Politik

Penerapan E-Retribusi Belum Sentuh Seluruh Pasar di Magetan








Magetan (beritajatim.com) – Penerapan retribusi elektronik atau e-retribusi di Magetan belum bisa maksimal. Kebijakan itu baru menyentuh enam dari 16 pasar tradisional yang ada di Magetan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengungkapkan kalau faktor umur pedagang dan masih belum masifnya edukasi pada para pedagang yang menyebabkan penerapan e-retribusi belum bisa maksimal.

“Total ada enam pasar, yakni Pasar Baru, Pasar Sayur I dan II, Pasar Takeran, Pasar Gorang-Gareng 1 dan Pasar Parang. Tapi itu semua belum full,” ungkap Kepala Bidang Pasar Disperindag Magetan Handoko pada beritajatim.com, Senin (18/10/2021).

Baca Juga:

  • Banjir Luapan Sungai Kemuning Tak Kunjung Surut
  • Wadul DPRD Jember, Pedagang Tuntut Pasar Dibuka
  • Pasar Sentol Tak Kunjungan Beroperasi, Ini Alasannya
  • Pedagang Burung di Sampang Tolak Relokasi
  • Bekas Pasar Kedungmaling Beralih Fungsi

Agar pedagang bisa membayar secara cashless, mereka terlebih dulu harus memiliki akun rekening di Bank Jatim. Barulah ada kode QR yang bakal dikeluarkan oleh pihak bank, dan kode batang itulah yang bakal di-scan oleh petugas yang menarik retribusi. Dari situ, nominal tertentu sesuai dengan tagihan retribusi langsung ter-autodebet.

Meski dinilai lebih mudah dan transparan, pihaknya menyebut kalau masih banyak pedagang yang belum benar-benar kenal dengan menggunakan akun rekening bank. Mereka juga tak bisa dipaksa, menurutnya harus ada edukasi yang mendalam agar pedagang mau membuat akun rekening agar bisa membayar retribusi secara elektronik.

“Jadi saat pagi, petugas berkeliling, scan QR-codenya kemudian siang hari dari bank. Pemasukan itu bisa langsung masuk ke kas daerah. Sementara selain terkendala pedagang yang belum bikin akun rekening, sarpras berupa ponsel pintar khusus untuk membaca kode batang atau QRIS juga masih minim,” kata Handoko. [fiq/suf]

 










The post Penerapan E-Retribusi Belum Sentuh Seluruh Pasar di Magetan first appeared on beritajatim.com.