Politik

Pemkab Ponorogo Raih Penghargaan LPPD 2018 dari Kemendagri dengan Predikat Kinerja Sangat Tinggi

googleberita







Ponorogo (beritajatim.com) – Raihan prestasi kembali ditorehkan oleh Pemkab Ponorogo. Yang terbaru, mendapatkan penghargaan atas capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2018 oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Pemkab Ponorogo mendapat penilaian dari Kemendagri dengan status sangat tinggi. Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Plt. Bupati Soedjarno pada Jumat (16/10) sore di Gedung Negara Grahadi. Selain Pemkab Ponorogo, seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Baca Juga:

  • Ponorogo Catatkan Rekor, Penambahan 10 Kasus Positif Covid-19 dalam Sehari
  • Dengan Motor Trail, Ipong Pantau Jalur Selingkar Wilis
  • 3 Warga Positif, Pemkab Ponorogo Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19
  • Pemekaran 2 Kecamatan di Ponorogo Dorong Peningkatan Pelayanan Publik
  • Ada 586 ASN di Ponorogo Pensiun, Terbanyak dari Guru

Plt. Bupati Soedjarno mengungkapkan penghargaan ini adalah gambaran kinerja Pemkab Ponorogo dari berbagai sisi. Mulai dari sisi anggaran hingga sampai pelayanan. Pemkab Ponorogo meraih nilai 3,1249 pada kinerja LPPD-nya. Sementara itu untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendapatkan skor 3,4144. Dengan skor tersebut, Pemprov Jawa Timur berhak atas predikat sebagai provinsi dengan status kinerja sangat tinggi.

“Pemprov Jawa Timur mendapatkan LPPD tahun 2018 tertinggi se-Indonesia dari Kementerian Dalam Negeri. Prestasi ini tentu karena ada kinerja yang tinggi dari pemkab dan pemkot di Jawa Timur,” kata Soedjarno, Sabtu (17/10/2020).

Penghargaan LPPD ini diberikan oleh Kemendagri kepada pemerintah daerah dengan berbagai penilaian. Dengan menggunakan Indikator Kinerja Kunci (IKK) untuk setiap pengukuran. Mulai dalam hal tataran pengambil kebijakan, pelaksana kebijakan serta pelaksanaan urusan pemerintahan. Dimana muaranya menghasilkan peringkat kinerja daerah secara nasional.

“Indikator pengukurannya mulai dari sisi anggaran, perencanaan, pelaksanaan, pelaksana sampai pelayan kepada masyarakat. Dan penilaian di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sama saja, dinilai secara keseluruhan,” katanya.

Penghargaan Pemkab Ponorogo atas capaian LPPD tahun 2018 dengan nilai sangat tinggi ini, kata Soedjarno merupakan buah hasil kimerja seluruh elemen di lingkup Pemkab Ponorogo. Dia berharap penghargaan ini bisa memotivasi para ASN dan seluruh unsur di Pemkab Ponorogo untuk semakin meningkatkan kinerjanya dalam segala sisi. “Dengan penghargaan ini, diharapkan bisa memotivasi para ASN dan seluruh unsur di Pemkab Ponorogo untuk meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi di segala sisi,” pungkasnya. (end/kun)








The post Pemkab Ponorogo Raih Penghargaan LPPD 2018 dari Kemendagri dengan Predikat Kinerja Sangat Tinggi first appeared on beritajatim.com.