Peristiwa

Pemprov DKI Kirim Satgas Bencana Lagi ke Palu dan Donggala

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – Pemprov DKI kembali mengirimkan bantuan logistik dan tim satgas bencana gempa dan tsunami ke Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Selatan. Terdata sebanyak 34 anggota tambahan yang ikut terjun ke lokasi terdampak bencana.

Kepala UPT Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Ridwan merinci, tim satgas bencana itu terdiri dari 10 Satpol PP, 10 Petugas Damkar, tujuh anggota BPBD DKI, tiga dari Bazis, dan empat orang dari Dinas Sosial.

“Jaga nama baik Pemprov DKI bahwa teman-teman adalah orang-orang terbaik untuk membantu korban bencana di Palu dan Donggala,” tutur Ridwan saat apel persiapan keberangkatan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Untuk bantuan logistik, Pemprov DKI telah mengirimkan lebih awal pada Senin 8 Oktober 2018 sekitar pukul 22.00 WIB. Keberangkatan malam itu juga melibatkan 20 relawan dan 100 anggota Satpol PP dan Pamdal DKI. Total logisitik yang dimuat sebanyak 2.200 dus.

Seluruh logistik dibawa menuju Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan sembilan truk, dan akan tiba di Kota Palu dan Donggala sekitar tiga sampai empat hari. Bantuan yang dikirim di antaranya makanan dan kebutuhan perempuan, serta bayi. Seperti pembalut, popok, biskuit, susu, selimut, handuk. “Selamat bertugas dan berjuang,” kata Ridwan.

 

Sebelumnya Kirim 83 Petugas

Sebelumnya, Pemprov DKI mengirimkan 83 petugas satgas bencana untuk membantu korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Gubernur Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI juga mengalokasikan dana sebesar Rp 60 miliar untuk bantuan bencana Sulawesi Tengah.

“Untuk membantu meringankan beban,” kata Anies di Monas, Senin 1 Oktober 2018.

Selain itu, Balai Kota DKI juga akan menjadi tempat penampungan bantuan dari warga dan berbagai lembaga untuk disalurkan ke Donggala dan Palu.

“Kita akan siapkan Balai Kota sebagai tempat untuk penampungan bagi lembaga-lembaga, organisasi, yang selama ini menyalurkan bantuan ke Sulawesi Tengah. Mereka ada banyak sekali organisasinya mulai dari Palang Merah, ACT, Dompet Dhuafa, NU Peduli dan lain-lain,” terang Anies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of