomba fotografi yang anda ikuti semakin besar. Yang perlu anda ingat adalah faktor luck atau keberuntungan kadang turut berperan dalam suatu pertandingan sehingga anggap saja kekalahan yang anda alami akibat faktor un-luck sebagai ajang latihan dan menempa diri menghadapi kompetisi fotografi yang lainnya baik itu secara amatir maupun secara profesional.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of