Politik

Pemkot Kediri Bersih-bersih dan Hijaukan Bantaran Sungai Brantas

Kediri (beritajatim.com) – Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan, Pemerintah Kota Kediri menggelar aksi menanam pohon dan juga bersih-bersih Bantaran Sungai Brantas, Minggu (23/11/2019). Ratusan peserta yang terdiri dari pelajar, grab, dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Mewakili Walikota Kediri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri Didik Catur, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Saya yakin langkah kecil yang kita lakukan hari ini membawa perubahan,” ujarnya.

Selain itu, Didik juga menghimbau untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. “Sampah plastik sudah menjadi masalah di seluruh dunia. Ini harus kita sikapi bersama” pungkasnya.

Baca Juga:

  • Walikota Kediri Berharap Atlet Porprov Jatim VI Naik Peringkat
  • Wawali Kediri Papar Penilaian Kota Tangguh dan Kapasitas Penanggulangan Bencana
  • Plh Walikota Kediri Pantau UNBK SMP/MTs
  • Kampung Dalem Kota Kediri Kelurahan Ramah Anak sekaligus Kampung Jamu

Dalam kesempatan ini Didik juga mengatakan dalam membangun Kota Kediri terdapat tiga pilar yakni pemerintah, masyarakat dan swasta. “Pagi ini dari Grab menyumbangkan 500 batang pohon. Kita akan tanam di tempat-tempat yang memang membutuhkan penanaman pohon. Seperti di Bantaran Sungai Brantas ini dan di sekolah-sekolah,” ujarnya.

Penanaman pohon dimulai dengan penyerahan secara simbolis bibit pohon dari City Manager Grab Jawa Timur Dede Sadeli kepada Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur. Usai menanam pohon secara serentak, para peserta juga menyusuri bantaran Sungai Brantas sambil memunguti sampah anorganik yang lalu mereka kumpulkan di dalam wadah khusus. Sampah-sampah yang terkumpul itu lalu diangkut menuju tempat pembuangan sampah.

Marsha, salah satu pelajar yang turut dalam kegiatan menanam pohon dan bersih-bersih sungai ini mengaku bangga bisa berpartisipasi. “Senang sekali bisa berpatisipasi dan ikut terlibat dalam aksi menjaga kebersihan lingkungan ini. Kita harus bisa memulai dari diri kita sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mulai mengurangi penggunaan plastik,” ujar pelajar dari SMP Negeri 1 Kota Kediri ini.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Forkopimda Kota Kediri, perwakilan dari perusahaan swasta, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. [adv humas/nng]