Politik

Pemkab Jember Sedang Revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah

googleberita







Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember saat ini sedang merevisi Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (Perda RTRW) dan membuat Rencana Detail Rata Ruang (RDTR).

Bupati Hendy Siswanto mengatakan, nantinya peruntukan peruntukan pantai di Jember dalam RTRW dan RDTR akan jelas. “Kami sedang buat. Memang belum jadi. Kami akan memaksimalkan kondisi di pantai untuk kemaslahatan masyarakat. Tidak akan ada lagi teman-teman sepanjang pantai yang dirugikan,” katanya.

Bupati menegaskan, perlunya Kabupaten Jember, Jawa Timur, memiliki pelabuhan di pesisir selatan. Pelabuhan akan memperkuat konsep maritimnomics yang digagasnya. “Saya akan membuat pelabuhan untuk perikanan dan potensi laut. Satu pelabuhan untuk penumpang dan ekspor-impor barang. Niatnya benar: untuk kemuliaan kita semua,” katanya di hadapan perwakilan warga Desa Kepanjen, di Pendapa Wahyawibawagraha, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga:

  • Advokat Penggugat DPRD Jember Ternyata Surati Jaksa Agung
  • Maklumat Panglima Birokrasi untuk ASN Pemkab Jember
  • BPK Minta Pemkab Jember Segera Salurkan Pelampung ke Nelayan
  • DPRD Jember: Tiada Alasan Pemindahan Kantor Pemerintahan dalam RPJMD
  • Surat Bupati ke DPRD Jember Soal Covid Tak Ditembuskan Gubernur

Hendy menegaskan, Jember memiliki komoditas bagus untuk dipasarkan ke luar daerah lewat laut. “Kita tidak punya uang. Mudah-mudahan ada orang yang mau berinvestasi membuat pelabuhan. Kita akan membuat pelabuhan perikanan, supaya nelayan-nelayan mempunyai tempat pelabuhan yang jelas. Mudah-mudahan satu pelabuhan bisa dibuat semua,” katanya.

Usai rapat, di hadapan wartawan, Hendy menyampaikan, pelabuhan ikan ini merupakan proyek Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Ini masih proses desain,” katanya. Selain itu ada pihak swasta yang akan membuat pelabuhan untuk barang. [wir/kun]









The post Pemkab Jember Sedang Revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah first appeared on beritajatim.com.