Politik

Pendaftar Calon Anggota PPK Sumenep 103 Orang, 1 Kecamatan Nihil Pendaftar

Pendaftar Calon Anggota PPK Sumenep 103 Orang, 1 Kecamatan Nihil Pendaftar.

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep telah membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Rekrutmen dilakukan secara serentak se-Indonesia, dengan waktu pendaftaran mulai 20-29 November 2022.

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan AD HOC (SIAKBA). Hingga Rabu (23/11/2022), tercatat ada 103 pendaftar yang telah diterima berkasnya melalui SIAKBA.

Dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, ada 1 kecamatan yang masih nol pendaftar, yakni Kecamatan Nonggunong, Pulau Sepudi. Sedangkan jumlah pendaftar terbanyak tersebar di 4 kecamatan yakni Kecamatan Arjasa, Batang-batang, Kota Sumenep, dan Kecamatan Manding.

Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi mengatakan, sebenarnya yang membuat akun di SIAKBA jumlahnya hampir 600. Tetapi belum semua akun itu melengkapi berkas. “Ada yang masih memproses upload berkas. Ada yang masih mempersiapkan. Kalau yang berkasnya sudah lengkap diterima di SIAKBA sebanyak 103 pendaftar,” ujarnya.

Petugas help desk KPU Sumenep melayani calon pendaftar anggota PPK (foto: Temmy/ beritajatim.com)

Ia mengaku tidak khawatir dengan kecamatan yang masih nihil pendaftar. Ia meyakini, jumlah pendaftar yang melengkapi berkas akan terus bergerak naik. “Apalagi kan masih cukup panjang waktunya sampai 29 November. Pasti akan makin banyak pendaftar yang melengkapi berkasnya melalui SIAKBA,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bagi pendaftar yang kesulitan membuat akun di SIAKBA, atau ada kesalahan saat membuat akun, maka bisa datang langsung ke help desk KPU Sumenep. “Petugas kami di help desk ini siap untuk membantu pendaftar yang kesulitan mendaftarkan diri melalui aplikasi SIAKBA. Sekarang ini memang semua berkas persyaratan di upload lewat aplikasi. Tidak ada yang diserahkan manual,” terangnya.

Baca Juga:

  • Hendak Transaksi Sabu di Timur Pelabuhan, Dua Warga Pulau Kangean Sumenep Dibekuk
  • Hasil Uji Lab: Beras BPNT di Pulau Arjasa Tak Mengandung Plastik
  • Hindari Motor, Bus Mini Tabrak Pohon dan Terguling di Bluto Sumenep
  • Pasar Semi Modern Blok A Sumenep Tak Diminati Pedagang

Ia menambahkan, untuk persyaratan mendaftar menjadi calon anggota PPK sebenarnya tidak banyak berbeda dibanding rekrutmen-rekrutmen sebelumnya. Yang sangat berbeda hanyalah pada surat keterangan sehat jasmani.

“Kalau persyaratan yang sekarang ini, surat keterangan sehat jasmani bukan sekedar menyatakan sehat, tetapi juga memuat keterangan kadar gula, kolesterol, dan tensi. Sedangkan untuk surat keterangan sehat rohani, ada form khusus yang ditandatangani di atas materai,” paparnya. [tem/but]



Ikuti kami di https://s.helo-app.com/al/SRmbSbQQvR
#beritaviral #jawatimur #viral #berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp